Manfaat dan kebutuhan Kalsium bagi pertumbuhan Anak

Manfaat kalsium bagi pertumbuhan anakKalsium sangat penting bagi kesehatan dan tumbuh kembang anak, terutama bagi tulang anak, dimana yang akan terus berkembang hingga mereka menjadi dewasa. Apasaja Sumber kalsium yang terbaik, dan bagaimana agar anak tidak sampai kekurangan kalsium atau justru kelebihan? . Baca terus untuk mengetahuinya:

Advertisement

Mengapa kalsium penting bagi anak?

Kalsium penting untuk membangun tulang dan gigi yang kuat, mempromosikan perkembangan saraf dan fungsi otot, membantu pembekuan darah, dan mengaktifkan enzim yang mengubah makanan menjadi energi. Sekitar 99 persen kalsium dalam tubuh disimpan dalam tulang dan gigi. Dan karena anak-anak tumbuh tulang baru sepanjang waktu, maka mereka membutuhkan pasokan kalsium untuk mendukung pertumbuhan yang sehat .

Berapa banyak kalsium yang di butuhkan anak?

  1. Usia 1 sampai 3 tahun : 700 miligram ( mg ) per hari
  2. Usia 4 sampai 8 tahun : 1.000 mg per hari

Anak Anda tidak harus memperoleh jumlah kalsium dalam jumlah yang direkomendasikan setiap hari. Sebaliknya, ini hanya jumlah  rata-rata selama beberapa hari atau minggu.

Sumber kalsium terbaik

Produk susu seperti susu , yoghurt, dan keju adalah beberapa sumber kalsium yang baik , tetapi kalsium juga bisa didapat dari sumber makanan lain.

Berikut daftar beberapa makanan yang kaya kalsium :

  • Tahu
  • Yogurt
  • Yoghurt buah
  • Susu
  • Susu coklat
  • Keju cheddar
  • Roti gandum
  • Puding buatan sendiri
  • Lobak
  • Bayam
  • Sereal yang diperkaya kalsium
  • Minuman sari Kedelai yang diperkaya kalsium

Jumlah kalsium dalam setiap makanan bisa bervariasi sedikit, tergantung pada merek , ukuran buah atau sayuran, dan sebagainya.

Kandungan kalsium tidak dipengaruhi oleh lemak, tetapi lemak dalam produk susu memainkan peranan penting dalam perkembangan anak. Anak-anak hingga 2 tahun perlu mendapatkan setengah kalori dari lemak untuk pertumbuhan dan perkembangan otak yang sehat , sehingga mereka juga perlu makan produk susu dengan lemak. Kecuali dokter menyarankan sebaliknya. Anak-anak diatas 2 tahun perlu mendapatkan sedikit kalori dari lemak, sehingga mereka harus makan produk susu rendah lemak atau tanpa lemak untuk menjaga berat badan yang sehat.

Lihat juga :  Nutrisi penting untuk Kulit yang Sehat dan awet muda

Tips untuk memaksimalkan asupan kalsium anak

Beberapa ahli percaya bahwa kebanyakan anak yang bertubuh pendek kurang dari kebutuhan kalsium mereka. Ini bisa jadi sebagian karena jus dan minuman lainnya yang anak-anak minum kurang susu. Berikut adalah beberapa langkah sederhana yang dapat di ambil untuk memastikan anak mendapatkan cukup kalsium :

  • Gunakan susu bukan air ketika mempersiapkan sereal atau cokelat panas.
  • Gunakan susu yang memiliki dua kali kalsium dari susu biasa .
  • Tambahkan yoghurt untuk salad buah, dan keju untuk sayuran, saus ,dan kentang tumbuk.
  • Beli jus yang diperkaya kalsium , roti , dan sereal.
  • Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium, jadi pastikan anak juga mendapatkan cukup vitamin D – sekitar 600 IU per hari .

Bisakah anak terlalu banyak mendapat kalsium ?

Tingkat kalsium dalam darah yang sangat tinggi biasanya disebabkan oleh kondisi medis, daripada dari mengkonsumsi terlalu banyak kalsium dalam makanan atau suplemen. The Institute of Medicine merekomendasikan bahwa anak-anak usia 1 sampai 8 sebaiknya mendapatkan kalsium tak lebih dari 2.500 mg perhari – yang kira-kira setara dengan delapan gelas atau 8 ons susu. Sementara untuk mengawasi berapa banyak asupan kalsium pada anak adalah dari dietnya, dan tidak mungkin anak kebanyakan memperoleh kalsium dari makanan saja .

Disisi lain, Suplemen kalsium kadang-kadang juga bisa menjadi masalah. Misalnya , mengonsumsi suplemen kalsium yang berlebih telah dikaitkan dengan risiko tinggi batu ginjal .

Perhatian:

Jika anak adalah peminum susu yang besar, maka pastikan anak tidak mendapatkan terlalu banyak kalori dari susu saja. Atau anak jangan kenyang hanya dengan susu, namun gugah nafsu makannya untuk makanan sehat lainnya. Terlalu banyak kalsium juga dapat menyebabkan sembelit .

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *