Manfaat Kesehatan dan kandungan gizi Rempela Ayam

Manfaat dan kandungan gizi rempela ayamAmpela atau rempela adalah organ/jerohan saluran pencernaan ayam. Organ ini digunakan untuk menggiling makanan yang dimakan oleh hewan unggas. Seperti halnya dengan jerohan lain, rempela ayam adalah makanan yang lezat dan banyak digemari orang. Secara keseluruhan, daging ayam sangat bergizi termasuk jerohannya seperti hati dan rempela. Jika Anda menyukainya, mungkin beberapa informasi tentang gizi dan manfaat kesehatan rempela ayam berikut ini Anda butuhkan.

Advertisement

Baca juga :

Berikut kandungan gizi dan manfaat Rempela Ayam bagi kesehatan :

Kadar lemak dan Kolesterol

Satu porsi 100 gram atau  sama dengan sekitar 3,5 ons ampela ayam, mengandung sekitar 2,68 gram total lemak, dan kurang dari 1 gram adalah lemak jenuh. Jika Anda mencari makanan yang tinggi protein namun rendah lemak, maka rempela ayam adalah pilihan yang lebih sehat daripada makanan seperti daging sapi atau babi. Porsi rempela ayam diatas juga mengandung 370 miligram kolesterol, atau yang secara signifikan lebih dari 300 miligram atau kurang . Jelasnya, makanan ini juga mengandung tinggi kolesterol, jadi Anda juga harus membatasinya. Diet makanan rendah lemak jenuh dan kolesterol akan membantu mengurangi risiko penyakit jantung, stroke dan beberapa jenis kanker.

Kadar Protein

Satu porsi rempela ayam mengandung protein yang tinggi, nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi energi. Protein juga membantu meregenerasi sel-sel yang membentuk otot dan jaringan tubuh lain. Menurut Harvard School of Public Health, untuk setiap 20 kilogram berat badan harus mendapatkan 8 gram protein. Satu porsi 3,5 ons ampela ayam menyediakan 30.39 gram protein – jadi kira-kira sudah mencukupi kebutuhan protein bagi orang dengan bobot sekitar 75kg.

Lihat juga :  Manfaat Kentang Rebus Bagi kesehatan

Kandungan Nutrisi

Satu porsi 3,5 ons jenis jerohan ayam yang satu ini akan memberikan Anda  3,19 miligram zat besi dan 4,42 miligram zinc. Wanita membutuhkan 18 miligram zat besi dan 8 miligram seng setiap hari, sedangkan Pria membutuhkan 8 miligram zat besi dan 11 miligram zinc setiap hari. Nutrisi ini diperlukan untuk mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat, penyembuhan luka, dan membantu pembelahan sel. Anda juga akan mendapatkan 1,04 mikrogram dari 2,4 mikrogram vitamin B12 yang Anda butuhkan setiap hari. Vitamin B12 juga sangat penting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat dan fungsi neurologis yang tepat.

Tips :

Anda boleh hanya sesekali memasukkan rempela ayam kedalam diet Anda, karena makanan ini tinggi kolesterol. Rempela ayam bisa ditumis dengan menggunakan minyak zaitun dan bawang untuk makan cepat sehat dan tinggi protein. Bisa juga dicampur dengan sayuran segar padat nutrisi yang memasok kebutuhan serat, kalium dan vitamin A.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *