Manfaat Makan Semangka bagi Kehamilan

sManfaat Makan Semangka bagi KehamilanSaat pertama kali sedang hamil, mungkin Anda akan banyak menerima saran dari orang disekeliling Anda. Tak jarang hal ini bisa membuat Anda justru semakin bingung, karena mungkin ada yang bilang boleh atau tidak untuk makan sesuatu. Salah satu saran yang paling umum yang akan Anda dengar adalah ‘”makan buah-buahan secara teratur” . Makan buah memang baik bagi kehamilan, namun juga ada buah-buahan yang bisa dan tidak bisa dikonsumsi selama kehamilan. Bagaimana dengan buah semangka, apakah baik untuk ibu yang sedang hamil?.. Untungnya, buah yang sangat menyegarkan ini termasuk kedalam salah satu buah yang bisa, dan justru sangat baik untuk wanita hamil. Semangka adalah buah yang sehat, bergizi, menyegarkan dan juga sumber energi.

Advertisement

Buah yang umumnya berdaging lembut dan merah cerah ini merupakan sumber yang baik dari Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B6, magnesium dan kalium. Juga memiliki kandungan serat yang tinggi, yang merupakan solusi untuk banyak masalah wanita pada awal kehamilan. Baca terus artikel ini untuk memahami manfaat luar biasa dari makan semangka, serta efek samping yang mungkin bisa Anda alami :

Manfaat semangka bagi kesehatan dan kehamilan :

1 . Meringankan masalah pencernaan :

Semangka sangat menyejukkan bagi perut dan saluran makanan. Wanita hamil yang menderita berbagai masalah pencernaan, seperti asam lambung dan nyeri ulu hati, akan banyak terbantu dengan makan buah semangka.

2 . Mengurangi Pembengkakan :

Edema, atau pembengkakan ringan pada kaki dan tangan adalah kondisi yang sangat umum selama kehamilan. Semangka memiliki kandungan air yang sangat tinggi, sehingga dapat mengurangi penyumbatan pada pembuluh darah dan otot, serta membantu mencegah edema.

3 . Meredakan Morning Sickness :

Semangka yang dikonsumsi pada pagi hari akan memberikan kesegaran, menenangkan dan memberikan semangat untuk mengawali hari. Buah ini juga mengandung sifat gizi dan energi yang dapat mencegah terjadinya morning sickness. Adalah ide yang baik bagi wanita hamil untuk memulai hari dengan segelas segar jus semangka.

Lihat juga :  Pentingnya Manfaat asam Folat bagi Kehamilan

4 . Mencegah Dehidrasi :

Wanita hamil sangat disarankan untuk minum banyak air untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan kontraksi prematur, serta menyebabkan kelahiran prematur. Semangka mengandung lebih dari 90 % air, dan makan buah ini adalah cara yang bagus untuk tetap terhidrasi.

5 . Mengurangi Kram Otot :

Selama hamil, tubuh wanita akan melalui berbagai macam perubahan. Tambahan Berat badan dan hormon biasa menyebabkan otot-otot dan tulang terasa sakit. Mengkonsumsi buah semangka dalam akan membantu tubuh untuk mengatasi perubahan-perubahan ini, juga akan membantu  meringankan kram otot.

6 . Mencegah Pigmentasi :

Banyak ibu hamil menderita pigmentasi kulit. Masalah yang menjengkelkan ini bisa menjadi bagian yang kura ng menyenangkan dari kehamilan. Semangka akan menjaga gerakan usus halus dan kemudahan pencernaan makanan. Hal ini pada akhirnya akan mempengaruhi tekstur kulit untuk selamanya. Pigmentasi pada kulit di seluruh bagian tubuh bisa diminimalkan dengan melakukan pembersihan tubuh secara rutin. Jadi makan buah yang menyegarkan ini juga akan membantu kulit Anda tetap terlihat halus selama hamil.

Bentuk hidangan:

Jus semangka dapat dikonsumsi di pagi hari untuk mengurangi morning sickness .
Buat jus semangka yang tidak terlalu dingin, dan minum untuk sarapan atau setelah makan malam sebagai hidangan penutup.

Perhatian:

  • Glukosa  tinggi: Mengonsumsi semangka berlebihan dapat menyebabkan kadar glukosa darah menjadi tinggi, yang pada akhirnya dapat menyebabkan diabetes gestational. Jadi hindari makan buah yang manis secara berlebihan, termasuk semangka selama kehamilan.
  • Membersihkan :Semangka sangat baik bagi untuk menjaga kesehatan semua organ dalam tubuh, tetapi tubuh kita juga membutuhkan nutrisi lainnya juga. Semangka memang bisa membersihkan semua zat sisa dalam tubuh, bahkan termasuk nutrisi penting dari tubuh. Jadi hindari mengkonsumsi semangka secara berlebihan.
  • Mungkin bisa menyebabkan masalah Lambung :Jangan makan buah semangka yang telah lama berada di tempat terbuka, karena dapat menyebabkan masalah pencernaan, mual dan muntah. jadi Makanlah buah semangka yang baru saja dipotong dan jus yang masih segar.
  • Terakhir, konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda berencana memasukkan semangka kedalam diet sehat kehamilan Anda. Dokter Anda pasti tahu yang terbaik bagi kehamilan Anda, dan bisa merekomendasikan bagian yang tepat untuk manfaat yang maksimal .
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *