Manfaat Mandi Sauna bagi kesehatan

Tips meningkatkan daya tahan tubuh dari fluMasyarakat yang tinggal di belahan bumi lain seperti Finlandia dan Swedia sudah tahu bahwa terapi sauna adalah cara yang ampuh untuk mengurangi kecemasan dan stres, serta merelaksasi, memuaskan dan menenangkan fikiran. Namun, sauna dan mandi uap manfaatnya jauh lebih banyak daripada hanya sekedar produk rekreasi. Manfaat menggunakan sauna lainnya bagi kesehatan meliputi relaksasi otot, detoksifikasi tubuh, dan memberikan cahaya kulit yang sehat. Tradisi mandi sauna berasal dari ritual abad dahulu untuk membersihkan tubuh dan jiwa.

Advertisement

Rutinitas sauna bisa bervariasi, akan tetapi cara dasarnya adalah sama : duduk di ruang panas, yang biasanya dipanaskan sampai pada suhu180 derajat Fahrenheit. Setelah 10-20 menit – atau ketika panas sudah terasa tidak nyaman lagi, maka pasien bisa melompat ke kolam renang untuk mandi. Setelah istirahat sebentar, pasien bisa kembali lagi ke ruang panas dan memulainya lagi, atau sesuai dengan preferensi pribadi mereka.

Manfaat Mandi sauna bagi kesehatan

Manfaat kesehatan mandi uap ini pada prinsipnya adalah untuk menghasilkan keringat yang banyak untuk mendetoksifikasi tubuh dan menenangkan pikiran. Sauna yang dilakukan secara rutin bisa membawa sejumlah manfaat kesehatan – seperti yang tercantum di bawah ini :

Meningkatkan kesehatan Kulit

Aliran darah yang terjadi dibawah kulit akan meningkat selama waktu mandi sauna. Dengan demikian nutrisi-nutrisi penting akan masuk ke jaringan subkutan dan permukaan kulit, sehingga kualitas kulit secara bertahap akan membaik.

Mendetoksifikasi tubuh

Panas akan melepaskan racun dan logam berat yang berada di bawah kulit, sehingga bisa dibersihkan melalui mandi uap. Pada saat ini kebanyakan orang lebih sering terpapar racun setiap hari. Bahan kimia beracun kebanyakan terdapat dalam makanan yang kita makan, atau lingkungan kita yang penuh polusi. Mandi sauna secara rutin sepertinya bisa membantu mempercepat proses detoksifikasi tubuh.

Lihat juga :  Kandungan Gizi yang terdapat pada Sayuran

Meningkatkan kekebalan tubuh

Paparan panas yang tinggi akan menciptakan keadaan demam buatan, yang merangsang proses penyembuhan alami tubuh. Akibatnya, sistem kekebalan tubuh akan menghasilkan jumlah antibodi yang lebih banyak untuk melawan virus dan patogen lainnya.

Terapi sauna melemaskan otot-otot dan akan menghambat aktivitas saraf gugup. Secara rutin melakukan sauna akan memberikan kesempatan bagi otak untuk berfikir positif dan melepaskan diri dari masalah-masalah setiap hari.

Beberapa hal agar mendapatkan manfaat maksimal dari mandi sauna :

  • Jangan lebih dari 30 menit berada didalam ruang sauna yang panas
  • Luangkan waktu yang cukup untuk beristirahat setelah meninggalkan sauna
  • Minum air yang cukup untuk menggantikan cairan dan mineral yang hilang
  • Pastikan untuk melepaskan lensa kontak sebelum memasuki bilik sauna
  • Minum alk*hol sangat tidak dianjurkan
  • Wanita hamil tidak diperbolehkan sauna dan uap-mandi sama sekali

Jika Anda berfikir tentang kesehatan, manfaat sauna dan uap-mandi jauh lebih besar daripada bahayanya. Ikuti tips diatas dan memasukkan sauna sebagai bagian dari gaya hidup Anda, maka  Anda akan mendapatkan manfaat peremajaan tubuh yang lebih baik.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *