Manfaat Luarbiasa Dark Chocolate bagi kesehatan

manfaat dark chocolate untuk kesehatanBukan hanya sebagai makanan yang lezat dan banyak digemari, cokelat ternyata banyak menyimpan sejumlah manfaat bagi kesehatan. Namun disini kita membicarakan dark chocolate, atau cokelat yang terbuat dari 60% dari biji tanaman kakao. Disebut dengan dark chocolate karena warnanya lebih cokelat tua atau gelap, serta rasanya yang sedikit ada rasa pahit cokelat yang khas. Namun ada satu hal yang perlu diingat bahwa cokelat juga tinggi lemak dan kalori, sehingga Anda tak perlu harus makan banyak-banyak untuk memperoleh khasiatnya – terutama bagi Anda yang sedang mencoba untuk menurunkan berat badan.

Advertisement

Berikut sejumlah manfaat penting dari makan dark chocolate bagi kesehatan :

Bagus untuk kesehatan Jantung

Studi telah menunjukkan bahwa makan sejumlah kecil cokelat hitam, yaitu hanya dua atau tiga kali setiap minggu bisa membantu menurunkan tekanan darah. Dark chocolate berkhasiat meningkatkan aliran darah, dan membantu mencegah pembentukan gumpalan darah. Makan coklat hitam juga bisa mencegah arteriosclerosis (pengerasan pembuluh darah).

Meningkatkan fungsi kognitif Otak

Makan Dark chocolate akan meningkatkan aliran darah ke otak serta jantung, sehingga dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif. Cokelat yang berwarna gelap ini juga membantu mengurangi risiko stroke.

Dark chocolate mengandung beberapa senyawa kimia yang menghasilkan efek positif pada mood  dan kesehatan kognitif. Phenylethylamine (PEA) adalah salah satu senyawa kimia dari cokelat yang sama dengan yang ada diotak akan menciptakan rasa kasih sayang. Senyawa ini mendorong otak untuk melepaskan endorfin, sehingga makan produk coklat jenis ini akan membuat Anda merasa lebih bahagia. Dark chocolate juga mengandung kafein, namun kadarnya lebih sedikit daripada kopi.

Membantu mengontrol Gula Darah

Dark chocolate membantu menjaga pembuluh darah sehat, sehingga sirkulasi darah Anda tidak terganggu agar terlindungi dari diabetes tipe 2. Flavonoid yang ditemukan dalam cokelat gelap ini juga membantu mengurangi resistensi insulin, dengan membantu sel-sel berfungsi secara normal dan mengembalikan kemampuannya untuk menggunakan insulin tubuh Anda secara efisien. Dark chocolate termasuk makanan dengan indeks glikemik rendah, yang artinya tidak akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang tinggi.

Lihat juga :  Khasiat ikan Gabus bagi Balita dan pasien pasca Operasi

Kaya akan Antioksidan

Antioksidan berguna untuk membantu membebaskan tubuh dari radikal bebas, yang merupakan penyebab utama kerusakan oksidatif pada sel. Radikal bebas juga ikut andil dalam proses penuaan dan dapat menjadi penyebab penyakit kanker. Jadi makan makanan yang kaya akan antioksidan seperti dark chocolate akan melindungi Anda dari berbagai jenis kanker dan bisa memperlambat tanda-tanda penuaan.

Mengandung Theobromine

Dark chocolate mengandung theobromine, yaitu zat kimia yang terbukti mengeraskan enamel gigi. Hal ini berarti dark chocolate tidak seperti kebanyakan permen, karena justru akan menurunkan resiko gigi berlubang jika rajin menjaga kebersihan gigi yang baik.

Mengandung tinggi Vitamin dan Mineral

Dark chocolate mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang penting untuk mendukung kesehatan Anda. Cokelat yang berwarna gelap ini mengandung beberapa vitamin dan mineral dalam konsentrasi yang tinggi yaitu : Kalium; Tembaga; Magnesium; dan zat Besi.
Tembaga dan kalium yang dikandung dark chocolate membantu mencegah stroke dan penyakit kardiovaskular lain. Sementara zat besi dalam cokelat akan melindungi Anda dari anemia akibat kekurangan zat besi,  magnesium membantu mencegah diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Demikian beberapa manfaat luarbiasa dari dark chocolate, meski demikian tidak berarti Anda harus makan dalam jumlah banyak setiap hari. Cukup hanya makan sepotong atau dua potong dalam satu minggu sudah akan memberikan manfaat yang baik.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *