Manfaat Kacang hijau yang baik bagi kesehatan

Manfaat kacang hijau bagi kesehatanDi negara kita kacang hijau mungkin sudah tak asing lagi. Ia tersedia dihampir toko, pasar, bahkan supermarket, dengan harga yang cukup murah. Komoditas yang satu ini umumnya dikenal sebagai bahan kolak atau bubur yang rasanya lezat – yaitu bubur kacang hijau. Dalam hal makanan yang lain, anda tentu sudah paham dengan yang namanya kecambah kacang hijau – taburan umum untuk nasi rawon. Dalam hal gizi dan manfaat bagi kesehatan, apa yang bisa diberikan oleh sikacang kecil dan keras ketika masih mentah ini?.

Advertisement

Kacang hijau adalah sumber protein alternatif bagi yang tak mengkonsumsi makan daging, atau yang dikenal dengan diet vegetarian. Selain tinggi protein, kacang ini juga bisa menjadi solusi alami untuk mengatasi masalah tekanan darah – yaitu darah rendah ataupun darah tinggi. Masih ada nutrisi penting lainnya yang ditawarkan oleh kacang hijau, yaitu serat, ditambah dengan vitamin, zat besi dan beberapa mineral lain.

Berikut beberapa alasan kenapa kacang hijau bagus bagi kesehatan kita

Membantu diet menurunkan berat badan

Orang yang sedang diet yang bertujuan mengurangi bobot tubuhnya tentu harus menghitung asupan kalori. Karena asupan kalori yang ditekan, biasanya orang-orang yang melakukan diet jenis ini seringkali tersiksa dengan rasa lapar – yang umumnya seringkali menggagalkan tujuan. Nah karena kacang hijau tinggi mengandung serat(sekitar 15 gram serat/cangkir), maka ia bisa membantu menahan lapar; hal ini serat dalam makanan membuat orang merasa kenyang lebih lama. Dalam hal kesehatan, serat makanan sangat bermanfaat termasuk untuk mencegah sembelit, membantu mengurangi penyerapan kolesterol diusus, dll.

Sumber protein tinggi

Protein ditemukan dalam sumber hewani, yaitu daging, telur, dan susu. Tubuh sangat membutuhkan protein untuk pertumbuhan dan peremajaan sel yang sangat diperlukan bagi keberlangsungan hidup kita. Tak hanya dari sumber hewani, protein juga ditemukan dari sumber nabati, terutama dari kacang-kacangan dan biji-bijian. Kacang hijau adalah salah satu sebagai sumber protein nabati yang baik(14 gr/cangkir), dimana bisa dipertimbangakan sebagai variasi sumber protein bagi tubuh kita. Walaupun vegetarian bisa mendapat protein dari sumber alternatif ini, namun banyak pakar diet sehat yang menyarankan untuk memperoleh protein dari kedua jenis sumber makanan tersebut – hewani dan nabati.

Lihat juga :  Buah dan sayuran yang paling tinggi mengandung Vitamin C

Menjaga tekanan darah

The American Heart Association menyarankan bagi kita untuk mendapatkan asupan 4700 kalium setiap hari. Kalium adalah elektrolit yang bermanfaat untuk menetralkan efek sodium/natrium, sehingga tekanan darah tinggi bisa diturunkan kembali. Namun sebaliknya, bagi orang dengan darah rendah atau hipotensi, kacang hijau justru bisa membantu tekanan darah bergerak naik kearah tekanan yang normal. Pada intinya, kacang hijau bermanfaat membantu menjaga tekanan darah yang normal.

Rebus segenggam kacang hijau dengan air sebanyak 1,5 gelas hingga tinggal 1 gelas atau sebelum kacang hijau pecah. Minum secara rutin sehari sekali untuk membantu menormalkan kembali tekanan darah rendah secara alami.

Sumber zat besi

Zat besi umumnya diperoleh dari mengkonsumsi daging dan hati hewan. Dari sumber nabati, zat besi paling dikenal banyak terdapat dalam bayam. Jika Anda menderita asam urat, bayam sebaiknya dihindari karena bisa memperparah kondisinya. Untuk mencegah anemia akibat kekurangan zat besi, kacang hijau bisa menjadi pilihan yang baik. Biasanya vegetarian adalah orang-orang yang kurang zat besi dalam diet mereka, sehingga memasukkan kacang hijau kedalam daftar menu bisa mencegah resiko anemia pada mereka.

Melindungi kulit

Pada saat Anda terus-menerus terpapar sinar matahari yang panas dan polutan lingkungan, maka radikal bebas akan lebih banyak yang masuk kedalam tubuh Anda dan merusaknya dari dalam. Kacang hijau juga mengandung antioksidan seperti kebanyakan jenis buah dan sayuran, sehingga bisa membantu mengurangi beragam penyakit akibat dampak radikal bebas –  termasuk kanker kulit. Selain mengandung antioksidan, kacang hijau juga tinggi protein. Jadi jangan heran jika sering mengkonsumsinya, maka kulit Anda menjadi lebih sehat, mulus, dan bebas penyakit. Pernah mendengar bahwa “kacang hijau bisa membuat kulit mulus”?. Ya, inilah mungkin yang menjadi salah satu alasannya.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *