Manfaat dan sumber vitamin D untuk pertumbuhan anak

Vitamin D adalah salah satu dari nutrisi penting yang sangat dibutuhkan kecukupannya pada anak, terutama karena mereka masih dalam masa pertumbuhan. Apa saja sumber vitamin D, berapa kebutuhan anak akan vitamin D serta manfaat vitamin D?. Berikut disini mari kita ketahui jawabannya :

Advertisement

Pentingnya vitamin D bagi anak

Manfaat vitamin D untuk pertumbuhan anakVitamin D berguna bagi tubuh untuk membantu menyerap mineral, seperti kalsium untuk membangun gigi dan tulang yang kuat . Menurut peneliti Michael F. Holick , profesor kedokteran, fisiologi, dan biofisik di Boston University School of Medicine, kekurangan vitamin D tidak hanya dapat menyebabkan rakhitis ( penyakit yang dapat menyebabkan deformitas tulang dan patah tulang ), tapi juga dapat menyebabkan anak hanya memiliki tinggi badan maksimal sesuai dengan genetika/keturunan . Vitamin D juga  berfungsi sebagai hormon penting untuk melaksanakan banyak fungsi lain dalam tubuh, termasuk kesehatan sistem kekebalan tubuh, produksi insulin, dan pengaturan pertumbuhan sel.

Jumlah vitamin D yang dibutuhkan anak Anda.

Tanpa memandang usia anak, kebutuhan vitamin D adalah 400 IU ( 10 mikrogram ( mcg) per hari). Anak tidak harus mendapatkan vitamin D seperti jumlah harian yang direkomendasikan diatas. Ini adalah jumlah harian rata-rata selama beberapa hari atau minggu.

Sumber vitamin D

Vitamin D disebut juga ” vitamin sinar matahari “, karena tubuh hanya dapat memproduksinya ketika kulit terkena sinar matahari. Vitamin D dari sinar matahari ini tidak bisa diperoleh, jika  tubuh anak ditutupi oleh pakaian atau tabir surya. Hambatan lain vitamin D dari paparan sinar matahari adalah termasuk asap, awan, dan lokasi geografis.

Makanan yang mengandung vitamin D  terbaik:

Untuk memenuhi persyaratan IU 400 vitami D perhari, hal ini juga bisa didapatkan melalui makanan yang telah diperkaya vitamin ini, atau dari suplemen vitamin D. Berikut beberapa makanan tertinggi dari vitamin D :

  • salmon
  • yogurt yang diperkaya
  • tuna kaleng
  • jus jeruk yang diperkaya
  • susu yang diperkaya (
  • makarel
  • kuning telur
  • margarin yang diperkaya
  • keju Swiss
Lihat juga :  Karbohidrat penting untuk kesehatan, pilih jenis yang Sehat

Dalam beberapa kasus, jumlah vitamin D dalam produk makanan ini bisa bervariasi, tergantung dari merek produk.

Bisakah anak terlalu banyak mendapatkan vitamin D.

Ini sangat tidak mungkin. Bahkan, banyak ahli kesehatan khawatir bahwa jumlah harian 400 IU yang direkomendasikan itu masih terlalu rendah, dan bahwa anak-anak dan orang dewasa benar-benar akan membutuhkan 800 hingga 1.000 IU vitamin D setiap hari. (tapi untuk mendapatkan jumlah ini, tidak dianjurkan anak minum susu delapan sampai sepuluh gelas dalam sehari !)

Kelebihan vitamin D bisa berbahaya jika sampai terjadi. Hal ini karena vitamin D akan disimpan dalam jaringan tubuh. Jadi yang terbaik adalah tidak melampaui dosis harian yang telah direkomendasikan oleh para ahli kesehatan. (Hal ini sebaliknya berbeda dengan Vitamin C , karena tidak disimpan dalam tubuh – dan semua kelebihan akan dikeluarkan melalui urin)

Untuk lebih amannya, jika Anda memiliki anak yang masih sangat kecil, 400 IU perhari yang direkomendasikan dari suplemen bayi. Lebih dari 400 IU direkomendasikan untuk anak yang lebih tua, tapi untuk memastikannyaharus berkonsultasilah dulu dengan dokter Anak.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *