Manfaat dan nutrisi Kacang rebus

Manfaat kacang rebusKacang rebus banyak dikonsumi oleh masyarakat kita sejak dulu. Namun seiring dengan modernisasi, kini kacang rebus yang gurih ini di masyarakat Indonesia sudah banyak tergantikan oleh kacang garing atau kacang goreng. Tahukah Anda bahwa kacang rebus ini masih banyak dikonsumsi di kehidupan masyarakat maju di daerah South Carolina, North Carolina, Georgia, dan banyak daerah lani di AS?. Apa sih kelebihan kacang rebus dari kacang goreng atau garing?…  Dibandingkan dengan kacang mentah atau kacang kering panggang, kacang rebus lebih rendah kalori dan lemak dan juga memiliki konsentrasi nutrisi yang lebih tinggi. Nah dengan demikian, silahkan Anda kembali lagi ke kacang rebus sebagai alternatif camilan yang menyehatkan.

Advertisement

Kandungan nutrisi kacang rebus

Kacang tanah rebus sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita secara keseluruhan. Fakta kandungan nutrisi yang disebutkan di bawah ini ditemukan dalam 1 porsi (28 g) kacang rebus, yang bisa berisi sekitar 32 jumlah kacang. Berikut tabel komposisi gizi kacang rebus perporsi 28 gram:

Nutrisi Jumlah Asupan harian (%)
Kalori 89
Kalori lemak 52
Total lemak 6 g 9%
Lemak jenu 1 g 4%
Kolesterol 0 mg 0%
Sodium 210 mg 9%
Total Karbohidrat 6 g 2%
Serat 2 g 10%
Gula 1 g
Protein 4 g

 

Berikut beberapa Manfaat kesehatan Kacang rebus

Kacang rebus lebih rendah kalori

Meskipun kacang-kacangan sering dianggap memiliki komposisi gizi yang sama , namun jika dibandingkan dengan kacang lainnya, kacang rebus lebih rendah kalori secara signifikan. Kacang yang direbus mengandung 90 kalori, sementara kacang garing mengandung 166 kalori dalam porsi yang sama. Beralih makan kacang rebus untuk menggantikan kacang garing bisa menghemat asupan kalori Anda dan membantu  mengendalikan berat badan .

Lihat juga :  Khasiat daun sirih merah

Lebih banyak mengandung antioksidan flavonoid dan polifenol

Selain lebih rendah kalori daripada kacang kering, kacang rebus juga secara signifikan lebih tinggi mengandung antioksidan flavonoid dan antioksidan polifenol. Bahkan kacang rebus juga lebih tinggi flavonoid dan polifenol daripada kacang mentah. Flavonoid dan polifenol adalah antioksidan kuat yangf sangat diperlukan tubuh untuk melindungi sel-sel  dari efek radikal bebas. Dengan demikian, kacang rebus bisa mengurangi risiko beberapa penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung hingga diabetes.

Sumber serat yang baik

Kacang rebus merupakan sumber serat yang baik, dan sedikit lebih banyak daripada kacang kering. Serat yang ditawarkan kacang rebus akan memenuhi kebutuhan serat harian kita hingga 2,5 gram. Serat adalah jenis karbohidrat yang tidak dicerna. Diet makanan kaya serat seperti kacang rebus sangat bermanfaat bagi kesehatan, termasuk mengendalikan nafsu makan, mencegah sembelit, dan juga mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes.
Sumber Lemak tak jenuh tunggal yang baik bagi kesehatan

Walaupun kacang rebus lebih rendah lemak jika dibandingkan dengan kacang garing, namun masih menyediakan lemak bagi tubuh kita. Akan tetapi sebagian besar jumlah lemak dalam kacang tanah adalah jenis sehat lemak tak jenuh tunggal yang baik bagi jantung. Meningkatkan asupan lemak tak jenuh tunggal diantara asupan lemak jenuh atau trans akan meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, berbagai macam nutrisi seperti antioksidan dan vitamin E juga terdapat dalam kacang tanah rebus.

Sumber protein nabati

Kacang rebus adalah sumber alami protein nabati, khususnya merupakan sumber yang baik bagi vegetarian. Kacang tanah juga mengandung fosfor, mangan dan magnesium, yaitu beberapa mineral yang penting untuk mendukung sistem tubuh yang sehat dan bebas penyakit. Seperti yang telah dikatakan, kalori kacang secara signifikan rendah, sehingga Anda tidak perlu khawatir. Banyak ahli yang mengklaim bahwa seseorang harus mengkonsumsi setidaknya setengah porsi kacang resbu setiap hari, sehingga mendapatkan manfaat yang maksimal.

Lihat juga :  Makanan yang harus dihindari demi kesehatan

Peringatan

  • Harap berhati-hati, kacang merupakan makanan yang paling sering menyebabkan alergi. Anda mungkin harus berkonsultasi dengan dokter Anda jika Anda jika memiliki alergi kacang.
  • Kacang rebus memang baik bagi kesehatan, namun mengkonsumsi secara berlebihan sangat tidak dianjurkan. Hal ini karena kacang juga mengandung natrium, yang sangat tidak baik bagi penderita hipertensi.
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *