Manfaat Daun Salam(Bay Leaf) untuk Kesehatan

Manfaat daun salam - bay leaf bagi kesehatanDaun salam(Bay Leaf) yang umum dipakai sebagai bumbu untuk memasak ini ternyata ber manfaat banyak untuk kesehatan. Daun ini memiliki rasa pedas dan agak pahit , dan aromanya agak mirip dengan kulit kayu manis tapi sedikit lebih ringan. Daun salam biasanya digunakan ketika masih segar, atau sudah dikering, dan dalam bentuk bubuk. Minyak yang diekstrak dari daun salam disebut minyak atsiri daun salam yang diyakini memiliki sifat obat dan telah digunakan untuk mengobati berbagai penyakit.

Advertisement

Karena rasa pahitnya, daun salam tidak bisa dimakan langsung namun sering digunakan untuk menambah rasa untuk berbagai macam hidangan, baik untuk vegetarian dan non vegetarian. Daun salam juga diketahui mengandung Myrcene, salah satu unsur dari minyak atsiri yang diekstrak dari daun salam dan digunakan untuk wewangian. Dibeberapa wilayah, daun salam juga digunakan sebagai pengusir lalat, ngengat, tikus dll. Terlepas dari penggunaan untuk kuliner, daun salam ternyata memiliki sifat obat sebagai anti-bakteri, anti-jamur, anti-inflamasi, diuretik dan banyak memiliki kandungan berkhasiat lainnya.

Jenis-jenis daun salam :

Kalau di Indonesia ada Daun salam, maka diluar negeri ada Bay Leaf. Meskipun dalam satu varietas, diantaranya memeiliki beberapa  perbedaan yang meliputi tekstur, rasa, dan kegunaan umum.  Diantara varietas-varietas dari tanaman ini adalah : California Bay Leaf(memiliki rasa lebih kuat), India Bay Leaf(rasa dan aroma mirip kayu manis), Bay Laurel(untuk menambah rasa sup), Indonesia Bay leaf/daun salam(sering digunakan untuk memasak daging), dan West Indian Bay Leaf(banyak digunakan untuk membuat cologne).

Kandungan daun salam :

Daun salam mengandung senyawa kimiawi, vitamin dan mineral sehingga menjanjikan berbagai manfaat bagi kesehatan. Ramuan dari daun tanaman ini umum digunakan oleh orang Yunani dan Romawi karena dipercaya melambangkan kebijaksanaan, kedamaian, dan perlindungan. Daun salam mengandung Vitamin C, Asam Folat, Vitamin B kompleks selain folat seperti riboflavin, niacin, pyridoxine, dan asam pantotenat. Mineral dalam daun salam yaitu tembaga, kalium, kalsium, magnesium, mangan, seng, zat besi dan selenium. Zat atau senyawa aktif berkhasiat tinggi bagi kesehatan dalam daun salam terdapat dalam Minyak atsirinya seperti  pinene, myrcene, limonene, linalool, metil chavicol, neral, terpineol, gernyl asetat p-cymene, dan euganol. Senyawa Chavicol memiliki sifat antiseptik, antioksidan dan bahkan sifat anti kanker.  Sedangkan 50% minyak atsiri daun salam mengandung cineol.

Manfaat Daun Salam (Bay Leaf) untuk Kesehatan dan kulit :

1. Membantu pengobatan Diabetes:

Daun salam ditemukan efektif mengobati diabetes tipe 2 karena bisa menurunkan kadar glukosa, kolesterol dan trigliserida dalam tubuh. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, daun ini dapat dibuat bubuk dan dikonsumsi selama 30 hari. Hal ini akan menyebabkan penurunan kadar gula serta mengatur fungsi jantung. Ini karena daun salam mengandung antioksidan yang memungkinkan tubuh untuk memproses insulin lebih efisien, sehingga membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk penderita diabetes dan orang dengan resistensi insulin.

Lihat juga :  Labu membantu meningkatkan produksi Insulin secara alami

2.Manfaat untuk Pencernaan:

Daun salam baik untuk pencernaan dan dapat mengobati gangguan pencernaan seperti perut terasa mulas dan kembung. Minum  teh daun salam dengan air panas dapat meringankan gangguan pencernaan yang umum seperti sembelit, asam lambung dan BAB tidak teratur. Daun salam juga mengandung enzim yang memungkinkan pemecahan protein, sehingga membuatnya sangat baik untuk diet non vegetarian. Dalam kasus untuk meredakan gangguan pencernaan dan kembung, Anda dapat mengambil 5 gram daun salam dan menambahkan sepotong jahe dan didihkan dengan 200 mili air hingga tersisa 1/4 bagian. Bisa juga ditambahkan beberapa sendok madu dan di minum dua kali sehari. Ini juga dapat menambah nafsu makan terutama jika Anda baru saja sembuh dari sakit.

3. Manfaat bagi kesehatan Kardiovaskular :

Fitonutrien yang kuat dalam daun salam bisa memberikan perlindungan kita dari penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke. Hal ini karena daun salam mengandung senyawa  seperti rutin, salisilat, asam caffeic dan fitonutrien yang meningkatkan kesehatan jantung dan meningkatkan fungsi jantung. Dalam kasus penyakit jantung, rebus 3 gram daun salam dan 3 – 4 gram bunga mawar liar dengan 300 mili air sampai tersisa 75 mili. Saring lalu  minum.

4. Mengobati demam biasa dan Infeksi:

Daun salam efektif meredakan  gejala pilek, flu dan infeksi. Untuk masalah pernapasan, rebus air dan tambahkan 2 sampai 3 lembar daun salam selama 10 menit atau sampai mengeluarkan uap. Rendam kain kedalam air ini dan letakkan di dada untuk meringankan flu, demam dan batuk.

5. Dapat Meredakan rasa Sakit atau nyeri :

Minyak atsiri yang diekstrak dari daun salam memiliki sifat anti inflamasi yang dapat mengurangi rasa sakit akibat keseleo,  arthritis, rematik serta nyeri biasa. Memijat pelipis dengan minyak daun salam bisa membantu untuk meringankan migrain dan sakit kepala. Hal ini juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mempromosikan perasaan bahagia. Dalam kasus nyeri sendi, Anda dapat membuat tapal dari daun salam  dan daun jarak, lalu  mengikatnya di sekitar sendi yang meradang untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Untuk kasus sakit kepala, Anda bisa merebus daun salam selama beberapa menit. Saring dan minum ramuan ini ketika masih hangat. Anda dapat membalurkan pasta dari daun salam di dahi untuk meringankan sakit kepala parah.

Lihat juga :  Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan

6. Daun salam Memiliki Sifat Anti kanker :

Daun salam mengandung asam caffeic, quercetin, euganol dan catechin yang semuanya  memiliki agen yang melawan  berbagai jenis kanker. Hal ini juga mengandung fitonutrien yang disebut parthenolide yang telah terbukti secara khusus menahan proliferasi sel kanker serviks.

7. Memberikan manfaat selama masa perikonsepsi :

Daun salam kaya asam folat, sehingga sangat bermanfaat selama masa perikonsepsi (3 bulan sebelum dan sesudah kehamilan) .Dengan asupan asam folat yang cukup dapat  mencegah cacat lahir pada anak dalam kandungan. Tak hanya itu, daun salam juga memiliki sifat merangsang kehamilan.

8. Membantu mengatasi Masalah Menstruasi:

Daun salam, bila diminum bisa membuat menstruasi menjadi teratur dan normal. Selain itu juga memiliki sifat menyembuhkan keputihan.

9. Membantu tidur:

Mengkonsumsi daun salam pada waktu tidur dapat membantu memudahkan mendapatkan tidur yang baik. Untuk kasus ini, campurkan beberapa tetes ekstrak daun salam dengan segelas air dan diminum.

10. Membersihkan gigi :

Untuk memperoleh gigi yang putih berkilau, sikat dengan bubuk daun salam sekali dalam 3 hari.

11. Pengobatan Masalah Ginjal :

Daun salam dapat membantu mengobati infeksi ginjal dan batu ginjal. Untuk mengatasi ini, didihkan 5 gram daun salam kedalam 200 ml air sampai tinggal 50 ml . Saring dan minum ramuan dua kali dalam sehari. Hal ini akan menghentikan pembentukan batu ginjal.

12. Mengatasi masalah kulit

Karena kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan, daun salam menjanjikan berbagai manfaat untuk kulit dan telah digunakan dalam pengobatan herbal untuk  ini. Daun salam membantu menghilangkan stres kulit, sehingga mencegah terjadinya keriput dan penyakit  kulit. Untuk tujuan ini didihkan 5 lembar daun salam kering dengan 2 gelas air dengan wadah tertutup. Kemudian lepaskan tutupnya dan biarkan mendidih selama sekitar 2 menit. Kemudian tuangkan ramuan ke dalam mangkuk besar dan tutupi kepala Anda dengan handuk dan hirup uapnya.

13. Bermanfaat Untuk rambut

Nilai gizi daun salam membuat mereka bermanfaat bagi kesehatan rambut. Ini memiliki manfaat sebagai berikut untuk rambut Anda.

  •  Pengobatan Ketombe dan Rambut Rontok – Bilasan air yang  terbuat dari daun salam dapat mengobati ketombe. Teh daun salam dianggap obat untuk rambut rontok. Sementara minyak daun salam adalah tonik rambut yang efektif untuk mengatasi masalah ketombe dan rambut rontok.
  • Pengobatan Kutu rambut – Untuk menyingkirkan kutu rambut, rebus sekitar 50 gram daun salam yang dihancurkan dengan 400 ml air sampai tinggal 100 ml. Saring airnya dan terapkan pada akar rambut. Diamkan selama 3 sampai 4 jam dan bersihkan. Cara iIni akan menghilangkan kutu kepala secara efektif.
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *