Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan

manfaat daun kemangi untuk kesehatanKemangi Di Indonesia paling populer digunakan sebagai bahan tambahan untuk beberapa resep makanan. Hal ini terutama untuk masak ikan, karena selain dapat menghilangkan bau amis, kemangi juga akan menambah aroma sedap. Kemangi juga paling sering dipergunakan mentah untuk melengkapi saat makan lalapan. Bahkan, tanpa kemangi, lalapan seolah kehilangan jati dirinya. 🙂

Advertisement

Kandungan senyawa kimia pada kemangi:

Daun kemangi mengandung beberapa senyawa dan nutrisi seperti Sineol, arigin, Apigenin fenkhona, Cireol, estragol, eugenol, lineol, linalool, metha sinamat, asam caffeic, monoterpen, seskuiterpen, tannin, vitamin A , dan Vitamin C.

Manfaat kemangi Bagi kesehatan

Dengan adanya kandungan senyawa seperti yang telah disebutkan diatas, maka kemangi bisa disimpulkan dapat membantu menjaga kesehatan dan mengatasi beberapa masalah umum kesehatan. Berikut beberapa manfaat penting daun kemangi untuk kesehatan Kita:

Gangguan pencernaan

Tanaman kemangi memiliki manfaat  untuk mengatasi masalah gangguan pencernaan, mual, infeksi usus, radang lambung, serta gas dalam usus.

Gangguan kesehatan umum

Tanaman perdu ini juga bisa berguna untuk mencegah atau mengurangi gangguan umum pada kepala, seperti sakit telinga, demam, migrain dan gangguan neurologis seperti kecemasan, depresi, histeria, lemah saraf, dan insomnia.

Manfaat khusus pria

Khusus untuk pria, daun kemangi diketahui sangat bermanfaat karena adanya senyawa Sineol, arigin, Apigenin fenkhona dan Eugenol dalam daun kemangi. Senyawa ini banyak diyakini bisa membantu beberapa masalah umum pada Pria, seperti kesuburan dan gangguan libido.

Manfaat khusus wanita

Sementara bagi wanita, kemangi juga merupakan makanan sehat yang sangat berguna, karena kemangi mengandung zat boron anetol yang dapat merangsang hormon estrogen. Sedangkan senyawa eugenol dapat membasmi jamur penyebab keputihan. Zat Stigmaasterol dalam kemangi akan merangsang pematangan sel telur,  tanin dapat mengurangi sekresi cairan pada organ intim wanita . Sementara Zat triptofan bisa menunda menopasue .

Lihat juga :  Khasiat Manfaat Daun Sirsak

Baik untuk Jantung

Daun kemangi dapat membantu membersihkan darah dengan cara melepaskan racun dari dalam tubuh. Daun kemangi juga dapat membantu  mengontrol tekanan darah. Kandungan antioksidan eugenol dalam kemangi membantu mengurangi kadar kolesterol dan kadar glukosa darah, sehingga mengurangi risiko  penyakit jantung.

Pencegahan Jerawat

Daun kemangi bisa dimakan untuk mencegah jerawat, karena memiliki kemampuan untuk membersihkan darah. Selain itu, Kemangi juga mengandung agen anti bakteri dan anti – jamur, sehingga Anda dapat menerapkan daun kemangi yang dihaluskan untuk mencegah peradangan pada jerawat.

Kesehatan kulit Wajah

Menggosok daun kemangi kering di wajah akan meningkatkan penampilan yang lebih muda dan segar. Menerapkan daun kemangi yang dihaluskan pada wajah dan leher akan meningkatkan warna kulit Anda.

Pengobatan Infeksi Kulit

Karena memiliki sifat anti  bakteri, anti – biotik dan anti – jamur, daun kemangi juga dapat dipakai untuk membatasi pertumbuhan bakteri penyebab infeksi kulit. Ramuan daun kemangi yang dibuat dengan cara menggiling dan merebus 200-250 gram daun kemangi dan dicampur dengan minyak biji wijen dapat oleskan pada kulit untuk menyembuhkan gatal-gatal. Campuran daun kemangi dan jus lemon juga dapat dioleskan pada kulit untuk mengobati kurap .

Ringkasan manfaat kemangi

Kemangi memiliki efek yang Mendukung sistem saraf, meredakan depresi, mengurangi peradangan, mencegah efek radikal bebas, mencegah pertumbuhan bakteri, menghambat patogen, meredakan kram otot, stres, mengurangi gas perut & rasa mual, meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, mempromosikan keringat, memberi nutrisi dan memperkuat sistem pencernaan, merangsang menstruasi, meningkatkan keluarnya lendir dari saluran pernapasan, mengurangi demam, dan meningkatkan sekresi susu.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *