Manfaat mangan bagi Kesehatan Tubuh

manfaat mangan bagi kesehatan tubuhMangan atau manganesse adalah zat mineral dari makanan yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh,seperti membangun struktur tulang yang sehat, metabolisme tulang, dan membantu menciptakan enzim penting untuk membangun tulang. Selain itu juga bekerja sebagai koenzim untuk membantu aktivitas metabolisme dalam tubuh manusia. beberapa manfaat mangan lainnya termasuk pembentukan jaringan ikat, penyerapan kalsium, berfungsinya kelenjar tiroid dan hormon reproduksi, mengatur tingkat gula darah, dan metabolisme lemak dan karbohidrat.

Advertisement

Mangan adalah mineral alami dalam tubuh kita dalam jumlah yang sangat kecil, dan sebenarnya merupakan senyawa enzim oksida dismutase yang super. Mangan juga merupakan zat antioksidan kuat yang akan mengelurakan radikal bebas dari dalam tubuh manusia.

Didalam Tubuh kita kemungkinan paling banyak terdapat 20 mg mangan, yang terkonsentrasi di ginjal, pankreas, hati dan tulang. Mangan juga sangat penting untuk fungsi normal otak dan aktivitas normal sistem saraf kita seluruh tubuh. Sejauh ini penelitian bisa mengatakan jika mineral ini merupakan mineral penting bagi setiap bentuk kehidupan.

Gejala Kekurangan Mangan

Gejala-gejala defisit termasuk tekanan darah tinggi, penyakit jantung, kedutan, kram, kelainan tulang, kolesterol tinggi, penglihatan yang buruk, kesulitan mendengar, kehilangan memori yang parah, kedinginan dan tremor. Meskipun beberapa ahli medis berpendapat jika kasus kekurangan mangan cukup langka, namun lebih dari 35 % populasi dunia diperkirakan kekurangan mineral ini. Kebiasaan makan yang buruk adalah penyebab utamanya.

Manfaat mangan bagi kesehatan

Berikut ini adalah daftar manfaat mangan yang paling signifikan dan telah diteliti :

Tulang yang sehat: Mangan sangat penting untuk pertumbuhan dan normal struktur tulang yang tepat. Ini adalah mineral yang sangat efektif membantu peningkatan kepadatan mineral tulang belakang. Hal ini terutama berlaku dan berguna bagi wanita pasca-menopause, karena mereka paling banyak menderita kekurangan mangan setelah menopause
Radikal Bebas : Karena sifat antioksidan, mangan juga bermanfaat  menjaga aktivitas radikal bebas dalam tubuh manusia . Radikal bebas ini mampu merusak sel manusia dan menyebabkan kanker dan penyakit berat lainnya. Dengandemikian,  menambahkan suplemen mangan atau makanan kaya mineral ini adalah pilihan yang sangat baik terutama yang memiliki faktor risiko  berbagai penyakit .

Tingkat gula : Mangan juga telah menunjukkan efisiensinya mengendalikan tingkat gula dalam darah. Hal ini lebih lanjut dapat mencegah terjadinya penyakit tertentu seperti diabetes. Untuk mengontrol tingkat gula dalam darah, mangan bekerja dengan menormalkan sintesis dan sekresi insulin.

Epilepsi : Rendahnya tingkat mangan bisa memicu serangan epilepsi. Suplemen mangan dapat membantu mengendalikan kemungkinan terjadinya kejang epilepsi. Mekanisme yang tepat untuk ini tidak sepenuhnya dipahami, akan tetapi mangan telah ditunjukkan sebagai vasodilator dalam berbagai penelitian. Beberapa peneliti percaya bahwa ini adalah adalah kunci untuk kualitas anti epilepsi.

Lihat juga :  Manfaat Kalium bagi kesehatan dan pertumbuhan Anak

Metabolisme : Pengaturan metabolisme tubuh merupakan salah satu fungsi penting mangan. Mangan adalah enzim aktif yang membantu metabolisme glutamin, kolesterol, asam amino, dan karbohidrat. Hal ini juga penting untuk metabolisme Vitamin seperti Vitamin E dan Vitamin B – 1 . Selain itu, membantu fungsi hati agar bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Peradangan dan Terkilir : Mangan adalah obat yangbanyak dikenal untuk membantu mempercepat kesembuhan keseleo serta peradangan,  karena membantu meningkatkan tingkat superoksida dismutase. Peningkatan ini disebabkan oleh sifat antioksidan. Superoksida dismutase, juga dikenal sebagai SOD, biasanya ditemukan dengan jumlah kadar yang sangat rendah pada pasien arthritis(rematik). SOD memiliki kualitas anti  inflamasi, dimana yang sangat dibutuhkan penderita arthritis. Menurut bebrbagai penelitian, menambahkan asupan mangan akan meningkatkan sintesis dan fungsi SOD yang terhubung dengan penurunan gejala kondisi ini.
iklan

Mencegah Osteoporosis : suplemen mangan yang terkait mencegah osteoporosis dan sindrom osteoarthritis,  karena merupakan mineral penting yang telah terbukti menambah kepadatan tulang dan kepadatan mineral secara keseluruhan. Namun, sebagai setiap individu berbeda dalam hal pembentukan dan perbaikan tulang, sehingga hasil penelitian masih agak kurang. Dalam pengujian terhadap manusia, sebagian besar penelitian kesehatan tulang yang dilakukan tidak hanya menggunakan mangan. Penelitian lebih lanjut masih harus dilakukan untuk mengetahui peran spesifik dan mekanisme mangan pada tubuh.

Kesehatan tiroid : Mangan adalah kofaktor penting bagi banyak enzim yang berbeda, dan merupakan senyawa penting dari tiroksin – bisa dibilang sebagai hormon yang paling penting dalam kelenjar tiroid. Berfungsinya kelenjar tiroid dan sintesis hormon akan menguntungkan untuk berbagai masalah kesehatan, termasuk penurunan berat badan, nafsu makan, metabolisme, dan efisiensi sistem organ. Baca juga: Makanan yang harus dihindari oleh penderita sakit kelenjar tiroid

Mengurangi sindrom pramenstruasi : Fakta yang tidak dapat dihindari bahwa banyak wanita yang menderita sindrom pramenstruasi (PMS). Dalam situasi in, mangan dapat membantu untuk meringankan perubahan suasana hati, sakit kepala, depresi dan perasaan mudah tersinggung hingga batas tertentu. Penelitian telah menunjukkan kaitannya antara rendahnya berbagai mineral, termasuk mangan pada wanita yang menderita gejala PMS sangat parah, sehingga dianjurkan untuk minum suplemen. Dampak mangan pada fungsi hormonal tubuh bisa sangat terlihat, sehingga berkonsultasilah dengan dokter sebelum menggunakan suplemen mangan untuk PMS.

Membantu penyerapan vitamin : Mangan membantu menyerap vitamin penting seperti vitamin B dan E dan mineral seperti magnesium. Hal ini karena mangan berperan dalam reaksi enzimatik yang diperlukan untuk menyerap dan memanfaatkan vitamin yang diambil dari makanan. Mangan adalah salah satu kofaktor yang paling serbaguna untuk reaksi enzimatik, dan jika ada risiko kekurangan vitamin tertentu, maka pastikan untuk meningkatkan kadar mangan, selama masih dalam tingkat yang aman dan tidak beracun.

Lihat juga :  Apa akibat tubuh jika kekurangan protein?

Otak dan sistem saraf : Mangan sangat penting untuk kesehatan fungsi otak dan juga digunakan untuk mengobati gangguan saraf tertentu. Hal ini kemungkinan besar disebabkan karena adanya superoksida dismutase, yang melunturkan radikal bebas di seluruh tubuh termasuk jalur saraf. Produk oksidasi sampingan seperti radikal bebas terdapat di mana-mana dalam tubuh, dan otak dapat terpengaruh secara negatif semudah yang dialami oleh bagian tubuh lain. Selain antioksidan, mangan juga dapat mengikat dengan neurotransmiter dan merangsang transmisi impuls listrik lebih cepat atau lebih efisien di seluruh tubuh – pada dasarnya mempercepat fungsi kognitif !

Metabolisme glukosa : Mangan membantu mengatur metabolisme glukosa dalam tubuh manusia. Ini adalah salah satu manfaat yang paling penting untuk menyediakan sumber kekuatan tubuh yang tepat untuk bagian yang berbeda. Ketika glukosa diserap dan dimanfaatkandengan benar oleh sistem organ dan otot, maka hanya ada sedikit kesempatan kelebihan penumpukan, yang berbahaya bagi diabetes. Pengelolaan diabetes yang baik pasti dibantu dengan tingkat kadar mangan yang tepat dalam tubuh.

Saluran Pencernaan : Mangan adalah mineral yang membantu menjaga fungsi pencernaan. Hal ini akan semakin meningkatkan penyerapan lemak selama proses pencernaan, dan juga mengurangi masalah-masalah seperti sembelit dan rasa ketidaknyamanan pada usus. digunakan .

Makanan sumber mangan terbanyak:

Sumber mangan yang paling penting adalah raspberry, nanas, bawang putih, anggur, bit, kacang hijau, beras, peppermint, gandum, kacang-kacangan, selada air, sawi, stroberi, blackberry , buah-buahan tropis, selada, bayam, cengkeh, kunyit, daun bawang, tahu, gandum, pisang, mentimun, kiwi, buah ara dan wortel. Sumber terbaik dan alami mangan lainnya adalah sayuran hijau, beras merah, kelapa, dan almond.

Peringatan :

Mangan adalah salah satu dari tiga mineral yang bisa beracun dalam tubuh manusia, yang artinya kita tidak bisa terlalu sedikit atau terlalu banyak. Pastikan untuk tidak berlebihan mengkonsumsi suplemen mangan, karena dapat menyebabkan berbagai macam kondisi yang sangat berbahaya, beberapa di antaranya bahkan fatal. Kelebihan mangan dapat menyebabkan gejala yang mirip dengan penyakit Parkinson, atau menderita penyakit itu sendiri. Juga, bagi orang dengan kondisi liver harus berhati-hati untuk tidak terlalu banyak mangan, karena hati akan mengalami kesulitan untuk membuangnya, yang dapat menyebabkan psikosis, gangguan mental, dan tremor/kekejangan. Jika Anda dengan anemia, maka tubuh Anda akan mencoba untuk menyerap mangan sebanyak mungkin, sehingga juga bisa berbahaya. Jadi pantau asupan mangan Anda dengan cermat.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *