Manfaat Menjalankan Gaya hidup Sehat

Tips Cara menurunkan berat badan tanpa dietGaya hidup yang sehat itu meliputi makan dengan diet yang seimbang, berolahraga secara teratur, memiliki waktu luang untuk bersantai, dan memanajemen stres dengan efektif. Memilih hal-hal yang sehat setiap hari bisa berpengaruh baik terhadap penampilan fisik, serta meningkatkan kualitas hidup, meningkatkan kekebalan terhadap penyakit, serta menjaga Anda tetap sehat secara emosional. Tidak sulit melaksanakan hidup sehat, bahkan bisa dimulai dengan hal-hal yang sederhana. Apa saja yang bisa kita dapat dari ber-gaya hidup sehat?,

Advertisement

Berikut beberapa manfaat penting dari melaksanakan Gaya hidup Sehat

Kesehatan Mental yang baik

Mood dan fungsi kognitif berperan penting terhadap kualitas hidup seseorang, produktivitas, dan hubungan interpersonal yang sehat. Diet yang tinggi lemak jenuh, karbohidrat sederhana, dan kebiasaan minum alk*hol telah dikaitkan dengan kecenderungan tingkat depresi dan kecemasan pada wanita, jika dibandingkan dengan diet yang kaya buah-buahan, sayuran dan biji-bijian. Makan dengan diet seimbang yang mencakup penggabungan dari karbohidrat kompleks, protein dan lemak yang sehat bisa menjadi cara yang efektif untuk melindungi kesehatan mental.

Dapat mencegah berbagai penyakit kronis

Penyakit kronis seperti penyakit jantung, stroke, darah tinggi, diabetes, dan kanker merupakan endemik di masyarakat modern saat ini. Sementara faktor risiko seperti riwayat keluarga yang tidak terkontrol, faktor gaya hidup seperti diet, olahraga, dan menghindari kebiasaan buruk bisa mengurangi risiko penyakit jantung – dan penyakit kronis lainnya. Menurut American Cancer Society, makan makanan yang bergizi dan berolahraga secara teratur juga bisa membantu mencegah perkembangan kanker, bahkan pada orang dengan risiko genetik yang meningkatkanresiko untuk penyakit ini.

Berenergi dan berstamina prima

Kesehatan yang lebih baik tidak hanya bisa membuat kita terbebas dari penyakit. Akan tetapi kesehatan yang baik juga akan memberikan reward bagi tubuh kita seumur hidup berupa energi yang tinggi, stamina yang baik, dan umur yang panjang. Menurut Science Daily, olahraga dengan intensitas rendah bisa mengurangi kelelahan hingga sebesar 65 persen dan meningkatkan energi hingga 20 persen. Orang dewasa yang sehat harus melakukan olahraga intensitas sedang, seperti aerobik selama 30 menit setiap hari untuk bisa memperoleh kebugaran yang optimal. Kegiatan – kegiatan lain yang bisa disesuaikan dengan kebiasaan sehari hari, sebagai contoh memarkir mobil agak jauhan, berjalan atau bersepeda kekantor, atau sekali-kali memilih naik tangga daripada menggunakan lift dll.

Lihat juga :  Makanan yang harus dihindari demi kesehatan

Bermanfaat bagi Kecantikan dan penampilan

Kebiasaan melakukan gaya hidup sehat sangat penting untuk menjaga fisik awet muda, sehingga selalu memiliki penampilan yang menarik. Vitamin A sangat mendukung bagi kesehatan kulit, mata, rambut dan kuku, sementara itu antioksidan seperti vitamin C dan selenium membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas yang mempercepat proses penuaan. Memilih gaya hidup sehat seperti makan dengan diet seimbang dan berolahraga secara teratur juga bisa membantu mencegah obesitas. Menghindari terpapar sinar matahari berlebihan, menghindari mer*kok dan kebiasaan buruk lainnya juga akan mempromosikan awet muda, karena tubuh akan terlindungi dari kerusakan sel yang dapat mempercepat penuaan kulit.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *