Manfaat jeruk nipis bagi kesehatan

manfaat jeruk nipisJeruk nipis adalah masih saudara dekat dari jeruk lemon, yang memiliki rasa asam yang khas. Keduanya juga sama-sama mengandung konten gizi yang tinggi terutama vitamin C dan antioksidan flavonoid, yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah penuaan dini, menurunkan koletserol dalam darah, menyehatkan kulit, dll. Jeruk nipis paling umum digunakan untuk menambah rasa pada masakan, dan tak sedikit pula yang menggunakannya sebagai minuman bersama air hangat. Yang paling banyak bisa menuai manfaat dari jeruk nipis adalah para kaum perempuan. Lho, bagaimana bisa?…. baca terus untuk mengetahui informasinya lebih banyak lagi!

Advertisement

Baca juga : Minum lemon dan air hangat dipagi hari

Berikut 5 khasiat manfaat luarbiasa dari jeruk nipis bagi kesehatan Anda

1. Baik untuk kesehatan wanita

Jenis jeruk yang asam ini mengandung kalsium dan asam folat, yaitu dua nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh wanita usia subur dan wanita pasca menopouse. Satu buah jeruk nipis segar mengandung sekitar 22 miligram kalsium dan lebih dari lima mikrogram folat, walaupun rata-rata ukuran jeruk nipis lebih kecil dari jenis jeruk lainnya.Baca juga : Buah dan sayuran yang mengandung asam folat tinggi

2. Mencegah tanda penuaan

Kulit jeruk nipis bisa mencegah penuaan kulit, karena mengandung zat yang menghambat produksi melanin. Dengan berjalannya usia dan paparan sinar UV, melanin(pigmen yang memberikan kulit) bisa mengumpul dan terlihat sebagai bintik-bintik pada kulit. Mengobati kulit menggunakan masker dengan potongan kulit jeruk nipis di dalamnya bisa mengurangi masalah hiperpigmentasi ini .

3. Anti karsinogenik.

Senyawa limonoid yang terdapat dalam jeruk nipis telah terbukti bisa mencegah kanker colon dan kanker darah. Walaupun mekanisme yang tepat tidak diketahui, namun para ilmuwan telah meneliti bahwa limonoid adalah zat antioksidan, yang bisa mematikan sel kanker. Limonoid aktif lebih lama didalam aliran darah untuk membersihkan radikal bebas daripada teh hijau atau dark cocholate.

Lihat juga :  Resep membuat Jus buah sayuran untuk kulit sehat, mulus, dan awet muda

4. Mencegah pembentukan batu ginjal .

Air jeruk nipis segar mengandung asam sitrat yang kualitasnya lebih bagus daripada jus jeruk atau jeruk biasa. Asam sitrat merupakan inhibitor alami batu ginjal, yang terbentuk dari kalsium yang mengkristal. Untuk memperoleh manfaat yang maksimal, peras jeruk nipis kedalam air hangat untuk diminum.

5. Menurunkan kolesterol.

Jeruk nipis mengandung jenis antioksidan kuat yang disebut dengan flavonoid, merupakan zat paling banyak ditemukan. Flavonoid juga dikenal sebagai hesperidin, yang telah terbukti menurunkan kolesterol dan kadar trigliserida pada hewan yang diberi kolesterol. Maksimalkan asupan hesperidin dari jeruk nipis untuk menurunkan kolesterol dari perasan air jeruk yang masih segar.

Demikian beberapa manfaat jeruk nipis yang paling utama bagi kesehatan Anda. Jadi, jangan buang ketika Anda diberi jeruk nipis untuk makanan Anda, yang biasa diberikan untuk menu hidangan tertentu dirumah makan langganan Anda.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *