Manfaat Buah Kiwi untuk Ibu Hamil

manfaat buah kiwi untuk ibu hamilBanyak manfaat hebat dari buah kiwi untuk wanita hamil, yang mungkin akan memukau Anda terutama jika Anda memang sudah menyukai buah ini. Saat hamil Anda akan membutuhkan nutrisi lebih banyak, karena selain Anda sendiri butuh fisik yang lebih kuat, juga didalam perut Anda ada janin yang sedang dalam masa pembentukan secara fisik dan emosional. Itulah mengapa sangat penting untuk mendapatkan nutrisi cukup, seperti vitamin dan mineral untuk Anda dan bayi Anda. Buah kiwi dikatakan asli berasal dari Cina, yang memiliki ciri khah berbulu coklat, dan termasuk salah satu makanan yang paling padat gizi di dunia – sehingga merupakan makanan tambahan yang sempurna bagi diet sehat kehamilan Anda. Baca juga : Makanan terbaik untuk Ibu Menyusui

Advertisement

Berikut adalah beberapa manfaat penting buah kiwi bagi ibu hamil yang tinggi vitamin dan rasanya yang enak

Sumber Asam Folat Terbaik

Asam folat juga dikenal sebagai vitamin B9 dan merupakan anggota dari keluarga penting dari vitamin B kompleks. Nutrisi ini sangat penting terutama selama kehamilan karena berperan penting dalam pengembangan otak  dan sistem saraf pusat pada janin. Ibu hamil yang kekurangan asam folat meningkatkan risiko cacat bawaan pada bayi. Baca juga : Pentingnya Manfaat asam Folat bagi Kehamilan

Terutama asam folat sangat penting selama trimester pertama, karena dalam periode ini, otak, tulang belakang dan sistem saraf bayi mulai terbentuk .

Asam folat juga membantu tubuh Anda memproduksi sel darah merah, yang sangat enting untuk produksi energi – tentunya sangat perlu saat ibu sedang hamil.

Kandungan folat untuk satu porsi buah kiwi sudah mencukupi sekitar 10% kebutuhan asam folat harian Anda. Brokoli, sayuran berdaun hijau, dan hati juga merupakan sumber folat yang baik, namun proses memasak bisa merusak asam folat ini. Nah itulah sebabnya buah Kiwi adalah salah satu sumber folat terbaik yang bisa Anda dapatkan.

Sumber zat besi dan Kalsium

Buah Kiwi mengandung zat besi dan kalsium, adalah dua mineral penting yang diperlukan wanita selama kehamilan.

Lihat juga :  Ada 5 Manfaat makan Ubi Jalar bagi Ibu Hamil

Zat besi adalah unsur dari hemoglobin yang diperlukan untuk memproduksi sel darah merah. Mineral ini juga diperlukan untuk mengangkut oksigen diantara sel-sel tubuh untuk memproduksi energi.

Kondisi umum yang sangat mempengaruhi ibu hamil adalah anemia, yang disebabkan kurangnya hemoglobin dalam darah. Ketika anemia tubuh tidak dapat memproduksi sel darah merah secara cukup, dan ini bisa membuat Anda merasa lelah dan lesu. Baca juga : Tanda-tanda umum tubuh kekurangan Zat Besi

Kekurangan zat besi seringkali disebabkan oleh kurangnya asam folat, serta juga bisa karena tuntutan tubuh untuk memperoleh lebih banyak nutrisi termasuk zat besi.

Untuk mengisi cadangan zat besi Anda, makan makanan yang kaya zat besi secara bervariasi termasuk daging, sereal, bayam, dan buah kiwi yang menyediakan kira-kira 4% dari asupan zat besi per porsi.

Kalsium juga sangat penting bagi ibu hamil, karena penting untuk mengembangkan tulang, otot, gigi, dan jantung pada janin. Jika dalam diet Anda kurang kalsium, maka janin Anda akan menarik kalsium dari tulang Anda. Baca juga : Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi

Produk susu umumnya sudah mengandung kalsium, namun kekurangan magnesium mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium. Buah Kiwi mengandung sekitar 5 % kalsium, memang tidak setinggi susu atau yogurt, namun masih jauh lebih tinggi daripada kebanyakan buah-buahan lainnya. Hebatnya lagi, buah kiwi mengandung magnesium, yang bermanfaat meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh Anda.

Buah Kiwi adalah cara sehat untuk meningkatkan kadar kalsium Anda, karena buah ini rendah lemak.

Sumber Vitamin tinggi

Kebanyakan buah-buahan kaya akan nutrisi secara spesifik. Misalnya, jeruk yang lebih kaya akan vitamin C atau pisang yang lebih kaya akan kalium. Namun, buah Kiwimengandung banyak beberapa nutrisi penting sekaligus.

Bahkan, buah kiwi diketahui memiliki dua kali lebih banyak vitamin C daripada jeruk (Yang juga bermanfaat membantu penyerapan zat besi), dan lebih banyak kalium daripada pisang. Kalium adalah mineral elektrolit yang bermanfaat untuk syaraf.

Lihat juga :  Tidur yang Baik Saat Hamil

Selain itu, buah kiwi juga mengandung vitamin E yang tinggi, yaitu vitamin penting yang hanya bisa ditemukan dalam biji-bijian dan alpukat yang tinggi kalori. Vitamin E adalah antioksidan kuat yang melindungi Anda dan bayi Anda dari kerusakan sel.

Bahkan, buah ini mengandung dua kali lebih banyak vitamin E daripada alpukat yang terkenal, tanpa kalori dan juga merupakan sumber yang tinggi mineral termasuk tembaga, mangan, dan kromium.

Semua nutrisi ini dikemas ke dalam buah Kiwi kecil dan kompak hanya akan menguntungkan ibu hamil.

Menyehatkan pencernaan, kondisi yang penting bagi ibu hamil

Kunci untuk kehamilan yang sehat adalah sangat tergantung pada sistem pencernaan yang seimbang, karena hal ini untuk memastikan penyerapan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan bayi Anda dengan lebih baik.

Selain itu, makanan yang kaya karbohidrat, vitamin, mineral, dan serat pangan sangat penting untuk Anda dan bayi Anda mulai dari awal.

Cara terbaik adalah dengan makan dalam keadaan segar, seperti sayuran organik, buah-buahan, dan biji-bijian.

Penelitian ilmiah baru-baru ini menemukan manfaat menguntungkan yang mempengaruhi sistem pencernaan, yaitu apa yang disebut dengan prebiotik .

Prebiotik sama probiotik itu beda lho?.. Baca juga tentang probiotik

Prebiotik adalah serat karbohidrat yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran mentah. Ketika masuk tubuh, prebiotik akan melalui usus dan akan terfermentasi dan menjadi makanan bakteri baik atau disebut prebiotik.

Prebiotik sangat penting untuk sistem pencernaan yang sehat. Tanpa prebiotik, orang rentan terhadap penyakit pencernaan yang disebabkan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi dan gangguan usus.

Buah kiwi menyediakan sumber yang kaya serat panganyang penting untuk menjaga usus Anda terbebas dari bakteri penyebab racun dan penyakit, plus menyediakan antioksidan dan bioaktif bersifat antibakteri yang mematika mikroba patogen yang bersembunyi didalam usus Anda.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *