Manfaat makan kwaci biji labu bagi kesehatan

Manfaat makan kwaci biji labu bagi kesehatanBiji-bijian umumnya adalah makanan yang tinggi mengandung nutrisi penting seperti serat, omega 3, mineral, sama halnya dengan biji labu yang selama ini kita makan sebagai kwaci yang gurih. Dengan demikian, biji labu bisa menjadi alternatif ngemil yang sehat, daripada cemilan buatan pabrik yang sarat akan lemak dan zat pengawet. Biji labu kaya dengan mineral, serta tinggi antioksidan yang penting untuk melawan penyakit . Mari kita lihat enam alasan mengapa Anda harus makan segenggam biji labu setiap hari.

Advertisement

Nah, berikut ini manfaat luarbiasa biji labu bagi kesehatan, menurut kandungan nutrisi yang ada didalamnya:

1 . Sumber zinc yang baik.

Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO ) telah mengakui bahwa biji labu merupakan makanan terbaik untuk meningkatkan asupan zinc. Zinc diperlukan tubuh untuk mendukung fungsi ratusan enzim, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan untuk membantu mempertahankan fungsi reproduksi.

2 .Tinggi Antioksidan

Makan biji labu akan membuat tubuh kita mendapatkan zat antioksidan, selain dari makan sayur dan buah-buahan. Jadi, tak perlu khawatir belum makan sayur, jika Anda suka ngemil kwaci biji labu. Biji labu mengandung berbagai macam zat antioksidan, bahkan lebih banyak dari yang bisa diperoleh dari jenis makanan lain.

3 . Mengandung vitamin E.

Biji labu juga kaya akan vitamin E. Bahkan, biji labu mengandung hampir semua bentuk dari vitamin E , seperti : alpha tocopherol, gamma tocopherol, alpha tocomonoenol, gamma tocomonoenol dan gamma tocopheral. Mengapa kita memerlukan semua bentuk vitamin E ? Karena beberapa diantaranya yang lebih mudah diserap oleh tubuh. Vitamin E diantaranya bermanfaat untuk mempertahankan kesehatan kulit dan reproduksi.

4 . Mengandung fenol .

Fenol yang ditemukan dalam biji labu termasuk caffeic, vanilat, asam syringic, coumaric, ferulat dan sinapic. Fenol bermanfaat untuk membantu melindungi sel-sel tubuh kita dari kerusakan akibat radikal bebas.

Lihat juga :  Daftar Makanan terbaik untuk meningkatkan tinggi badan dengan cepat

5 . Mengandung mineral penting.

Biji labu sangat tinggi mengandung fosfor, mangan, triptofan, dan magnesium. Fosfor ini penting untuk pembentukan tulang yang sehat, pencernaan yang baik, sintesis protein, keseimbangan hormon, dan penyerapan nutrisi. Mangan diperlukan untukmetabolisme yang tepat, metabolisme tulang, fungsi normal tiroid, dan membantu penyerapan kalsium. Tryptophan diperlukan untuk menjaga suasana hati(mood),  dan meningkatkan fungsi mental. Terakhir magnesium, dimana yang sangat penting untuk hampir semua fungsi tubuh ( transmisi impuls saraf, pengaturan suhu tubuh, produksi energi, dan detoksifikasi ) .

6 . Melindungi prostat dan saluran kemih.

Berbagai macam uji klinis telah meyakinkan manfaat labu yang memiliki efek menguntungkan dalam pengobatan BPH. Asam lemak dan sterol dalam biji labu diperkirakan bisa meningkatkan fungsi uretra dan kandung kemih.

Perhatian:

Kwaci biji labu biasanya diolah dengan menggunakan garam yang berlebih, sehingga umumnya terasa sangat asin. Jadi, sebaiknya mengkonsumsi kwaci labu yang tidak diolah menggunakan banyak garam. Garam tinggi sodium atau natrium, yang justru tak baik bagi kesehatan jika kebanyakan. Hal ini terutama bagi penderita hipertensi, dimana yang sangat dibatasi untuk asupan natriumnya setiap hari.

Advertisement

One thought on “Manfaat makan kwaci biji labu bagi kesehatan

  1. Kalau boleh tau perbedaan kuaci labu dan kuaci yang banyak garam apa? soalnya hampir semua kuaci asin. Mulut saya sering skali kering ketika makan kuaci mungkin kandungan garamnya berlebih, kalau kurang pasokan air minum rawan sariawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *