Manfaat Ikan Salmon bagi Kesehatan

Manfaat ikan salmonSalmon adalah nama umum yang digunakan untuk menyebut beberapa jenis ikan dari keluarga Salmonidae. Ikan salmon pada awalnya menetas di air tawar, dan setelah mulai dewasa akan pergi  bermigrasi ke laut. Setelah ikan salmon dewasa dan siap bertelur, maka ia akan kembali lagi ke hulu air tawar untuk meletakkan telurnya. Sudah semenjak dulu ikan salmon dikenal sebagai makanan yang lezat dan bergizi, yang biasa dikonsumsi segar maupun sudah dalam bentuk yang diawetkan, seperti salmon asap atau salmon asin. Saat ini sebagian besar ikan salmon berasal dari daerah Alaska, Kanada,  Pacific utara, Greenland dan Norwegia, yang pemasarannya sudah menyebar diseluruh dunia. Lalu apa yang membuat ikan ini menjadi sangat populer dikenal masyarakat?, benarkah salmon banyak bermanfaat  bagi kesehatan?. Baca terus untuk mengetahui jawabannya!

Advertisement

Berikut Manfaat Makan Salmon bagi Kesehatan

Menguatkan sendi dan tulang

Mengonsumsi ikan salmon bisa bermanfaat untuk pengobatan osteoarthritis dan masalah peradangan sendi lainnya. Salmon mengandung protein yang disebut dengan peptida bioaktif, yang secara khusus disebut dengan kalsitonin, yang telah terbukti meningkatkan, mengatur dan menstabilkan sintesis kolagen dalam tulang rawan osteoarthritic pada manusia. Protein yang ditemukan dalam salmon ini juga meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang.

Manfaat bagi otak

Makan ikan salmon bisa membuat Anda lebih cerdas dan bahagia. Otak kita terdiri dari 60 persen lemak, yang sebagian besar adalah asam lemak omega 3 DHA. Tiga puluh persen dari materi abu-abu dalam otak adalah DHA, yang menunjukkan betapa pentingnya fungsi otak dan sistem saraf yang sehat. Mengonsumsi ikan salmon secara teratur telah terbukti mengurangi risiko depresi pada orang dewasa muda, dan mengurangi penurunan kognitif pada orang tua.

Lihat juga :  Apakah Sate adalah makanan yang sehat?

Menjaga kesehatan jantung

Makan salmon akan meningkatkan kesehatan jantung Anda. Sebagaimana yang telah ditulis diatas, bahwa salmon mengandung asam lemak omega 3, EPA dan DHA yang tinggi. Lemak ini juga sangat berperan untuk kardiovaskular, seperti mengurangi peradangan, menjaga pembekuan darah yang berlebihan, dan melebarkan pembuluh arteri. Jika kita makan salmon 2 sampai 3 kali dalam seminggu, maka salmon bisa melindungi kita dari masalah seperti serangan jantung, stroke, aritmia, tekanan darah tinggi, dan kadar trigliserida tinggi. Asam lemak omega 3 juga bermanfaat melindungi tubuh dari kanker usus, kanker prostat, kanker payud*ra, kanker kulit, dan kanker ginjal.

Melindungi mata

Mengonsumsi salmon dua kali dalam seminggu telah terbukti secara signifikan mengurangi risiko degenerasi makula(sebuah kondisi mata kronis penyebab hilangnya penglihatan). Untuk mengobati dan mencegah penyakit yang juga disebut dengan sindrom mata kering ini, Anda bisa makan 2 atau 4 porsi dalam satu minggu.

Membantu perkembangan otak pada anak-anak.

Makan salmon saat hamil dan menyusui bisa meningkatkan kemampuan belajar dan prestasi akademik pada anak-anak. Salmon mengandung tinggi DHA (Decosahexaenoic Acid) yang merupakan asam lemak struktural utama dalam sistem saraf pusat dan retina kita. memberikan salmon untuk anak-anak sebelum sekolah juga membantu pencegahan ADHD, dan bahkan bisa meningkatkan kinerja akademik nantinya.

Mencegah berbagai penyakit

Salmon adalah salah sumber vitamin D yang sangat baik, yang sangat penting untuk menjaga kesehatan agar optimal. Kekurangan vitamin ini dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker, penyakit jantung, multiple sclerosis, rheumatoid arthritis atau rematik, dan diabetes tipe 1.

Membantu mengurangi gejala insomnia

Salmon bisa membantu meningkatkan tidur Kita, karena merupakan sumber triptofan(obat penenang alami) yang sangat baik. Studi telah menunjukkan bahwa triptofan meningkatkan rasa ngantuk pada subyek dengan insomnia ringan, dan membantu mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk bisa tertidur.

Lihat juga :  Makanan sumber protein nabati terbanyak

Perhatian :

  • Salmon mengandung purin, sehingga bisa menyebabkan masalah pada orang yang sensitif dengan purin. Orang dengan gout atau asam urat, serta masalah ginjal harus menghindari mengkonsumsi salmon.
  • Salmon juga bisa menyebabkan gejala alergi pada orang tertentu. Gejala alergi ini bisa berupa ruam kulit, gatal-gatal, dan pembengkakan pada lidah, bibir, tenggorokan, dll
Advertisement

One thought on “Manfaat Ikan Salmon bagi Kesehatan

  1. Terimakasih atas informasi yang sangat menarik dan bermanfaat. Ternyata Ikan Salmon banyak sekali manfaatnya yaa.. Tapi mahalnya harga ikan Salmon itu mengakibatkan hanya dijual di Supermarket besar dan untuk segmen pasar menengah atas. Padahal Ikan Bandeng ditengarai memiliki kandungan gizi yang jauh lebih baik dibandingkan ikan Salmon yang mendunia itu. Hanya sekedar tambahan informasi Kandungan Omega-3 ikan Bandeng ternyata enam kali lebih tinggi dibandingkan ikan Salmon. Dan, kandungan lemak ‘sehat’ dalam perut ikan bandeng juga cukup tinggi sehingga bisa menjadi pilihan terbaik ikan konsumsi. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *