Manfaat jagung manis rebus untuk Ibu hamil

Jagung manis rebus adalah menu makanan sederhana yang banyak digemari. Disajikan ketika masih hangat, jagung manis yang direbus memang bikin ketagihan. Selain dari citarasa dan teksturnya yang menyenangkan, adakah manfaat bagi kesehatan yang berada dibalik jagung manis rebus terutama bagi ibu hamil?. Baca terus artikel ini untuk mendapat jawabannya !

Advertisement

Kandungan nutrisi jagung manis

Jagung manis adalah makanan yang termasuk kedalam jenis biji-bijian, dimana merupakan jenis makanan yang sudah sangat terkenal akan gizi dan manfaatnya bagi kesehatan. Berikut nutrisi yang ditemukan dalam jagung manis :

  • Kalori, Lemak dan Karbohidrat :  Jagung manis rendah kalori dan rendah lemak. Satu tangkai besar mengandung 120 kalori dan hanya 1,90 gram lemak. Sesuai dengan namanya, makanan ini mengandung gula, yaitu 8,90 gram gula, sementara kandungan karbohidrat totalnya adalah 26,70 gram.
  • Serat dan Protein :  Jagung manis merupakan jenis biji-bijian yang sangat tinggi protein, yaitu  hampir 5 gram per tangkai besar. Makanan ini juga merupakan sumber serat yang baik, dimana yang sangat penting untuk kesehatan terutama pencernaan usus – yaitu 3 gram serat pertangkai berukuran besar.
  • Vitamin dan Mineral :  Jagung manis rebus memang tidak terlalu padat nutrisi, akan tetapi jika Anda makan satu tangkai yang besar, anda kana mendapatkan 386 miligram kalium dan 60 mikrogram folat, yang merupakan bagian dari vitamin B kompleks yang sangat penting bagi kesehatan reproduksi wanita.

Manfaat kesehatan jagung manis rebus untuk wanita hamil

Makanan yang direbus pada umumnya lebih bagus bagi kesehatan karena kita bisa menghilangkan penggunaan minyak goreng dan garam, serta bisa mempertahankan lebih banyak nutrisi. Ditambah lagi dengan terdapatnya kandungan nutrisi tertentu, jagung manis rebus tentu lebih baik bagi wanita hamil. Berikut ini beberapa manfaatnya secara rinci :

Mengandung Folat

Jagung adalah salah satu sumber asam folat dan vitamin B12 terbaik. Gabungan kedua vitamin ini membantu mencegah cacat tabung saraf seperti kondisi spina bifida, yaitu suatu kondisi yang mempengaruhi sistem saraf dan tulang belakang bayi. Dianjurkan bagi ibu hamil maupun wanita yang mencoba hamil(karena meningkatkan kesuburan) untuk mengkonsumsi jagung rebus. Hal ini juga akan membantu pencegahan hidrosefalus pada bayi. Dikatakan bahwa mengkonsumsi gabungan antara vitamin B12 dan asam folat lebih efektif dan merupakan pilihan terbaik.

Lihat juga :  Pentingnya Manfaat asam Folat bagi Kehamilan

Baca juga : Manfaat folat bagi ibu hamil

Mengandung serat

Asupan serat yang tinggi merupakan solusi terbaik untuk mengatasi dan mencegah sembelit yang umum terjadi pada wanita hamil. Terutama untuk mencegah wasir pada ibu hamil, karena kondisi ini bisa sangat menyakitkan dan membuat sangat tidak nyaman. Gabungkan jagung manis dengan porsi yang lebih kecil untuk meringankan sembelit pada wanita hamil

Mengandung agen Antikanker

Jagung dikenal mengandung agen antikanker, juga merupakan makanan terbaik bagi ibu hamil terutama yang dengan hipertensi atau diabetes.

Betakaroten

Jagung manis yang berwarna kuning mengandung beta karoten dalam jumlah yang cukup baik. Beta karoten adalah senyawa yang akan diolah tubuh menjadi vitamin A, dan bermanfaat bagi kesehatan penglihatan ibu dan bayi. Baca juga : Manfaat betakaroten

Manfaat mineral

Mineral yang terdapat dalam jagung manis adalah fosfor, yang baik bagi pengembangan kepadatan tulang dan mencegah masalah ginjal pada ibu dan janin. Magnesium dalam jagung manis berperan untuk memastikan detak jantung yang normal. Ibu hamil akan membutuhkan lebih banyak magnesium pada trimester pertama dan kedua kehamilan, karena masa ini adalah saat dimana jantung bayi berkembang. Yang terakhir adalah tembaga, zat besi dan kalium, yang sangat penting bagi ibu hamil untuk pencegahan anemia, pencegahan darah tinggi, dan untuk meningkatkan jumlah darah.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *