Manfaat Kalsium bagi tubuh yang Wajib diketahui!

Manfaat kalsium bagi tubuh yang wajib diketahuiSuplemen mengandung kalsium bukanlah barang baru lagi. Dan Pasar saat ini dibanjiri oleh berbagai jenis suplemen kalsium,  termasuk kalsium karbonat , kalsium glukonat , kalsium sitrat , kalsium sitrat malat , kalsium laktat , dan kalsium fosfat.

Advertisement

Lalu apa manfaatnya bagi kesehatan tentang mineral yang satu ini?, Apa saja sumber makanan yang Anda perlukan untuk memperoleh kalsium alami terbaik?., Anda perlu mengetahui seberapa penting kalsium bagi tubuh, berapa asupan ideal perhari kalsium yang benar, serta apakah memiliki dampak buruk jika berlebihan?.. Baca tuntas agar Anda tidak keliru dalam memandang kalsium.

Namun selama ini banyak orang mengenal kalsium hanya untuk membantu menjaga tulang kuat dan gigi sehat, dan mencegah osteoporosis. Hal itu tidaklah salah, karena 99% kalsium dalam tubuh disimpan dalam tulang dan gigi. Namun kegunaan kalsium lebih dari itu. Kalsium adalah salah satu nutrisi utama yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mengatasi masalah-masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, serangan jantung, sindrom pramenstruasi dan kanker usus besar.

Berikut ringkasan beberapa manfaat Kalsium bagi tubuh dan kesehatan Kita:

 

Tulang dan gigi kuat

Hal ini pastinya sudah banyak diketahui. Kalsium berguna untuk membantu memastikan gigi kuat, dan dengan demikian akan mencegah masalah gigi yang menyiksa. Kalsium juga akan memperbaiki massa tulang yang berkurang karena usia, dengan demikian osteoporosis akan jauh dari Anda dimasa tua. Hal ini karena Kalsium membantu memfasilitasi pergerakan nutrisi untuk melintasi membran sel. Asupan kalsium yang baik akan membantu mengurangi sakit punggung, karena akan memperkuat tulang punggung Anda.

Bagi anak terlebih lagi, kalsium membantu untuk pertumbuhan yang maksimal. Baca juga: Kalsium penting bagi anak!

Membantu menjaga tekanan darah

Kalsium juga dapat membantu untuk mengontrol tekanan darah yang normal, dan juga membantu kontraksi otot dan kerja syaraf. Dengan demikian akan memungkinkan jantung dan pembuluh darah untuk dapat melakukan fungsinya secara efektif.

Lihat juga :  Pentingnya Vitamin A terhadap pertumbuhan Anak

Manfaat Tambahan

Kalium juga dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi enzim yang mengubah makanan menjadi energi. Sementara itu kalsium juga berguna untuk mencegah pembekuan darah, dengan demikan kembali lagi benefitnya terhadap kesehatan jantung.

Sumber terbaik Kalsium

Kalsium yang merupakan mineral yang berlimpah ditemukan dalam makanan seperti susu, yogurt , keju dll dan bahkan dalam obat-obatan seperti antasida. Sayuran berdaun hijau seperti bayam, serta buah-buahan juga mengandung kalsium.

Jadi Anda bisa minum susu secara teratur, serta mengkonsumsi makanan yang kaya kalsium lainnya untuk mempromosikan kesehatan dan kebugaran Anda.

Risiko tubuh jika kekurangan kalsium

Jika Anda tidak mendapatkan cukup kalsium dari diet sehari-hari, maka dapat menghadapi masalah kesehatan yang berhubungan dengan melemahnya tulang :

Untuk Anak-anak , jika kakurangan kalsium mungkin tidak akan dapat mencapai tinggi badan maksimal ketika dewasa .
Bagi orang dewasa, kekurangan asupan kalsium beresiko memiliki massa tulang yang rendah, yang merupakan faktor risiko utama osteoporosis .

Rekomendasi Asupan Kalsium Harian

Tubuh manusia tidak dapat menghasilkan kalsium sendiri, sehingga kita perlu untuk mendapatkan jumlah maksimum kalsium yang cukup dari makanan yang kita makan. Kalsium sangat dibutuhkan untuk perkembangan bayi, ibu hamil, wanita yang menyusui dan orang tua. Setelah kita berusia 30, tingkat kalsium dalam tulang akan mulai memburu, untuk itu konsumsi kalsium menjadi semakin penting. Tak hanya itu, asupan kalsium yang cukup juga sangat penting terutama bagi anak-anak dan remaja yang sedang tumbuh. Namun jumlah asupan kalsium harian berbeda-beda, tergantung usia dan jenis kelamin.

Berikut tingkat kebutuhan kalsium Recommended Dietary Allowance ( RDA ) untuk orang dewasa:

KALSIUM: Recommended Dietary Allowance (RDA) untuk dewasa
Pria Kebutuhan Harian RDA Batas atas harian
Usia 19-50 1,000 mg 2,500 mg
Usia 51-70 1,000 mg 2,000 mg
Usia 71 > 1,200 mg 2,000 mg
Wanita
Usia 19-50 1,000 mg 2,500 mg
Usia 51 > 1,200 mg 2,000 mg
Lihat juga :  Apa akibat tubuh jika kekurangan protein?
Sources: Dietary Guidelines for Americans, 2012; Institute of Medicine, 2012

Kalsium saja tidak cukup!

Tubuh masih membutuhkan vitamin D untuk dapat menyerap kalsium. Untuk itulah, banyak suplemen kalsium yang juga dilengkapi dengan vitamin D. Untuk mendapatkan vitamin D, kita bisa memperolehnya dari berjemur dibawah sinar matahari langsung pada kulit. Beberapa makanan alami juga mengandung vitamin D, walaupun sangat kecil seperti salmon kalengan dengan tulang, dan kuning telur. RDA vitamin D adalah 600 ui(15 mikrogram) per-hari pada kebanyakan orang dewasa .

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *