Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Lambung dan Perut

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Lambung dan PerutKebanyakan ahli kesehatan alternatif tahu, bahwa kunyit memiliki manfaat  anti – inflamasi, menyembuhkan batuk / demam dan luka. namun masih Ada banyak manfaat kunyit bagi kesehatan lainnya, salah satunya adalah untuk kesehatan perut. Yang paling banyak diperhatikan dari kunyit adalah senyawa kurkumin, yaitu zat yang membuat warna kuning pada kunyit. Kurkumin adalah senyawa antioksidan dan antiiflamasi yang kuat, menurut hasil pengamatan peneliti, kurkumin ini juga efektif sebagai zat antikanker.

Advertisement

 

[ Baca juga: Khasiat manfaat Kunyit ]

Manfaat kunyit untuk perut

Kunyit telah lama dikenal untuk mengobati sistem gastro intestinal tubuh kita. Kunyit membantu perut kita untuk menjaga tingkat keasaman pencernaan, yang banyak dinyatakan dapat membahayakan. Berikut beberapa manfaat kunyit untuk perut dan sistem pencernaan:

Membantu masalah pencernaan

Studi penelitian telah menunjukkan bahwa kunyit membantu pelepasan empedu, yang diyakini membantu pencernaan makanan. Kunyit dikenal untuk melakukan hal ini dengan cara menstimulasi kandung empedu untuk melepaskan empedu. Empedu memainkan peranan penting untuk pencernaan dalam penyerapan lemak dan vitamin larut lemak dalam usus kecil. Penggunaan kunyit untuk mengatasi masalah terkait pencernaan telah disetujui oleh Komisi Penelitian Jerman, dan lainnya juga menunjukkan hal yang sama.

Mencegah Penumpukan Gas

Kunyit menenangkan sistem pencernaan bagian atas dengan jalan menyingkirkan gas. Kunyit juga dikenal membantu meningkatkan penyerapan usus, dan mempromosikan flora usus. Colitis adalah salah satu penyakit saluran pencernaan kronis yang kumat-kumatan, dan sulit untuk bisa sembuh total. Colitis dapat menyebabkan sakit perut , dan ditandai dengan adanya darah dalam tinja. Studi terhadap kunyit untuk perut yang dilakukan kepada pasien dengan kolitis ulserativa, menemukan bahwa pasien yang diberi kunyit memiliki tingkat kekambuhan yang lebih rendah.

Lihat juga :  15 Manfaat Biji Kopi Hijau Bagi kesehatan

Kesehatan lambung

Makanan yang kita makan berpotensi dapat menyebabkan kerusakan pada sistem pencernaan. Setiap hari kita makan makanan yang memiliki sifat korosif, dan dapat membahayakan dinding lambung dan usus. Kunyit akan membantu dengan mengurangi efek ini dengan cara meningkatkan lendir pada dinding lambung dengan bertindak sebagai lapisan pelindung.

Mengatasi gangguan sembelit

Karena sifat-sifatnya pada pencernaan seperti yang dijelaskan diatas, kunyit akan membantu menjaga kesehatan pencernaan. Kunyit juga mempromosikan gerakan peristaltik usus besar, sehingga gerak makanan menjadi lancar. Dengan demikian kita akan jauh dari masalah sulit BAB atau sembelit. Lancarnya BAB yang ditandai dengan teraturnya jam kekamar kecil, akan mengurangi resiko wasir dalam jangka panjang.

Cara mengkonsumsi Kunyit untuk menjaga kesehatan

Ambil beberapa potong ibu jari kunyit segar yang telah dibersihkan kulit arinya dengan dikerik menggunakan sendok.  Parut kunyit, kemudian tambahkan segelas air matang satu gelas, saring dengan kain atau saringan halus bersih sambil ditekan-tekan. Sebelum diminum, tambahkan 1 sdm madu asli dan jeruk nipis untuk menambah rasa. Jika tak ada madu, Anda bisa menggantinya dengan gula merah. Minum satu gelas setiap pagi, 2-3 kali dalam seminggu.

Mengatasi Gangguan perut

Ambil sesendok kunyit bubuk, segelas air dan tambahkan yoghurt. Minum ramuan ini setelah makan siang ( bukan saat perut kosong). Kapsul Kunyit juga dapat membantu masalah pencernaan.

Perhatian

Kunyit aman dikonsumsi, asalkan tidak berlebihan setiap hari. Wanita hamil dan menyusui harus menghindari mengonsumsi suplemen kunyit, untuk menghindari kelebihan. Dan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kandungan, terutama sebelum mengambil suplemen kunyit.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *