Manfaat Minum Air Kelapa saat Hamil

manfaat minum air kelapa saat hamilAir kelapa adalah minuman menyegarkan yang banyak disukai orang, yang akan membantu menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dan segar. Ada banyak manfaat yang terkait dengan minuman alami daerah tropis ini, karena air kelapa dikemas dengan nutrisi dan memiliki keseimbangan elektrolit yang sama seperti darah.

Advertisement

Selama kehamilan, penting bagi seorang wanita untuk memasukkan makanan dan minuman yang sehat dan bergizi dalam diet sehari-hari. Air kelapa yang diminum selama kehamilan akan membantu menjaga kesehatan dan menutrisi ibu dan anak.

Berikut beberapa manfaat rutin minum air kelapa bagi wanita yang sedang hamil:

Membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh

Minum air kelapa terutama membantu untuk memenuhi kebutuhan air yang meningkat ketika sedang hamil. Kebutuhan cairan yang lebih tinggi ini untuk mendukung peningkatan volume darah, pemeliharaan volume cairan amnion dan sirkulasi janin. The Institute of Medicine merekomendasikan bagi wanita hamil untuk mengkonsumsi total 3 liter air per hari. Sekitar 20 persen cairan berasal dari makanan, dan yang 2,4 liter sisanya harus berasal dari air minum dan minuman yang bebas kafein. Jadi Minum air kelapa adalah merupakan salah satu bagian dari asupan cairan yang sehat untuk Ibu dan Janin.

Sumber Elektrolit penting

Selain untuk memenuhi kebutuhan cairan, air kelapa juga merupakan sumber elektrolit penting yang diperlukan untuk membuat tubuh terhidrasi. Nutrisi-nutrisi ini berupa mineral, seperti kalsium, natrium, kalium dan fosfor, yang berguna untuk membawa muatan listrik dalam tubuh. Mineral-mineral elektrolit ini akan membantu menjaga tekanan darah dan keseimbangan cairan, mengatur pH dalam tubuh, dan menjaga otot supaya berfungsi dengan baik. Setiap kali Kita berkeringat, diare atau kehilangan cairan tubuh, maka kita  perlu untuk mengganti air dan elektrolit yang hilang. Jika Anda mengalami morning sickness dengan muntah yang parah, maka air kelapa akan membantu untuk mengganti elektrolit yang hilang.

Lihat juga :  Amankah, Ibu hamil muda naik turun tangga?

Minuman Alami menyehatkan

Diet ibu hamil tentu juga akan sangat mempengaruhi kesehatan bayi. Ibu hamil harus menghindari obat-obatan dan makan-makanan tertentu saat hamil, yaitu untuk mencegah masuknya senyawa yang berpotensi membahayakan bayi dalam kandungan. Dampak zat aditif dari makanan pterhadap kesehatan bayi belum dipelajari secara ekstensi, namun Pusat Ilmu Pengetahuan untuk Kepentingan Umum mencatat bahwa wanita hamil mungkin harus menghindari aditif makanan tertentu, seperti pemanis buatan dan nitrat, sebagai tindakan pencegahan untuk mencegah efek samping bagi ibu atau bayi. Air kelapa adalah minuman alami tanpa pewarna, penyedap, atau pemanis buatan, sedangkan minuman elektrolit lain umumnya mengandung bahan-bahan tersebut.

Rendah Gula

Air kelapa secara signifikan rendah gula daripada beberapa minuman lainnya. Air kelapa secara alami mengandung 6 gram gula per 1 cangki, sementara minuman olahraga menyediakan sekitar 13 gram per cangkir,  dan jus apel tanpa gula mengandung sekitar 24 gram gula per cangkir. Sangat penting untuk membatasi makanan yang tinggi gula saat hamil. Menurut sebuah artikel dalam jurnal ” Diabetes Care ” Desember 2009 , makan makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks dan rendah gula sederhana dapat mengurangi risiko terkena diabetes gestational. Makanan tinggi gula sederhana dapat menyebabkan efek samping, seperti kelebihan berat badan saat bayi lahir, dan berat badan ibu yang berlebihan.

Manfaat lain:

  • Air kelapa adalah nol kolesterol dan merupakan minuman yang bebas lemak. Selain itu, minuman alami ini akan meningkatkan kolesterol baik ( HDL ) dalam tubuh. Juga, membantu mengendalikan tingkat kolesterol selama kehamilan.
  • Membantu mengobati sembelit . Selama hamil, kebanyakan wanita menderita masalah pencernaan. Air kelapa akan membantu membersihkan sistem pencernaan, dan membantu meringankan kondisi sembelit. Asam laurat, yang merupakan bahan anti bakteri akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu kesehatan pencernaan.
  • Minum air kelapa akan mencegah pembentukan batu ginjal. Hal ini penting bagi wanita hamil untuk menghindari masalah tersebut. Oleh karena itu, ia harus konsumsilah segelas air kelapa setiap pagi.
  • Air kelapa merupakan minuman energi dengan bioaktif , karena akan sangat membantu mengatasi kelelahan yang umum pada ibu hamil.
  • Terutama pada saat trimeter ketiga kehamilan, air kelapa akan membuat air ketuban menjadi bersih, sehingga bayi yang dilahirkan nanti memiliki kulit yang halus dan bersih.
  • Memiliki kandungan kalium yang tinggi, sehingga mengkonsumsi air kelapa secara teratur selama kehamilan dapat mengurangi resiko kemungkinan hipertensi.
  • Buahnya mengandung senyawa yang dikenal dengan monolaurin, yang bekerja sebagai monogliserida antivirus dan memiliki kemampuan untuk memartikan berbagai virus dan bakteri dalam tubuh.
  • Membantu meningkatkan metabolisme tubuh, dan mendetoksifikasi tubuh dari zat racun dari makanan.
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *