Manfaat makan telur untuk sarapan

Telur bisa menjadi makanan terbaik untuk sarapan, terutama jika untuk menggantikan makanan-makanan yang serba instan. Mengganti kebiasaan makanan sarapan seperti mie instan, nasi goreng, atau roti dengan telur bisa membuat kesehatan kita menjadi lebih baik. Sebenarnya mengolah telur tidaklah banyak memakan waktu, sehingga juga baik dikala Anda memiliki waktu terbatas pada pagi hari. Ada banyak manfaat telur jika di masukkan kedalam menu sarapan pagi Anda, salah satunya adalah karena bisa menahan rasa kenyang menjadi lebih lama . Protein dalam telur diketahui bisa membuat perut lebih kenyang, jika dibandingkan dengan protein dalam gandum. Sebutir telur sudah memberikan gizi yang lengkap untuk menjalani aktifitas disiang hari kita, yaitu menyediakan kalori, protein, lemak, dan kolesterol. Jangan berfikir semua kolesterol itu tak baik bagi kesehatan kita. Kolesterol pada telur adalah jenis kolesterol baik, dimana yang sangat dibutuhkan tubuh manusia.

Advertisement

telur untuk sarapanManfaat diet dengan protein berkualitas tinggi bisa meningkatkan rasa kenyang, sehingga sangat baik terutama bagi yang ingin menurunkan berat badan. Meskipun telur dan sereal memiliki kandungan protein yang berbeda, akan tetapi dalam hal kalori, karbohidrat, protein, dan lemak keduanya sama. Para peneliti menemukan bahwa orang yang makan telur pada pagi harinya merasa lebih kenyang sebelum makan siang, dan mereka justru makan siang lebih sedikit daripada mereka yang makan sereal.

Manfaat mengonsumsi telur | makan telur untuk sarapan

Untuk menentukan efek jangka panjang, kebiasaan sarapan dengan telur untuk menurunkan berat badan tidak perlu dipelajari lebih lanjut lagi. Namun setidaknya, telur bisa menjadi makanan alternatif untuk sarapan yang lebih sehat sekaligus praktis.

Bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan, telur bisa membuat perut merasa kenyang lebih lama. Dengan demikian akan menghindarkan Anda ngemil pada siang harinya sebelum jam makan siang. Kebiasaan ngemil inilah yang seringkali dianggap sebagai penyebab utama kegemukan.
Telur juga memberikan manfaat bagi peningkatan kekuatan otak. Hal ini karena telur mengandung kolin, senyawa yang juga sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak janin. Ibu hamil yang mengonsumsi 550 mg kolin per hari akan melahirkan bayi yang memiliki kecerdasan yang lebih kuat. Baca juga: Khasiat Manfaat: Telur Bagi kesehatan tubuh

Beberapa manfaat makan telur untuk sarapan

  • Mencegah masalah penglihatan. Kuning telur adalah bagian telur yang dikatakan mengandung banyak kolesterol, akan tetapi juga mengandung senyawa lutein. Jika dikonsumsi secara rutin, lutein dari telur bisa meningkatkan kesehatan mata dan mencegah berbagai jenis masalah penglihatan yang disebabkan oleh proses penuaan.
  • Menjaga kesehatan jantung. Asalkan tidak makan telur dalam jumlah berlebihan, kandungan kolesterol dalam kuning telur tidak akan membahayakan bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Kandungan Omega 3 butir dari telur bisa meningkatkan sirkulasi darah, sehingga justru akan membantu meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini secara keseluruhan juga penting untuk meningkatkan fungsi otak.
  • Memberikan nutrisi untuk awet muda. Agar kulit tidak cepat keriput, wanita membutuhkan asupan protein sebanyak 45g perhari, sementara untuk pria membutuhkan 55g perhari.
Lihat juga :  Penyebab Kolesterol tinggi Pada orang dewasa muda

Manfaat sarapan dengan makan telur akan membuat tubuh sehat jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup. 1 butir telur dalam satu hari sudah cukup untuk menunjang vitalitas dan kesehatan kita sepanjang hari.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *