Manfaat Kunyit untuk jerawat

Manfaat kunyit untuk jerawatJerawat adalah kekhawatiran terutama bagi kaum remaja. Banyak pengobatan alami yang tersedia, yang dapat digunakan untuk secara efektif untuk mengobati jerawat. Anda tidak perlu membuang uang untuk produk jerawat yang mahal, jika hanya mengalami gejala jerawat ringan. Produk herbal seperti kunyit, jus mint, kemangi dan pala bisa  dibuat menjadi pasta dan diaplikasikan pada kulit untuk mengurangi peradangan akibat jerawat.

Advertisement

Mengobati jerawat secara alami bisa bermanfaat ketika terjadi infeksi dan telah menyebar akibat memencet jerawat. Kunyit untuk mengobati macam-macam masalah kulit telah digunakan selama berabad-abad lalu di negara-negara Asia. [ Baca juga:Khasiat manfaat kunyit, disini ]

Manfaat kunyit untuk jerawat

Kunyit yang dibuat menjadi pasta, dan diaplikasikan pada daerah rawan jerawat dapat menghancurkan bakteri P.acnes yang menyebabkan peradangan, dan menghilangkan minyak yang berlebihan dari kulit. Kunyit memiliki sifat anti – oksidan dan anti inflamasi, yang keduanya sangat bermanfaat untuk mengobati jerawat. [ Baca juga: Cara Penggunaan dan Manfaat Kunyit untuk wajah dan kulit, disini ]

Resep dasar kunyit untuk jerawat

Cara 1: Ambil 4 sendok makan bubuk kunyit, tambahkan 1 sendok makan susu, dan 4 sendok makan madu untuk jerawat. Aduk campuran ini sampai menjadi pasta halus. Setelah itu simpan campuran ini di dalam lemari es .

Cara 2: Campur 8 sendok makan kunyit dicampur dengan 5 sendok makan minyak zaitun atau minyak wijen. Campurkan semua kedalam mangkuk yang bersih sampai membentuk pasta yang halus dan lembut.

Langkah-langkah penggunaan adalah sama untuk kedua jenis pasta kunyit untuk jerawat  diatas.

Mandi berendam dengan air hangat, untuk melembutkan kulit Anda bisa menggunakan gel mandi ringan atau sabun mandi. Hindari obat  seperti gliserin,  dan produk antibakteri yang dapat mengeringkan kulit. Sementara di kamar mandi, mengambil kain lap dan celupkan ke dalam air yang panas ( semampu tangan anda ) . Terapkan kain panas langsung pada daerah yang terkena jerawat selama minimal 5 menit. Ini akan membantu untuk mengeluarkan nanah pada lesi jerawat yang meradang. Sekarang keringkan kulit dengan cara ditepuk-tepuk dengan handuk kering.

Lihat juga :  5 buah yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit dan wajah

Gunakan jari Anda untuk menerapkan pasta kunyit setelah kulit wajah kering dan lembut, gunakan gerakan memijat dengan lembut. Pijat selama setidaknya 10 menit. Biarkan semalam agar pasta kering, pasta Kunyit akan mengering dan menjadi kaku seperti masker. Cara ini akan mengurangi ukuran jerawat. Bilas pasta yang sudah kering di pagi hari. Kunyit akan mengotori pakaian. Jadi selama menggunakan cara perawatan ini, sebaiknya gunakan pakaian dan seprai lama. Kunyit juga akan meninggalkan semburat warna kekuningan pada kulit. Untuk menghapusnya, bersihkan daerah tersebut dengan bola kapas yang telah dicelupkan ke dalam beberapa tetes toner wajah ringan.

Kunyit dan yoghurt

Ambil 2 sendok teh yoghurt dan menggabungkan ini dengan ½ sendok teh bubuk kunyit dan sedikit madu. Yoghurt kaya akan asam laktat, dan akan bertindak sebagai exfoliator lembut. Oleskan masker ini pada wajah selama ½ jam, kemudian bilas hingga bersih .

Masker wajah kunyit organik

Ini adalah masker yang baik untuk kulit berjerawat. Ambil ½ sendok teh bubuk cendana, dan ¼ sendok teh bubuk kunyit. Gabungkan dua macam bubuk ini dengan 2 sendok makan dadih sampai Anda mendapatkan pasta yang lembut. Terapkan pada jerawat, dan berbaring setidaknya selama 20 menit. Kemudian Cuci dengan air hangat. Akhiri dengan percikan di air dingin, keringkan kulit dan oleskan pelembab yang cocok.

Selalu membersihkan daerah yang terkena jerawat dengan mandi uap atau mandi air hangat untuk membuka pori-pori yang tersumbat. Bersantailah dengan masker Anda untuk beberapa waktu yang dibutuhkan. Tempatkan teh celup chamomile, kapas yang dicelupkan ke dalam lavender, air mawar, atau irisan ketimun pada mata Anda untuk memberikan perasaan santai.

Lihat juga :  Top 10 Makanan anti penuaan dini

Pendapat

Kunyit adalah obat herbal yang berguna untuk memerangi jerawat. Dengan menggunakan masker kunyit sederhana diatas, Anda dapat menikmati spa alami sendiri di rumah dan membersihkan jerawat. Bahan-bahan masker wajah ini terjangkau, sederhana karena sebagian besar bahan-bahan   tersedia di dapur Anda. Tapi pastikan Anda melakukan tes patch sebelum Anda mulai menggunakannya secara ekstensif, dan menggunakan kunyit yang asli untuk hasil terbaik .

Perhatian

Meskipun mungkin ada beberapa efek samping mengkonsumsi kapsul atau suplemen kunyit, namun tidak terlalu banyak efek samping saat menggunakan kunyit pada kulit. Dalam kasus yang jarang terjadi, orang yang alergi bisa mengalami ruam pada kulit. Jika tidak, satu-satunya efek samping adalah meninggalkan bekas semburat warna kuning pada kulit, namun dapat dibersihkan dengan menggunakan kapas dan toner wajah.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *