Apakah manfaat latihan dan kesehatan kardiovaskular?

Apakah manfaat latihan kardiovaskular?Ada begitu banyak hal mengenai kebutuhan kita akan latihan kesehatan kardiovaskular, yang sangat baik untuk menjaga kesehatan ini.
Namun bagi orang yang belum mengenalnya, hal ini mungkin akan ada beberapa pertanyaan didalam benaknya; apakah artinya kesehatan kardiovaskular, dan bagaimana cara meningkatkan tingkat kesehatan kardiovaskular ?.

Advertisement

Baca juga : Apakah Penyakit akibat Kurang Berolahraga?

Kesehatan kardiovaskular, manfaat latihan cardio, serta  prinsip-prinsip dasar untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Kesehatan kardiovaskular, juga dikenal dengan daya tahan kardiorespirasi, adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan bentuk unik daya tahan otot. Pada intinya, hal ini menggambarkan efisiensi di mana paru-paru, jantung, dan sistem kerja pembuluh darah untuk menyediakan oksigen bagi otot-otot tubuh yang bekerja, sehingga tenaga otot bisa dipertahankan. Tentu saja ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi kesehatan kardiovaskular kita, termasuk denyut jantung, volume stroke, dan kemampuan sel-sel otot untuk mengambil oksigen dari dalam darah. Ketika kita berolahraga, tubuh kita berada di ambang aerobik(yang akan kami jelaskan nanti), dan menyebabkan beberapa perubahan terjadi dalam tubuh kita. Metabolisme secara mulai naik, otot-otot meningkatkan metabolisme, efisiensi darah kembali ke jantung meningkat, dan pada akhirnya efisiensi dimana kerja hati kita juga meningkat dalam memberikan darah ke jaringan yang bekerja. Baca juga : Olahraga terbaik untuk orang kegemukan

Manfaat latihan kardiovaskular

Manfaat pertama, latihan cardio bagus untuk memperkuat otot jantung dan otot-otot yang berperan dalam pernapasan seperti pada paru-paru. Kita tidak hanya memperoleh tenaga yang berkesinambungan dengan sedikit rasa ketidaknyamanan, namun juga ada manfaat fisiologis seperti mengurangi tekanan darah, meningkatkan metabolisme untuk membakar lemak saat beristirahat, dan pelepasan hormon endorfin ke otak yang memberikan kepada kita perasaan bahagia sehingga menurunkan resiko atau menangkal depresi dan kecemasan. Masih banyak lagi manfaat latihan kardiovaskular yang tidak kita sebutkan, namun yang perlu Anda ketahui adalah bahwa manfaat yang baik dari latihan kardiovaskular itu sangat banyak.

Lihat juga :  Kandungan dan Manfaat Okra untuk Kesehatan

Prinsip dasar latihan cardio

Sebelum kita mulai mengetahui beberapa aktifitas untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular, pertama Anda perlu tahu beberapa prinsip dasarnya. Dalam rangka untuk mencegah perubahan dalam tubuh, salah satu kebutuhan yang ditekankan adalah dimana jantung pada awalnya harus berdetak pada tingkat yang setara dengan setidaknya 75% dari detak jantung maksimum; yang bertujuan untuk mencapai yang 85%(bertahap). Bagi pemula, penting untuk tidak mencoba melebihi itu. Butuh waktu bagi tubuh untuk melakukan perubahan, dan dengan melakukannya secara berlebihan maka Anda menempatkan resiko pada tubuh Anda.

Pilih aktivitas yang bisa Anda nikmati

Anda tidak harus latihan menggunakan mesin elips atau treadmill, kecuali Anda menikmati saat melakukannya. Tergantung pada tingkat kebugaran tingkat Anda saat ini, berjalan di luar rumah mungkin sudah bisa mencukupi untuk meningkatkan detak jantung Anda. Anda juga bisa berlari  keluar rumah, naik sepeda, naik tangga, berenang, mendaki, bermain tenis, atau bahkan bermain dengan anak-anak di luar.

Waktu

Kebutuhan waktu akan bervariasi tergantung pada intensitas latihan Anda diluar, tapi secara umum Anda perlu 30 -90 menit hampir setiap; minimal 30 menit sehari dengan 3 kali dalam seminggu. Jika Anda merasa terlalu sulit untuk melakukannya selama 30 menit sekaligus, maka Anda bisa beristirahat. Lakukan latihan 15, kemudian istirahat, dan lakukan 15 menit selanjutnya. Namun Anda harus mencoba untuk bisa melakukan latihan selama 30 terus menerus sampai bisa atau melakukannya dengan mudah.

Intensitas

Intensitas olahraga Anda akan sangat banyak tergantung pada tingkat kebugaran tubuh Anda saat akan memulai. Kita telah membahas denyut jantung, tetapi ada cara lain yang lebih mudah untuk menentukan apakah Anda sudah latihan cukup keras tanpa berlebihan. Anda bisa melakukan latihan hingga level 10, di mana level 1 pada dasarnya tidak melakukan apa-apa; dan level 10 berarti Anda bisa melakukannya semua. Anda mungkin ingin mencoba untuk sampai ke level 6 atau 8. Pemula mungkin hanya bisa melakukan pada level ini dalam jangka waktu yang singkat. Itu baik-baik saja selama Anda mau mencoba untuk latihan dari waktu ke waktu untuk bisa berbuat lebih banyak. Jika Anda latihan berpasangan latihan, cara termudah untuk menentukan intensitas latihan Anda adalah dengan berbicara dengan pasangan latihan Anda sebelumnya. Jika Anda sudah latihan dengan keras Anda tidak akan bisa berbicara terus-menerus, karena Anda sudah kehabisan napas. Anda memang harus berusaha sekuat tenaga, namun tidak untuk merugikan tubuh sendiri.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *