Manfaat Lurabiasa Rutin Olahraga di Pagi hari

Manfaat Lurabiasa Rutin Olahraga di Pagi hariSebagian besar dari kita mungkin tidak begitu tertarik dengan bangun di pagi untuk hal-hal yang dirasa kurang menyenangkan, apalagi hanya untuk berolahraga. Namun Angggapan “kurang menyenangkan” sepertinya kurang tepat untuk alasan ini, karena sebenarnya olahraga dipagi hari itu sangat menyenangkan jika sudah terbiasa. Olahraga pada pagi hari tidak harus mahal, cukup bermodal sepatu olahraga atau sepeda kayuh, Anda sudah bisa mendapatkan kebahagiaan sambil menghirup udara pagi yang menyegarkan. Nah seperti apakah benefit lain yang akan kita peroleh?..

Advertisement

Berikut beberapa manfaat luarbiasa rutin berolaharaga pada pagi hari

Kerja lebih Bersemangat dan fokus

Terkait erat dengan rasa peningkatan kebahagiaan adalah kewaspadaan tinggi sepanjang hari. Meskipun pada awalnya Anda harus berjuang untuk dapat keluar dari tempat tidur untuk memulai olahraga, namun seiring dengan kebiasaan hal ini akan membuat Anda bisa bangun pagi hari lebih cepat dengan penuh semangat. Tidak hanya akan membuat latihan Anda maksimal, saat Anda mulai bekerjapun akan merasa lebih siap.

Tidur Lebih Baik

Ini mungkin tampak kontra-intuitif, tetapi bangun pagi hari untuk berada di luar dapat membantu Anda tidur lebih baik. Kualitas tidur malam sebagian besar tergantung pada keteraturan. Kita perlu untuk  tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Penjadwalan olahraga Anda di pagi hari dapat menjadi langkah berharga dalam menciptakan pola tidur yang teratur.

Penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang berolahraga pada malam hari lebih banyak mengalami kesulitan tertidur, daripada mereka yang berolahraga pada pagi hari sebelumnya. Meningkatkan kualitas tidur tidak hanya membuat Anda lebih fokus dan energik, tetapi juga berperan penting dalam rangka menurunkan berat badan. Beberapa hormon yang mengontrol nafsu makan dan metabolisme bisa diatur oleh pola tidur yang baik, sehingga membuat jadwal tidur yang sehat bisa memberikan efek positif pada sistem tubuh.

Membantu menjaga berat badan

Faktor kunci yang perlu dipertimbangkan tentang rutin olahraga pada pagi hari adalah efek pada metabolisme tubuh Anda. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa tidak hanya tubuh kita akan membakar kalori selama melakukan olahraga, akan tetapi pembakaran kalori akan terjadi terus menerus selama beberapa jam setelah melakukannya. Satu studi menemukan bahwa pria yang bersepeda dengan intensitas tinggi selama 45 menit, tubuh mereka membakar 190 kelebihan kalori selama 14 jam setelah latihan. Studi-studi lain juga telah mendukung temuan ini, akan tetapi latihan intensitas rendah atau sedang tidak menunjukkan hasil substansial yang sama.

Lihat juga :  Manfaat Luarbiasa Dark Chocolate bagi kesehatan

Sistem Kardiovaskular lebih sehat

Salah satu alasan kesehatan meluangkan waktu di atas treadmill atau ditrotoar pada pagi hari adalah untuk meningkatkan kesehatan jantung. Mengapa?, Salah satu cara alami tubuh terbangun adalah dengan meningkatkan kadar hormon adrenalin, yang menyebabkan jantung berdetak lebih cepat. Ini berarti bahwa Anda dapat menambah beberapa manfaat tambahan kardiovaskular ketika Anda berolahraga di pagi hari. Kardiovaskular yang sehat, adalah salah satu kunci yang mendukung panjang umur.

Peringatan: jika Anda memiliki masalah jantung, konsultasikan dengan dokter tentang latihan di pagi hari, karena penelitian telah menunjukkan bahwa aktivitas jantung ekstra ini dapat menyebabkan nyeri dada, dan bahkan serangan jantung bagi orang yang memiliki masalah kesehatan ini.

Meningkatkan Daya Ingat

Olahraga telah terbukti  meningkatkan fokus dan ketajaman mental hingga sepuluh jam pasca latihan. Namun Jika Anda berolahraga setelah bekerja, maka Anda tidak mendapatkan keuntungan ini, karena setelah itu Anda tentu akan tidur. Hal ini bahwa olahraga pagi hari akan membawa otak dan tubuh Anda berada dalam kondisi yang baik sepanjang hari.

Lebih ber Energi

Latihan atau olahraga akan merilis hormon “feel good”, yaitu senyawa seperti endorfin yang meningkatkan mood dan tingkat energi. Dan bahkan efek ini bisa bertahan hingga sore hari jika Anda melakukan olahraga dipagi harinya.

Terhindar dari hipertensi

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga pagi hari klhususnya dapat meningkatkan rasa kebahagiaan dan suasana hati secara keseluruhan. Dengan demikian pada akhirnya Anda tidak akan mudah menderita darah tinggi, terutama yang di akibatkan oleh stres. Efek olahraga juga akan memperlancar aliran darah dan memperkuat jantung, sehingga hipertensi kronis akan jauh jauh dari kehidupan Anda.

Lihat juga :  Gejala-gejala Diabetes Melitus Tipe 1, 2 dan cara mengatasinya

Cobalah untuk mengalokasikan 20 menit atau setengah jam waktu Anda setiap hari untuk melakukan kegiatan fisik. Lakukan olahraga  sederhana seperti jalan cepat, latihan pemanasan, bersepeda, dan latihan lain seperti aerobik  dll.

Perhatian: Latihan aerobik dapat meningkatkan laju detak jantung, sehingga pasien dengan penyakit jantung harus berkonsultasi dengan dokter untuk latihan yang cocok.

Jangan melakukan olahraga secara berlebihan jika Anda baru saja mulai. Latihan membutuhkan beberapa waktu sebelum tubuh Anda bisa terbiasa. Jantung Anda juga perlu membiasakan diri  sebelum melakukan latihan yang lebih berat. Oleh karena itu, sebaiknya olahraga dimulai dari yang paling ringan dan ditingkatkan secara bertahap.

Tips sehat sebelum berolahraga:

  • Saat baru akan mulai latihan sebaiknya melakukan pemanasan, hal ini karena pemanasan akan mengendurkan otot. Dengan demikian otot-otot akan lebih mudah digunakan setelah tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama.
  • Latihan selanjutnya adalah berjalan,  dan kemudian dilanjutkan dengan jalan cepat. Jalan cepat adalah cara yang baik untuk memperoleh keringat, karena mengambil kalori lebih banyak dari berjalan normal. Jalan cepat juga akan meningkatkan kapasitas jantung dan paru-paru secara bertahap. Ini adalah persiapan untuk set latihan berikutnya yang lebih kompleks yang harus dilakukan agar mendapat manfaat yang maksimal.
  • Latihan berikutnya adalah berlari. Anda tidak harus langsung mulai berlari atau,  berjalan secara tiba-tiba karena bisa membuat banyak tekanan pada jantung. Otot dan jantung kita harus terbiasa dengan tahap-tahap latihan, dan mulailah dengan lari pelan dan stabil.
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *