Manfaat Mineral bagi tubuh

manfaat mineral bagi tubuhDidalam makanan yang kita makan mengandung unsur nutrisi seperti vitamin, elektrolit dan mineral. Ada beberapa jenis mineral yang diketemukan, dan semuanya memiliki manfaat yang berbeda-beda bagi tubuh. Dengan demikian, tidak ada mineral yang bisa disebut yang lebih menguntungkan atau kurang menguntungkan daripada yang lain. Semua mineral sangat penting untuk berfungsinya tubuh tubuh kita. Sebagian besar mineral berguna bagi metabolisme tubuh, keseimbangan kadar air, dan kesehatan tulang. Akan tetapi mineral juga bisa berperan kedalam ratusan fungsi kecil lainnya untuk mendukung kesehatan.

Advertisement

Manfaat beberapa mineral bagi kesehatan tubuh kita

Di bawah ini adalah daftar dari beberapa mineral yang ditemukan dalam tubuh kita, dan sekilas penjelasan akan masing-masing kegunaannya bagi kesehatan tubuh kita:

Boron :

Mineral ini berperan penting untuk kesehatan tulang, fungsi otak, anti penuaan, kesehatan reproduksi, mencegah kanker, mencegah penyakit Alzheimer, dan mengurangi nyeri otot.

Kalsium :

Mineral penting ini berfungsi penting untuk meningkatkan kesehatan tulang (mencegah osteoporosi), mengurangi arthritis, meningkatkan kesehatan gigi, mengurangi insomnia, menopause, sindrom pramenstruasi, dan kram. Selain itu juga penting dalam pencegahan obesitas, kanker usus besar, asam lambung, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi. Kalsium banyak terdapat dalam makanan seperti kedelai, susu, ikan sarden, dan sayuran seperti kale.

Kromium :

Kromium penting untuk penyerapan glukosa dalam tubuh, sehingga sangat relevan bagi penderita diabetes. Hal ini meningkatkan penyerapan glukosa oleh sel-sel, serta merangsang asam lemak dan sintesis kolesterol. Meskipun terdengar seperti negatif bagi kesehatan, akan tetapi jumlah kecil mineral ini benar-benar penting untuk kesehatan.

Zat Besi:

Mineral ini adalah senyawa penting dalam pembentukan hemoglobin, selain berperan juga untuk metabolisme tubuh, aktivitas otot, mencegah anemia, pengangkutan oksigen, fungsi otak, kekebalan tubuh, insomnia, dan pengaturan suhu tubuh. Manfaat utama zat besi dalam tubuh adalah dalam hal pembentukan hemoglobin, dimana yang akan menjamin sirkulasi darah dan oksigenasi berbagai sistem organ tubuh. Tanpa zat besi, seseorang akan mengalami gejala anemia, yang akan diwujudkan sebagai kondisi seperti kelemahan otot, kelelahan, gangguan pencernaan, dan kerusakan kognitif. Zat besi banyak terdapat dalam makanan seperti daging, kedelai, telur, bayam, aprikot, dll.

Lihat juga :  Pentingnya Mineral Zinc(seng) bagi pertumbuhan anak

Magnesium :

Magnesium bisa mengobati tekanan darah tinggi, mencegah serangan jantung, asma, kram, diabetes. Selain itu, mineral ini juga bermanfaat untuk kesehatan tulang, melewati menopause, kesehatan kehamilan, menurunkan kecemasan dan stres. Mineral ini juga terkait erat dengan penurunan anixety dan insomnia, karena peran enzimatik dalam melepaskan hormon yang menenangkan tubuh dan menginduksi tidur. Makanan yang mengandung magnesium diantaranya adalah kedelai, kacang almond, labu kuning dll.

Yodium :

Kekurangan Yodium seringkali dapat menyebabkan gondok – kelenjar tiroid , penyakit payud*ra fibrokistik, kondisi kulit, dan kanker. Manfaat lainnya adalah meningkatkan kesehatan rambut, melindungi kehamilan, dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Iodida :

Mineral ini adalah bentuk sekunder dari yodium, dan juga sangat penting dalam hal fungsi tubuh. Hal ini secara keseluruhan juga sama -sama terkait dengan fungsi tiroid. Tanpa mineral tersebut, gondok juga akan berkembang. Iodida sangat penting untuk memproduksi tiroksin (T4), dan tanpa itu tubuh bisa mengalami penurunan tingkat metabolisme dan meningkatkan kadar kolesterol.

Fosfor :

Mineral ini merupakan bagian integral untuk mengurangi kelemahan otot, meningkatkan kesehatan tulang, meningkatkan fungsi otak, memperbaiki kelemahan s*k sualitas, membantu merawat gigi, dan mengoptimalkan metabolisme tubuh. Labu kuning, keju, telur, susu, adalah beberapa makanan yang mengandung tinggi fosfor.

Mangan :

Mangan berperan penting untuk mengelola metabolisme tubuh, osteoporosis, mengurangi kelelahan, reproduksi, keseleo, peradangan, fungsi otak  dan epilepsi. Beberapa makanan yang banyak mengandung Mangan adalah teh, bawang, almond, dll.

Tembaga :

Mineral tembaga ini umum dalam hal meningkatkan fungsi otak, menenangkan arthritis, membantu perawatan kulit, menghilangkan infeksi tenggorokan, mengoreksi kekurangan hemoglobin, mencegah penyakit jantung, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini umumnya terkait dengan penyerapan besi dan fasilitasi fungsi sistem peredaran darah. Daging sapi dan jamur, adalah contoh makanan yang mengandung tembaga.

Lihat juga :  Manfaat Betakaroten bagi kesehatan tubuh

Kalium :

Kalium bisa memperbaiki kondisi kadar gula darah rendah, mengatur tekanan darah, mencegah penyakit jantung, meningkatkan aliran air dalam tubuh, mengurangi gangguan otot dan kram, meningkatkan fungsi otak, mengelola diabetes, gangguan ginjal, dan mengelola arthritis. Sebagai vasodilator untuk mengurangi ketegangan pembuluh darah, memastikan peredaran oksigen yang tepat keseluruh sistem organ tubuh vital, melindungi dari penyakit jantung, dan meningkatkan fungsi otak. Baca lebih banyak tentang manfaat kalium

Selenium :

Selenium adalah mineral yang langka, namun fungsinya bagi tubuh sangat penting. Ini adalah salah satu zat antioksidan yang paling kuat dari mineral, dan berguna untuk mencegah pembentukan radikal bebas baru dengan cara ikut dalam reaksi yang menurunkan konsentrasi peroksida dalam sel. Mengurangi pembentukan radikal bebas adalah hanya salah satu dari fungsi selenium. Mineral ini juga sangat penting untuk pertumbuhan tulang, bersama-sama dengan mineral lainnya yaitu kalsium, tembaga, dan seng.

Silicon :

Mineral ini juga merupakan pemain penting untuk kesehatan tulang, perawatan kulit, perawatan rambut, kesehatan kuku, perawatan gigi, mencegah gangguan tidur, mencegah aterosklerosis , pengembangan jaringan tuibuh, dan mencegah TBC.

Sodium :

Mineral ini banyak digunakan untuk keseimbangan cairan tubuh, mencegah sengatan matahari, meningkatkan fungsi otak, menghilangkan kram otot, dan mencegah penuaan dini.

Zinc :

Mineral Zinc atau seng adalah mineral penting untuk perawatan kulit, eksim, jerawat, penyembuhan luka, gangguan prostat, demam, penurunan berat badan, kehamilan, reproduksi, perawatan rambut, nafsu makan, kesehatan mata, dan rabun senja. Zinc adalah senyawa penting untuk lebih dari 10 fungsi enzimatik tubuh, dan tanpa zinc tubuh akan cepat akan kehilangan fungsinya secara keseluruhan. Hal ini akan menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, seperti ketidakmampuan tubuh untuk menyembuhkan luka, menyimpan insulin, melawan penyakit, mengembangkan pola pertumbuhan yang tepat, serta bertahan dari berbagai macam infeksi kulit.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *