Manfaat Berenang bagi kesehatan tubuh Kita

Manfaat berenang bagi kesehatan tubuh kitaSeperti halnya olahraga yang lain, berenang juga banyak memberikan Manfaat bagi kesehatan. Hal ini akan menghindarkan kita dari obesitas, meningkatkan kekuatan otot, menghilangkan stres, nyeri punggung, meningkatkan tinggi badan, dan bahkan kanker pay*dara. Berenang dengan cara tertentu juga bermanfaat bagi kehamilan. Terjun ke kolam renang atau di tepian laut terbuka sangat menyenangkan, karena kita semua pasti cinta berendam dalam air. Berenang adalah pengalaman yang menggembirakan, dan paling terpenting banyak manfaat unik bagi kesehatan. Manfaat berenang juga berhubungan dengan perasaan yang menyenangkan, relaksasi, dan rekreasi. Hal ini juga sangat bermanfaat bagi mekanisme tubuh kita juga. Di waktu sedang panas, berendam di air akan membantu mengurangi panas tubuh, sehingga menyegarkan dan bisa meremajakan kembali energi kita. Menurut sebuah studi yang dilakukan di University of Extremadura di Spanyol, berenang di air hangat bahkan bisa meringankan rasa sakit-sakit  pada tubuh.

Advertisement

Berenang akan membuat seluruh otot tubuh bekerja, sehingga meningkatkan kekuatan otot dan kekuatan kardiovaskular. Dengan demikian, tubuh akan menerima asupan yang maksimum melalui berenang.

Manfaat Berenang

Akhir-akhir ini banyak orang yang lebih menyukai melakukan bentuk olahraga yang menyenangkan, sehingga semakin banyak orang yang terlibat dalam olahraga yang berhubungan dengan air. Mari kita ketahui beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dari olahraga renang :

Mencegah Obesitas :

Berenang adalah latihan yang sangat bermanfaat untuk mengurangi berat badan dan menghilangkan obesitas. Kegiatan ini akan membakar lebih banyak kalori dalam tubuh kita, karena lebih banyak bagian tubuh yang berbeda yang ikut dalam proses tersebut. Anda bahkan bisa membakar hingga 800 atau 900 kalori hanya dalam satu jam berenang. Banyak orang yang mengikuti berenang untuk tetap fit dan ramping.

Lihat juga :  10 Makanan yang bisa Membantu Mencegah Kanker

Menguatkan otot -otot:

Orang yang berenang secara teratur memiliki jantung yang kuat dan stamina otot yang lebih baik . Mereka juga mungkin bisa menyembuhkan otot yang terluka lebih cepat dan efektif .

Menghilangkan Stres :

Ini adalah kegiatan yang dapat membuat Anda merasa rileks dan meningkatkan energi Anda. Banyak orang yang telah mendapatkan diri mereka terbebas dari stres dan kekhawatiran setelah berenang dengan cara yang baik .

Meredakan Sakit punggung :

Semenjak berenang diketahui tidak meregangkan jaringan ikat tubuh, itu adalah olahraga yang baik terutama bagi orang-orang penyandang cacat. Berenang juga bisa membantu individu yang menderita nyeri kaki hingga punggung bagian bawah, arthritis dan osteoporosis.

Kehamilan :

Kolam renang akan membantu memperkuat kedua otot yaitu otot perut dan otot bahu. Oleh karena itu, berenang adalah bentuk olahraga yang sangat berguna untuk wanita hamil. Latihan dalam air ini akan meredakan nyeri sendi dan ketidaknyamanan lainnya yang berhubungan dengan kehamilan. Sebuah studi yang dilakukan oleh Melpomene Institute of Minneapolis telah mengkonfirmasikan bahwa berenang bagi wanita hamil akan mengurangi kerentanan terhadap keguguran jika dilakukan secara teratur . Sebaiknya untuk wanita hamil menggunakan cara berenang yang baik atau dipandu oleh instruktur renang.

Kanker Pay*dara :

Para ahli medis menyarankan untuk berenang bagi semua pasien pasca operasi kanker payudara, dalam rangka untuk menguatkan kembali otot-otot yang melemah. Namun disarankan juga bagi pasien untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai berenang .

Meningkatkan tinggi badan

Anak-anak dan remaja yang dalam masa pertumbuhan akan mendapat hasil yang luar biasa dengan berenang, karena olahraga ini akan membantu membangun otot dan membantu pertumbuhan tulang. Anak-anak yang berenang secara rutin telah diketahui tumbuh lebih tinggi daripada penambahan berat badan berlebih.[ Baca juga: Cara untuk meningkatkan tinggi badan alami ]

Lihat juga :  Cara Pencegahan Kanker Colon/Usus Besar

Perhatian :

Efek samping dari berenang termasuk risiko infeksi kulit, infeksi mata dan telinga, diare, dan demam jika air untuk berenang tidak baik. Sangat penting untuk menerapkan tabir surya sebelum jika Anda berenang di luar ruangan, karena hal ini akan mengurangi panas matahari yang membakar kulit. Anda juga perlu untuk melindungi diri Anda dari berbagai macam bakteri, kuman air, dan mikroorganisme lain yang ditemukan dalam air laut, danau, kolam renang, dan bahkan mata air.

Perenang seluruh dunia mengakui bahwa berenang adalah bentuk olahraga yang membuat mereka tetap fit dan sehat. Ini adalah olahraga sekaligus rekreasi yang menyenangkan bagi seluruh keluarga. Anda juga dapat menikmatinya dengan teman atau keluarga di kolam renang bahkan di laut.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *