Manfaat Jamur Bagi Kesehatan

manfaat jamur bagi kesehatanJamur sangat populer akan kelezatannya, sehingga semakin banyak peminat masakan yang terdiri dari jamur hingga hari ini. Selain itu jamur juga banyak digemari karena diketahui memiliki nilai gizi yang tinggi, seperti protein, vitamin, mineral, asam amino, antibiotik dan antioksidan.  Beberapa manfaat bagi kesehatan diantaranya mengatasi kolesterol tinggi, mencegah kanker pay*dara, kanker prostat, dan diabetes. Jamur juga bisa membantu menurunkan berat badan, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Advertisement

Jamur yang bisa dimakan memiliki banyak nama ilmiah, namun diberikan nama dalam satu keluarga ” Agaricus “, dan kemudian ada banyak nama sekunder dari jenis yang berbeda. Jamur pada dasarnya saprophytes, atau organisme ( tanaman tanpa klorofil ), yang berkembang dengan mengekstraksi nutrisi dari tanaman membusuk atau hewan mati. Jamur juga sangat bervariasi dalam warna, tekstur, bentuk dan sifat . Ada sekitar 140.000 spesies jamur di dunia, yang sudah dikenal oleh ilmu pengetahuan hanya sekitar 10 % , sementara hanya 100 spesies atau lebih yang masih sedang diteliti untuk diketahui manfaatnya bagi kesehatan dan aplikasi obat.

Berikut beberapa manfaat jamur bagi Kesehatan

Tingkat Kolesterol rendah :

Jamur mengandung protein namun tanpa lemak dan kolesterol, serta karbohidrat yang sangat rendah. Serat dan enzim tertentu dalam jamur juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, kadar protein dalam jamur membantu membakar kolesterol ketika dicerna. Bermanfaat juga menyeimbangkan kadar kolesterol LDL (kolesterol “jahat “) dan HDL (kolesterol “baik”), yang  sangat penting untuk mencegah penyakit kardiovaskuler seperti arterosclirosis, serangan jantung, dan stroke .

Mencegah Anemia :

Anemia adalah kondisi tubuh yang ditandai dengan tingkat zat besi dalam darah yang rendah, sehingga menimbulkan kelelahan, sakit kepala, penurunan fungsi saraf, dan masalah pencernaan. Jamur merupakan sumber zat besi yang baik, dan lebih dari 90 % dapat diserap oleh tubuh. Hal ini akan mempromosikan pembentukan sel darah merah dan menjaga kita tetap sehat dan fit.

Kanker Pay*dara & Kanker prostat :

Jamur diketahui sangat efektif mencegah kanker pay*dara dan kanker prostat, karena mengandung banyak polisakarida, seperti Beta glukan dan Asam linoleat terkonjugasi – yang keduanya memiliki efek anti karsinogenik. Keduanya sangat bermanfaat untuk menekan efek kelebihan estrogen yang membahayakan. Peningkatan estrogen merupakan salah satu penyebab utama kanker pay*dara pada wanita setelah menopause. Selain itu Beta glukan bersifat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker prostat, dan masih banyak penelitian yang telah menunjukkan sifat antitumor dari jamur bila digunakan dalam pengobatan..

Lihat juga :  Manfaat kaldu dan sumsum tulang bagi kesehatan

Baik untuk penderita Diabetes :

Jamur adalah diet rendah kalori yang baik bagi penderita diabetes. Jamur tidak mengandung lemak, kolesterol, sangat rendah karbohidrat, kadar protein tinggi, tinggi serat, dan kaya akan vitamin dan mineral. Selain itu,jamur juga mengandung insulin alami dan enzim yang membantu merobohkan gula atau pati dalam makanan. Hal ini juga diketahui mengandung senyawa tertentu yang membantu fungsi hati, pankreas dan kelenjar endokrin lainnya, sehingga meningkatkan pembentukan insulin dan regulasi yang tepat ke seluruh tubuh. Penderita diabetes juga sering menderita infeksi, terutama di kaki yang cenderung lama sembuhnya. Antibiotik alami dalam jamur dapat membantu melindungi penderita diabetes dari kondisi yang menyakitkan dan berpotensi membahayakan jiwa ini.

Kesehatan Tulang :

Jamur kaya kalsium, yaitu nutrisi penting yang membantu pembentukan dan kekuatan tulang. Kalsium yang cukup dari diet dapat mengurangi pengembangan kondisi seperti osteoporosis, dan juga dapat mengurangi nyeri sendi akibat kurang gerak.

Membantu Penyerapan nutrisi :

Vitamin D adalah vitamin yang relatif jarang ditemukan dalam sayuran atau buah, dan pada kenyataannya memang tidak terlalu umum dalam bentuk dimakan. Namun, jamur mengandung vitamin D, yang berguna untuk memfasilitasi penyerapan dan metabolisme kalsium dan fosfor. Jamur mengandung dua nutrisi ini, sehingga efek dari penggabungan ini akan memberikan manfaat yang kuat bagi kesehatan.

Memperkuat Sistem kekebalan tubuh :

Ergothioneine adalah antioksidan kuat dalam jamur, yang dikatehaui sangat efektif mencegah dampak radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Senyawa ini sebenarnya merupakan asam amino yang mengandung sulfur, dimana yang kebanyakan orang tidak banyak mendapatkannya. Radikal bebas adalah senyawa berbahaya yang dilepaskan selama proses metabolisme sel, dan bisa menyebabkan kerusakan tubuh dan menyebabkan penyakit, sehingga zat antioksidan seperti ergothioneine merupakan elemen penting bagi kesehatan secara keseluruhan.

Jamur mengandung antibiotik alami, yang bermanfaat menghambat pertumbuhan mikroba dan infeksi jamur lainnya. Polisakarida yang sama seperti beta glukan, dapat merangsang dan mengatur sistem kekebalan tubuh. Hal ini Juga dapat membantu menyembuhkan bisul dan luka, dan melindunginya dari infeksi. Kombinasi yang baik vitamin A , B kompleks  dan C yang ditemukan dalam jamur juga memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Lihat juga :  19 Manfaat Kecambah bagi Kesehatan

Menjaga Tekanan Darah :

Studi berbagai jenis jamur, termasuk shitake dan jamur maitake, menunjukkan kandungan kalium yang tinggi. Kalium bertindak sebagai vasodilator, menenangkan ketegangan pada pembuluh darah sehingga akan menurunkan tekanan darah. Kalium juga bermanfaat meningkatkan fungsi kognitif, dengan jalan meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak dan merangsang aktivitas saraf. Penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kadar kalium akan meningkatkan memori dan konsentrasi. Baca juga: Manfaat Kalium bagi kesehatan Tubuh Kita

Mengandung Selenium :

Sumber utama selenium adalah dari protein hewani, namun jamur adalah sumber tinggi selenium dari jenis tanaman. Selenium yang ditemukan dalam jamur bermanfaat bagi kesehatan tulang dengan cara meningkatkan kekuatan dan daya tahan tulang. Hal ini juga memperkuat gigi, rambut, dan kuku. Selain itu, selenium merupakan antioksidan kuat, yang mencegah radikal bebas dan umumnya memperkuat sistem kekebalan tubuh. Bioavailabilitas selenium jamur berbeda pada hewan, namun sebagian besar jamur yang biasa dikonsumsi manusia tinggi mengandung nutrisi ini.

Membantu menjaga Berat Badan :

Apakah Anda percaya jika diet protein sangat ideal untuk menghilangkan lemak dan membangun massa otot?.  Nah , percaya atau tidak, hal itu adalah benar. Sebagian besar lemak yang dibakar tubuh untuk mencerna protein dari makanan kita, terlebih jika protein disertai rendah karbohidrat, lemak/kolesterol, dan serat. Kombinasi yang tepat ini yang ditawarkan jamur untuk membantu dalam menurunkan berat badan. Tingginya kandungan nutrisi dalam jamur lebih tinggi dari sebagian besar buah dan sayuran, dan beberapa peneliti mengatakan bahwa jamur adalah salah satu makanan langka yang bisa dimakan sesering mungkin dan tanpa efek samping .

Perhatian :

Sebagian besar jenis jamur tidak bisa dimakan, bahkan beracun dan bisa berbahaya. Jangan mengambil jamur yang tubuh liar, tanpa mengetahui tentang jamur dan jenis-jenisnya. Banyak juga jamur dari alam liar  yang mengandung logam berat karena polusi udara dan air. Jamur beracun jika termakan dapat mengancam kesehatan, seperti mengakibatkan koma, gejala keracunan parah, mual, muntah, kejang, kram, dan halusinasi/kehilangan ingatan.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *