Manfaat Masker Kefir untuk Wajah, dan Cara Penggunaannya

manfaat masker kefirSecara singkat, Kefir adalah minuman yang dibuat melalui proses fermentasi, dengan bahan yaitu biji buah kefir yang dimasukkan kedalam susu sapi atau domba. Kefir merupakan probiotik yaitu yang didalamnya ditambahkan atau mengandung jenis bakteri menguntungkan, termasuk strain lactobacillus, lactococcus, dll. Dan konon katanya, manfaat probiotik dari kefir jauh lebih baik daripada yoghurt yang selama ini sudah kita kenal sebagai makanan probiotik yang menyehatkan. Probiotik sangat penting untuk menjaga keseimbangan flora dalam usus kita, yaitu terutama untuk mengendalikan bakteri jahat penyebab berbagai penyakit pencernaan. Namun untukkali ini kita akan membahas manfaat kefir sebagai masker kecantikan kulit wajah.

Advertisement

Manfaat Masker Kefir dan cara penggunaannya :

Kefir yang digunakan sebagai masker untuk wajah bisa membantu memulihkan dan mengatur keseimbangan asam basa didalam sel-sel kulit wajah kita . Hal ini karena peran dari bakteri baik lactobacillus  dalam kefir. Kefir juga mengandung asam alpha hidroksi atau AHA, yaitu bentuk dari asam laktat yang bersifat menyeimbangkan tingkat PH dalam tubuh kita, sehingga hal ini membantu mengurangi keriput dan memperlambat proses penuaan. Manfaat Lactobacillus jika kefir dipergunakan sebagai masker wajah akan membersihkan kulit secara maksimal dari zat-zat toksin dan kotoran sehingga akan menambah kesegaran dan elastisitas kulit.

Kefir juga mengandung zat asam amino, yaitu unsur yang sangat  penting untuk hidrasi kulit.Tak hanya itu, asam amino juga berperan sebagai antioksidan yang memungkinkan kulit untuk tetap bertahan dari serangan radikal bebas sehingga tetap segar.
Masker wajah kefir sangat cocok untuk semua jenis kulit. Anda juga bisa menambahkan buah-buahan, herbal, madu, putih telur dan produk susu lainnya untuk di kombinasi dengan kefir.

Lihat juga :  Cara Mengatasi Perut Gendut pada Wanita

Berikut beberapa cara penggunaan kefir untuk masker

Untuk kulit yang mudah berjerawat

Jika Anda ingin memerangi jerawat dan mengurangi sekresi kulit, kefir adalah bahan yang bagus dan dapat berkerja baik! Anda bisa menggunakannya baik dari dalam maupun luar.

Manfaat utama kefir sebagai probiotik adalah menormalkan atau menjaga proses pencernaan. Ketahuilah bahwa pencernaan sangat mempengaruhi kulit Anda ! – jika racun-racun sudah tekumpul dalam usus Anda, maka gejala awalnya  adalah munculnya jerawat dan kulit akan terlihat berminyak. Minum kefir akan membantu untuk menormalkan mikroflora usus Anda dan akhirnya bisa menghentikan jerawat dan kulit yang berminya..

Anda juga sekaligus bisa membuatnya sekaligus sebagai masker wajah. Pasang lapisan kasa pada wajah Anda, dan di atasnya berikan lapisan kefir. Diamkan masker kefir di wajah Anda selama 15 hingga 20 menit, kemudian bilas. Anda bisa melakukan cara ini setidaknya sekali dalam sehari .

Untuk kulit berminyak

Campurkan 2 sdm kefir dengan bagian putih telur, dan 1 sdm madu. Campur semua bahan ini hingga tercampur dengan baik kemudian menerapkan ke wajah Anda sebagai masker selama 15 atau 20 menit lalu bilas dengan air dingin. Masker kefir madu dan telur ini akan membantu menghilangkan masalah kulit berminyak, memurnikan dan melindungi dari pengaruh berbahaya dari lingkungan.

Baca juga : Cara membuat Masker beras untuk memutihkan wajah

Untuk kulit kering

Masker ini cocok untuk menutrisi wajah Anda yang memiliki kulit sensitif , plus membersihkan kulit serta melindunginya. Campurkan 2 sdm kefir dengan 1 sdt minyak zaitun dan 1 buah kuning telur, dan aduk rata, Gunakan pada kulit wajah sebagai masker selama 15 atau 20 menit. Setelah itu cuci dengan air hangat, yang disusul dengan air dingin.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *