Top 20 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan dan Kecantikan

Buah Naga menjadi semakin menarik, karena selain teksturnya yang lembut, rasanya yang lezat, bisa dimasukkan kedalam berbagai resep puding atau sebagai toping, juga ada bukti penelitian ilimiah bahwa buah naga juga sangat bagus buat kesehatan  sekaligus kecantikan. Buah Naga yang menyehatkan ini sangat mudah didapatkan terutama di Indonesia, jadi rugi bagi kita jika kita tidak memanfaatkan buah super ini. Nama lain untuk buah yang eksotis ini adalah termasuk pitaya , pitahaya, atau Strawberry Pear.

Advertisement

Buah naga merupakan buah dari tanaman jenis kaktus Hylocereus yang bunganya mekar di malam hari dan layu dipagi hari, merupakan tanaman asli dari Amerika Selatan tepatnya dari Meksiko Tengah; dan kini penyebarannya sudah sampai kemana-mana. Ada 3 varietas buah naga, namun yang paling banyak dijumpai adalah jenis yang berkulit dan berdaging buah merah. Varietas lainnya adalah buah naga yang berkulit merah muda, berdaging putih dengan bijinya yang hitam, serta yang paling jarang dijumpai adalah yang berdaging dan berkulit kuning.

Dari semua varietas buah naga, semuanya bagus dan bermanfaat bagi kesehatan dan juga bagus untuk menunjang perawatan kecantikan dari dalam.

Manfaat buah Naga untuk kesehatan

Kandungan Nutrisi Buah Naga

Buah naga merupakan sumber serat, vitamin C, dan zat besi yang baik, ditambah dengan beberapa nutrisi lainnya termasuk serat, thiamin, riboflavin, protein, dan karbohidrat. Buah naga juga mengandung kalori tapi dalam jumlah yang sangat rendah. Itulah mengapa buah ini disebut dengan buah yang sehat karena rendah kalori namun padat nutrisi.

Buah naga juga mengandung captin, yaitu fitokimia yang penting untuk kesehatan jantung.

Kandungan antioksidan Buah Naga

Buah Naga kaya akan zat antioksidan, yaitu senyawa yang berperan melindungi sel dari radikal bebas akibat menghirup polusi dan sebagainya, sehingga secara tidak langsung antioksidan melindungi tubuh kita dari penyakit kronis seperti kanker, hipertensi,dan diabetes. Antioksidan juga bermanfaat mencegah penuaan dini, sehingga kita akan tampak selalu awet muda, segar dan cantik. Ada 3 jenis antioksidan utama dalam buah naga yang bisa membantu tubuh dalam menangkal radial bebas berbahaya :

Flavonoid: Merupakan bermacam-macam antioksidan kuat yang terkait dengan kesehatan otak yang lebih baik dan penurunan risiko penyakit jantung menurut lembaga NCBI

Betalain: Merupakan pigmen yang membuat warna merah pada buah Naga, telah terbukti melindungi kolesterol LDL agar tidak teroksidasi atau rusak menurut jurnal AJCN.
Hydroxycinnamates : Kelompok senyawa ini telah menunjukkan aktivitas antikanker dalam uji coba tabung dan hewan menurut NCBI

Sebuah studi yang membandingkan sifat antioksidan dari 17 jenis buah termasuk buah tropis, kapasitas antioksidan buah naga sebenarnya tidak setinggi buah lainnya namun ternyata yang paling baik melindungi asam lemak tertentu dari kerusakan akibat radikal bebas. Berikut daftar 20 manfaat-manfaat penting buah naga yang luarbiasa dan perlu Anda ketahui!

Manfaat buah naga untuk Kecantikan

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan:

1. Menurunkan kolesterol jahat

Kolesterol mungkin terdengar biasa dan sepele dijaman ini, karena seringkali orang memperoleh hasil kolsterol tinggi setelah mendapat laporan hasil cek laboratorium. Tapi dampak dari kolesterol tinggi tak bisa dianggap remeh, jika dibiarkan akan menyebabkan beberapa penyakit berat seperti penyakit jantung, hipertensi, stroke termasuk diabetes dan penyakit sindrom metabolik.

Namun perubahan gaya hidup tertentu dengan menambahkan buah dan sayuran tertentu kedalam diet dapat menghindarkan Anda dari koletserol tinggi. Buah naga adalah salah satu buah yang paling bisa membantu.

Biji buah naga kaya akan lemak tak jenuh ganda, omega-3, dan asam lemak omega-6 yang membantu menurunkan kolesterol yang bersifat menurunkan kolesterol LDL.

Zant antioksidan terutama betalain seperti yang sudah disebutkan diatas, bermanfaat melawan kolesterol LDL yang berbahaya.

2. Mambantu mengatasi masalah BAB seperti sembelit

Buah Naga mengandung serat dan kadar air yang tinggi, sehingga baik untuk membebaskan kita dari masalah pencernaan seperti sembelit. Serat membantu kelancaran poses makanan melalui saluran pencernaan di usus besar sampai ke pembuangan.

3. Menurunkan gula darah pada diabetes

BUah naga bermnfaat membantu mengatur gula darah pada penderita diabetes. Hal ini tak lepas dari kandungan antioksidan pada buah naga, serta kandungan serat buah naga yang bermanfaat menghambat penyerapan gula setelah makan makanan dengan indeks glisemik tinggi sehingga tidak terjadi lonjakan gula darah.

Studi yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa buah naga putih mengurangi resistensi insulin dan hati berlemak pada tikus. Dalam sebuah studi terhadap tikus yang diberi makan tinggi lemak dan tinggi karbohidrat, kelompok yang menerima jus buah naga memiliki respons gula darah yang lebih baik serta  pengurangan beberapa enzim enzim hati, sementara enzim enzim hati lainnya meningkat secara signifikan (sumber NCBI)

Dalam studi lain, tikus diabetes yang diobati dengan ekstrak buah naga mengalami penurunan malondialdehida sebebsar 35%, yaitu sebuah penanda kerusakan radikal bebas. Hal ini juga memiliki kekakuan arterial yang lebih sedikit yang biasa terjadi pada orang diabetes.

Namun belum ada studi lain yang mengonfirmasi hasil studi ini pada manusia.

4. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Kerusakan oksidatif akibat radikal bebas termasuk menyebabkan kekakuan arteri, yaitu salah satu faktor risiko penyakit jantung koroner. Buah naga mengandung tinggi zat antioksidan, sehingga pada akhirnya menghindarkan kita dari faktor risiko utama tersebut.

5. Mencegah Anemia

Anemia atau banyak dikenal sebagai kurang darah, merupakan kondisi tubuh yang kekurangan hemoglobin atau sel darah merah. Bahkan  hemoglobin rendah dalam darah yang dibiarkan bisa menyebabkan gagal ginjal!

Buah naga juga kaya akan zat besi, selain itu, buah naga juga kaya akan vitamin C. Sebuah kombinasi nutrisi yang sangat menarik sebab vitamin C bermanfaat juga untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap lebih banyak zat besi. Begitu luarbiasa buah naga yang memiliki 2 nutrisi penting ini.

6. Rendah kalori, mendukung penurunan berat badan

Buah naga juga sangat rendah kaloriyaitu sekitar 60 kalori per100 gram, sehingga bisa menjadi pengganti untuk buah lain yang tinggi kaloria. Buah ini juga mengandung sekitar 90% air dan mengandung serat tinggi. Bukan rahasia lagi, bahwa serat cocok untuk program menurunkan berat badan karena membuat kita merasa kenyang lebih lama.

7. Mencegah Kanker

Penelitian telah menunjukkan bahwa buah naga memiliki kemampuan menangkal tumbuhnya sel kanker. Hal ini karena buah naga kaya akan enzim yang disebut dengan lycopene, selain vitamin C dan karoten memiliki manfaat anti karsinogen(penyebab kanker). Polifenol dalam buah naga juga melindungi kita dari beberapa jenis kanker.

8. Meningkatkan kekebalan tubuh

Vitamin C dalam buah naga meningkatkan imunitas tubuh terhadap serangan virus dan bakteri. Beberapa vitamin dan mineral penting seperti niasin, vitamin B1, kalsium, fosfor, zat besi dalam buah naga juga bersifat membantu melawan serangan bakteri dan virus.

9. Bermanfaat untuk ibu hamil

Buah gaga tinggi akan zat besi,  yang sangat dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah. Enam dari sepuluh wanita hamil cenderung mengalami anemia selama kehamilannya yang sembilan bulan. Dengan demikian Buah naga adalah cara yang baik untuk meningkatkan kadar hemoglobin yang menurun. Zat  besi juga penting bagi janin yang sedang tumbuh karena sel darah merah berperan vital dalam menyediakan oksigen dan nutrisi yang sangat dibutuhkan janin.

Syarat kehamilan sehat adalah asupan folat. Vitamin ini, selain membantu pembentukan sel darah merah, juga membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi. Kandungan serat yang tinggi buah naga akan membantu mencegah masalah pencernaan yang umum terjadi selama kehamilan.

10. Meningkatkan Fungsi Otak

Buah naga mengandung vitamin dan mineral penting yang dapat melindungi otak kita dari risiko kerusakan. Nutrisi-nutrisi ini juga mendorong fungsi syaraf yang sehat, selanjutnya meningkatkan fungsi otak kita.

11. Menyembuhkan Gangguan pernafasan akibat infeksi

Hal ini seringkali terjadi akibat influensa atau radang tenggorokan akibat infeksi bakteri maupun virus. Buah naga kaya akan vitamin C dan antioksidan, yang bekerja melawan infeksi yang termasuk menyerang pernafasan.

12. Meningkatkan kualitas kesehatan mata

Buah naga kaya akan betakaroten, bentuk yang akan diubah menjadi vitamin A ketika masuk kedalam proses alami tubuh. Unsur ini termasuk antioksidan yang banyak terdapat dalam buah naga dapat melindungi mata dari efek berbahaya radikal bebas, yang akhirnya mencegah penyakit mata seperti katarak dan degenerasi makula.

13. Bagus untuk menambah trombosit pada Pasien Demam Berdarah

Pasien demam berdarah bisa mengalami penurunan trombosit yang sangat serius, yang bahkan dapat menyebabkan kematian jika tidak segera diobati.

Jumlah trombosit orang normal antara 150.000 – 450.000 / mikroliter darah. Pasien demam berdarah hanya bisa memiliki 10.000.

Fungsi utama dari trombosit adalah menghentikan pendarahan dengan cara membekukan luka pada pembuluh darah. Menurunnya trombosit dapat menyebabkan pendarahan berat.

Pasien DB bisa meningkatkan jumlah trombositnya dengan menambahkan beberapa buah dan sayuran khusus dalam makanan. Buah naga membantu meningkatkan jumlah trombosit pada pasien DBD karena sifat antioksidannya yang kuat.

14. Memperbaiki sel tubuh yang rusak

Buah naga mengandung protein dan enzim spesial yang bisa membantu tubuh kita saat melakukan regenerasi dan perbaikan sel. Hal ini akan berguna saat kita sedang merawat luka baik luka bakar tau luka biasa. Untuk ini Buah naga memiliki khasiat penyembuhannya yang mengagumkan.

15. Menguatkan tulang dan Gigi

Buah pitaya ini juga kaya akan kalsium dan fosfor, 2 nutrisi paling penting untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi .

Kalsium dan fosfor bekerja saling bergantung satu sama lain, artinya kalsium saja tidak cukup untuk melawan gangguan tulang dan gigi. Untuk itu mengapa buah naga sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi; hal ini membantu meningkatkan kepadatan dan massa tulang sekaligus memperkuat akar gigi.

16. Mengurangi sakit akibat radang sendi

Arthritis adalah kondisi yang menyebabkan rasa sakit dan iritasi yang parah, yang terjadi akibat radang pada persendian kita. Beberapa jenis buah bisa membantu melawan penyakit ini termasuk buah naga.

Buah naga memiliki peran yang besar dalam mengurangi rasa sakit akibat sakit persendian/arthritis sehingga mendapat julukan sebagai ” buah antiinflamasi “.

 

Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan

Manfaat Buah Naga untuk pengobatan diabetes

17. Menghambat tanda penuaan:

Kulit keriput, kendur, ber garis-garis, kusam; adalah pertanda umum saat kulit Anda mulai menua.

Penuaan disebabkan oleh kerusakan sel akibat serangan  radikal bebas yang ada disekitar tubuh kita. Meskipun penuaan adalah proses alami, namun gaya hidup yang sehat seperti mengonsumsi buah termasuk buah naga yang kaya antioksidan bisa meperlambat laju tanda-tanda penuaan ini.

Buah naga adalah sumber antioksidan  yang berguna membantu melawan radikal bebas sehingga memperlambat proses penuaan – yang akan membuat kulit Anda terlihat lebih muda dan halus.

18. Mempromosikan kesehatan kulit:

Menambahkan buah naga ke dalam makanan harian  juga bisa mendatangkan kebaikan pada kulit Anda.

Minum satu gelas jus buah naga adalah cara yang baik untuk mengawali hari Anda. Hal ini tidak hanya akan membuat Anda sehat,  tapi juga akan membantu membuang semua racun dari dalam tubuh yang akhirnya kulit akan tampak bercahaya.

Kandungan antioksidan yang sangat tinggi pada buah ini akan bekerja menyelamatkan  kulit yang kendur dan kusam. Selain itu, buah naga kaya akan vitamin C yang membantu mencerahkan kulit.

19. Menghidrasi kulit kering

Buah naga memiliki kadar air yang sangat tinggi yaitu sekitar 90% nya terdiri dari air, artinya  yang sangat penting dalam meng-hidrasi kulit kita, terutama bagi yang memiliki kulit kering. Jadi jangan ragu untuk memasukkan buah naga ke dalam daftar makanan Anda sehari agar kulit senantiasa terhidrasi dan ternutrisi dengan baik.

20. Menyehatkan rambut:

Buah naga bisa membuat rambut kusam menjadi berkilau. Anda hanya perlu sering makan atau minum jus buah naga. Buah naga terutama  jenis merah mengandung banyak antioksidan dan enzim yang bisa membuat rambut  lebih halus dan lebih sehat.

Mungkin masih banyak lagi manfaat dari buah naga bagi kesehatan dan kecantikan yang tidak bisa disebut semuanya, yang jelas bagaimanapun buah adalah sumber nutrisi dan satu-satunya makanan sumber antioksidan.

Keamanan

Buah Naga secara keseluruha adalah aman untuk dikonsumsi bahkan justru bagus untuk ibu hamil. Namun bagi beberapa orang mengalami alergi setelah makan buah naga  meskipun jarang. Tapi mungkin alergi buah naga tidak begitu dirasakan sehingga orang tidak menyadarinya.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *