Manfaat jeruk Lemon untuk kesehatan dan kecantikan

Manfaat jeruk Lemon untuk kesehatan dan kecantikanLemon adalah buah yang sangat umum dan mudah didapatkan dipasaran. Sebagian besar dari kita cinta menggunakan jeruk lemon untuk jus yang menyegarkan pada saat cuaca terik disiang hari. Hanya sedikit orang yang tahu bahwa buah yang masam ini memiliki sejumlah manfaat gizi,  dan dapat digunakan untuk banyak keperluan lain.

Advertisement

Pohon lemon awalnya diketahui berasal dari Asia, dengan warna buah biasanya kehijauan atau kuning. Jus Lemon sering dimanfaatkan untuk membuat minuman jus sari limun atau minuman lemon lainnya. Selain mengandung 6% asam sitrat yang membuat rasa asam, buah ini juga mengandung vitamin C, kalsium, asam folat, vitamin B5, vitamin b3, vitamin b1 dan b2, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, seng, gula, karbohidrat, serat, lemak dan protein.

Manfaat jeruk Lemon

jeruk Lemon mengandung asam sitrat, sehingga rasanya sangat asam, akan tetapi jika dibuat jus akan sangat membantu untuk membentuk basa dalam tubuh, sehingga banyak digunakan untuk memasak serta berbagai hal lain. Berikut 40 manfaat lemon lengkap, untuk kesehatan, kecantikan, kesehatan rambut, serta untuk keperluan rumah tangga:

Manfaat untuk Kesehatan

  • Lemon merupakan sumber yang sangat kaya vitamin c. vitamin c sangat penting untuk membuat tubuh kebal dari virus penyebab batuk dan pilek . Selain itu juga mengandung flavonoid, dimana yang juga berguna untuk melawan virus dan membuat tubuh tetap fit .
  • Lemon membantu membuat alkali dalam tubuh, dengan mengembalikan keseimbangan pH tubuh .
  • Minum jus lemon dengan air hangat di pagi hari akan membantu pergerakan usus, sehingga menjadi teratur dan mudah. Ini adalah salah satu manfaat tertentu jus lemon, dan pasti bisa berguna saat Anda merasa sulit BAB. Atau bagi yang bermasalah dengan gerak usus, maka akan sangat terbantu dengan minum jus ini.
  • Jus lemon dapat membantu untuk melarutkan asam urat dan racun lainnya, serta membantu untuk mencairkan empedu, sehingga membantu untuk merangsang hati dan mendetoksifikasinya.
  • Dalam pengobatan tradisional, lemon sangat diakui karena bisa membantu masalah lambung, membantu untuk menjaga penglihatan agar tajam.
  • Vitamin C yang ditemukan dalam lemon membantu untuk menetralkan radikal bebas, yaitu penyebab utama penuaan dini dan berbagai penyakit .
  • Lemon telah ditemukan sebagai makanan satu-satunya di dunia yang anionik (ion dengan muatan negatif), jadi sangat penting bagi tubuh.
  • Gangguan mata telah mengalami pemulihan setelah mengkonsumsi lemon secara rutin .
  • Salah satu kegunaan jeruk lemon yang telah ditemukan adalah mengandung 22 senyawa anti kanker,  yang meliputi limonene yang berfungsi memperlambat pertumbuhan tumor kanker, dan glikosida flavonol yang dapat menghentikan pembelahan sel pada sel kanker.
  • Manfaat lemon juga termasuk membantu menghilangkan cacing dalam tubuh, yang menjadi penyebab masalah kesehatan terkait cacingan.
  • Kulit Lemon mengandung tengeretin yang telah terbukti efektif untuk membantu gangguan otak seperti penyakit Parkinson.
  • Lemon dikenal karena sifat antibakterinya, dan dapat menghancurkan virus malaria, kolera, difteria, tipus dan bakteri lainnya.
  • Vitamin P yang terkandung dalam lemon membantu memperkuat pembuluh darah.
  • Penggunaan lemon juga telah diperhatikan dalam pengobatan tekanan darah tinggi.
  • Vitamin C dalam lemon bisa membantu untuk mengobati kudis.
  • Angkatan Laut Inggris membekali kapal perangnya dengan jeruk lemon, yaitu untuk membuat 1 ons jus lemon bagi setiap pelaut setiap hari.
  • Asam sitrat dalam lemon membantu melarutkan batu empedu, batu batu ginjal, serta deposit kalsium.
Lihat juga :  Khasiat Manfaat buah manggis

Manfaat untuk perawatan kulit :

  • Lemon adalah zat yang hebat, dan dapat digunakan sebagai astringent untuk kulit.
  • Jus lemon dapat membantu mengatasi masalah kulit berminyak. Menggunakan jus lemon pada kulit dapat membantu meredam minyak yang berlebihan pada kulit.
  • Jus lemon merupakan antiseptik alami,  dan jika digunakan masker wajah dapat membantu mengangkat minyak dan kotoran serta bakteri yang yang menyebabkan jerawat.
  • Jus lemon sangat efektif untuk mengurangi jerawat. Gunakan cotton bud kecil yang dicelupkan ke dalam perasan lemon untuk membantu mengurangi masalah penampilan ini.
  • Jus lemon juga dikatakan efektif untuk menyembuhkan jerawat dan bekas jerawat. Gunakan air lemon yang baru saja diperas di atas luka bekas jerawat(yang sebelumnya telah dibersihkan) di malam hari untuk mengurangi nya.
  • Jus lemon meringankan tanda bintik bintik secara  efektif. Gunakan lemon pada bintik-bintik sebelum tidur di malam hari. Ikuti metode ini selama dua minggu untuk melihat hasilnya.
  • Jus lemon untuk membuat tanda penuaan menjadi tidak begitu terlihat. Gunakan jus lemon pada bagian tubuh seperti siku, lutut, wajah, tangan untuk mendapatkan kulit yang halus dan menyamarkan tanda penuaan.
  • Jus lemon bagus untuk kuku,  karena vitamin c didalamnya dapat membuat kuku sehat dan kuat. Untuk membantu menjaga kuku agar sehat, celupkan kuku kedalam semangkuk jus lemon selama sekitar 10 menit. Kemudian dilanjutkan dengan merendam kuku kedalam campuran air hangat dan cuka putih. Bilas dengan air, dan lihat perbedaan pada kuku Anda.
  • Lemon bagus untuk kondisi rambut kering dan rusak. Jus lemon yang dicampur dengan 3/4 cangkir minyak zaitun dan ½ cangkir madu murni akan membantu menjaga rambut bebas rusak. Oleskan campuran tersebut pada rambut dan tutup dengan bungkus plastik selama setengah jam. Setelah 30 menit bilas dan gunakan sampo ringan untuk membersihkan rambut Anda.

Aneka penggunaan untuk rumah tangga :

  • Kulit Lemon sangat bagus untuk membersihkan oven mikrowave. Kadang-kadang ledakan makanan membuat berantakan, dan sisa makanan akan menempel kuat ke permukaan bagian dalam oven. Gunakan kulit lemon untuk membersihkan ini. Caranya rendam beberapa kulit ke dalam mangkuk yang di tambahkan air, dan masukkan kedalam oven. Kemudian aktifkan microwave selama 5/6 menit pada suhu tinggi, dan air yang mendidih akan menimbulkan uap yang mengisi microwave. Uap terkondensasi akan membantu melunakkan sisa makanan yang menempel. Kemudian ambil mangkuk dengan hati-hati, lalu bersihkan bagian dalam menggunakan handuk.
  • Kadang-kadang di atas kompor, meja masak, bahkan meja makan kita penuh dengan sisa minyak yang sangat sulit untuk dihilangkan. jangan resah, masalah ini dapat diatasi dengan menggunakan lemon. Ambil buah dan dipotong menjadi dua bagian, dan satu bagian ditaburi garam untuk menggosok pada tempat yang berminyak. Kemudian lanjutkan menggosoknya dengan handuk bersih.
  • Papan memotong makanan didapur(talenan) sering diabaikan, sehingga banyak bakteri hidup di atasnya. Gunakan lemon yang lembut menyegarkan untuk membersihkan talenan. Ambil lemon, potong menjadi dua bagian, dan gosokkan atas papan talenan dan bilas dengan air.

Untuk perawatan kecantikan

  • Campur 2 sendok makan jus lemon, 2 sendok makan jus tomat, dan 2 sendok makan susu kedalam mangkuk dan menerapkannya pada wajah dan tubuh. Campuran ini bermanfaat sebagai pemutih alami.
  • Jus lemon dapat membantu mengurangi keriput. Untuk membuat masker anti kerut, gunakan satu sendok makan madu, beberapa tetes jus lemon dan minyak almond, dan campur bahan-bahan ini menjadi pasta. Kemudian gunakan ini pada wajah selama 15-20 menit sebelum kemudian dibilas.
  • Lemon juga membantu untuk meringankan bibir pecah-pecah. Campur satu sendok teh fresh cream, satu sendok teh jus lemon, dan satu sendok teh madu, aduk menjadi pasta. Gunakan ini pada bibir dengan cara menggosokkannya selama seminggu untuk melihat hasilnya.
  • Lemon bisa digunakan untuk membuat tangan dan kulit tubuh lmenjadi ebih muda dan cantik. Untuk membuat aplikasi ini, Anda  memerlukan jeruk limau (segar), satu sendok teh gliserin, dan secangkir susu. Campurkan susu dan jus lemon kedalam mangkuk kecil, tambahkan gliserin dan campur. Oleskan campuran ini pada tubuh dan wajah, lalu biarkan selama 25-30 menit dan kemudian bilas. Waktu terbaik untuk menggunakan campuran ini adalah sebelum  tidur. Untuk mendapatkan hasil terbaik, gunakan ini setiap malam selama seminggu. Ini akan bermanfaat besar pada jerawat, bekas luka dan mengurangi kulit kering serta bekas terbakar matahari.
  • Jika Anda memiliki bintik-bintik, maka lemon akan membantu Anda untuk meringankannya. Untuk keperluan ini, siapkan 1 butir putih telur, 1 sendok teh lemon, juga rendam beberapa almond semalam kedalam susu, kupas di pagi dan haluskan. Ambil semua bahanuntuk membuat campuran. Ratakan campuran ini pada wajah, dan biarkan mengering selama 20 menit. Kemudian bilas wajah dengan air.
  • Lemon juga dapat membantu memutihkan gigi, serta untuk mengusir bau muluti. Ambil jeruk lemon dan potong menjadi dua bagian, tambahkan garam dan baking soda pada satu bagian dan gosokkan pada gigi. Ini akan membuat gigi Anda menjadi lebih putih,  serta membebaskan Anda dari masalah bau mulut.
  • Menghentikan rambut rontok menggunakan lemon. Ambil 3-4 sendok makan minyak kelapa, dan tambahkan air lemon dari setengah bagian. Oleskan campuran ini pada rambut selama seminggu sekali. Ikuti resep ini selama 2-3 minggu untuk melihat hasilnya.
  • Apakah Anda tahu bahwa jus lemon dapat digunakan untuk menunda rambut beruban?. Campur beberapa tetes jus lemon dengan jus amla, dan menerapkan ini pada rambut setiap malam sebelum tidur. Ikuti cara  ini selama satu bulan secara terus-menerus. Hal ini tidak hanya akan menghambat rambut beruban, juga menghentikan rambut rontok.
  • Ingin kulit wajah halus?, lemon adalah bahan yang hebat untuk wajah. Ambil pisang yang matang, beberapa tetes jus lemon (segar). Campur kedua bahan ini kedalam mangkuk untuk membuat pasta. Terapkan ini pada wajah dan biarkan sampai mengering, lalu cuci dengan air untuk mendapatkan yang kulit halus .
  • Gunakan satu sendok teh minyak sayur, dan tambahkan 1/4 bagian atau satu sendok teh jus lemon. Terapkan ini pada semua daerah kering pada tubuh seperti tangan, siku, tumit dan bagian tubuh lainnya. Diamkan selama 10-15 menit dan kemudian bilas dengan air.
  • untuk mendapatkan keindahan dari kulit kering, Anda dapat mencoba face pack ini . Persiapkan jus lemon, madu, dan kol (rebus). Ambil 3 sendok teh jus lemon dan 3 sendok teh madu, masukkan kedalam mangkuk dan aduk dengan baik. Sekarang ambil ½ sendok teh kol setelah direbus dan dilembutkan. Campur semua bahan ini untuk membuat pasta, dan menerapkannya pada wajah serta leher. Biarkan selama 10 menit dan bersihkan .
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *