Manfaat dan kandungan Gizi Daun Singkong

Manfaat dan kandungan Gizi Daun SingkongDaun singkong sudah banyak dikenal masyarakat kita sejak dulu sebagai sayuran alternatif pengganti dari kebanyakan sayuran pada umumnya. Bagi yang sudah terbiasa, daun singkong adalah sayuran yang unik, dan bisa memicu selera makan, namun bagi yang belum pernah merasakannya, mungkin butuh waktu untuk membiasakannya. Tekstur daun singkong yang kasar, sehingga hanya cocok untuk dimasak dalam beberapa cara saja. Bagi yang sudah biasa dengan makan diwarung masakan padang, mungkin sudah tidak asing lagi dengan sayuran ini.

Advertisement

Untuk mengolah daun singkong sendiri dirumah tidaklah sulit, bisa dimasak kuah santan, dibuat urap-urap, atau hanya direbus dan dimakan dengan sambal terasi.

Manfaat dan kandungan nutrisi daun singkong

Kandungan nutrisi:

Daun dari ubi yang banyak diminati ini juga mengandung beberapa nutrisi penting, seperti protein, Serat, lemak, kalori, karbohidrat,  vitamin A , C , B17, dan mineral seperti kalsium, fosfor, dan zat besi. Dari sekian nutrisi yang ada, yang tertinggi per 100g nya adalah protein(3.7), Serat(0.6), Kalori(37), lemak(0.2), dan karbohidrat (7.3).

Manfaat bagi kesehatan:

Regenerasi sel: Protein yang terkandung dari daun ubi ini bermanfaat untuk membantu tubuh meregenerasi sel tubuh yang telah mati, sehingga tubuh kita selalu segar dan awet muda. Perlu diketahui bahwa Seluruh otot, kulit, rambut semuanya dibentuk oleh protein.

Kalori: Kalori tentu saja akan memberikan tenaga bagi tubuh kita dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari, dan daun singkong juga diketemukan cukup tinggi kalori.

Karbohidrat: Fungsi utama dari karbohidrat adalah sebagai sumber tenaga utama bagi tubuh kita. Selain itu, nutrisi ini juga bermanfaat untuk mengoptimalkan protein. Tanpa karbohidrat, maka tubuh akan mengambil protein sebagai bahan bakar, sehingga akibatnya dapat menghambat pembentukan sel tubuh. Karbohidrat juga membantu kita untuk tetap merasakan kenyang, seperti halnya ketika kita makan nasi.

Lihat juga :  Manfaat jeruk nipis bagi kesehatan

Serat: Serat makanan memiliki fungsi utama bagi tubuh adalah membantu kelancaran proses pencernaan di usus kita, bermanfaat juga untuk kelancaran proses BAB. Serat juga dapat memberikan perasaan kenyang dan menjaga kadar koletrol, sehingga daun singkong bisa dimanfaatkan untuk membantu diet menurunkan berat badan. Dari penjelasan diatas bisa kita ambil kesimpulan,  bahwa daun yang berwarna hijau tua ini pada akhirnya akan membantu kita terhindar dari sakit jantung, kanker usus, diabetes, dan kegemukan.

Antioksidan: Daun singkong juga mengandung klorofil, dimana ini adalah bagian daun yang mrengandung antioksidan, yang bermanfaat untuk menanggulangi dampak dari radikal bebas.

Nafsu makan: Ahli farmakologi juga banyak yang memberikan pendapatnya, jika makan daun umbi singkong dapat membantu untuk meningkatkan nafsu makan.

Manfaat untuk pengobatan:

Dalam hal dunia pengobatan tradisional, daun singkong juga memiliki khasiat, yaitu mengatasi masalah cacingan dan membantu meredakan nyeri karena radang sendi atau artritis.

Singkong.net menjelaskan manfaat untuk pengobatan tradisional rematik menggunakan daun singkong sbb:

a. Pemakaian obat dalam
Sediakan 100 gram batang singkong, satu batang sereh, 15 g jahe. Kemudian rebus semua bahan tadi kedalam1000 cc air hingga tersisa 400 cc. Kemudian Air rebusan ramuan 2 kali sehari pagi dan sore @200cc, setelah disaring.

b. Pemakaian obat luar
Ambil 5 lembar daun singkong, 15 gram jahe merah serta kapur sirih secukupnya. Haluskan semua bahan dengan ditambah air secukupnya hingga menjadi pasta dan oleskan pada bagian yang sakit.

Berikut untuk mengobati cacingan:

Untuk manfaat ini, yang kita ambil adalah kulit batang singkong. Caranya sangat mudah, ambil kulit batang secukupnya, kemudian direbus dengan 3 gelas air hingga  mendidih dan tersisa 1 gelas. Saring, lalu diminum sebelum tidur pada malam hari.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *