Manfaat Baking soda untuk kesehatan, kecantikan dan rumah tangga

Manfaat baking soda untuk kesehatanSelama ini kita hanya mengenal baking soda sebagai bahan untuk membuat adonan kue. Namun Baking soda juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, kecantikan, bahkan untuk keperluan rumah tangga. Hal ini Sangat menarik untuk dipertimbangkan bagi yang menyukai cara alami, murah namun super. Baking soda atau sodium bikarbonat, adalah bahan yang bisa digunakan untuk membersihkan alat rumah tangga. Juga bermanfaat untuk kesehatan, sebagai contoh, untuk meredakan gejala asam lambung, membersihkan dan memutihkan gigi, merendam kaki yang kelelahan, mandi spa detoks , obat gigitan serangga, dll

Advertisement

Dalam bentuk alami, baking soda dikenal dengan nahcolite, yang merupakan bagian dari mineral alami yang disebut natron. Natron yang mengandung sejumlah besar natrium bikarbonat telah digunakan sejak zaman dahulu. Contohnya, orang Mesir sudah menggunakan natron sebagai sabun pembersihan. Sepanjang sejarah peradaban, baking soda banyak digunakan memanggang roti dan makanan lainnya.

Manfaat Baking Soda untuk Kesehatan

Obat kumur alami

Baking soda bisa mendinginkan mulut dan sebagai obat kumur alami. Campurkan 1 sendok teh baking soda ke dalam 100 ml air, Aduk hingga rata dan digunakan berkumur. Hal ini juga dapat menghilangkan bau mulut.

Menghilangkan bau badan

Caranya sangat mudah, hanya dengan menggunakannya sebagai bedak pada ketiak,  dan efeknya akan menetralisir bau badan .

Sebagai antasida untuk mengurangi asam lambung

Baking soda juga sangat baik untuk menurunkan gejala asam lambung. Campurkan 1 /4 sendok teh baking soda dengan air dan minum.

Meredakan gatal akibat gigitan serangga

Untuk mengurangi rasa gatal akibat gigitan serangga, campurkan 1 sendok teh baking soda dengan sedikit air. Gosokkan pada daerah gatal gatal, lalu diamkan selama beberapa menit sebelum mandi.

Mengatasi Sunburn

Baking soda juga bisa mengatasi rasa sakit yang disebabkan oleh sengatan sinar matahari, karena memiliki efek yang mendinginkan. Caranya, basahi handuk dengan campuran air dingin dan baking soda, kemudian kompres pada kulit yang iritasi atau gatal-gatal.

Memutihkan Gigi

Cara alami untuk memutihkan gigi adalah, hancurkan satu buah stroberi matang dan capur dengan 1/2 sendok teh baking soda. Oleskan campuran tersebut pada gigi, dan biarkan selama lima menit, kemudian sikat gigi dan berkumur. Metode ini harus dilakukan tidak lebih dari sekali dalam seminggu, karena penggunaan yang berlebihan bisa berpotensi merusak enamel gigi.

Lihat juga :  Khasiat dan Manfaat Kangkung

Manfaat Untuk Kecantikan

Mengangkat sel kulit mati

Salah satu kegunaan baking soda untuk perawatan kecantikan adalah untuk mengelupaskan atau mengangkat sel-sel kulit mati. Lakukan eksfoliasi seperti yang biasa Anda lakukan, setidaknya sekali dalam seminggu untuk mendorong regenerasi kulit baru. Anda dapat mengambil satu sendok makan baking soda, bisa dicampur susu biasa dan air, kemudian gosokkan ke kulit.

Merendam kaki yang lelah

kaki Anda yang merasa lelah bisa diatasi dengan menggunakan bak air hangat yang dicampur dengan baking soda. Hal ini tdak hanya akan membuat kaki Anda terasa bersih, baking soda juga akan menghilangkan bau. Setelah merendam kaki Anda selama sekitar setengah jam, tiriskan dan oleskan body lotion.

Merawat kuku

Anda juga dapat menggunakan baking soda untuk membersihkan kuku dan kutikula. Caranya, tuangkan sedikit baking soda ke dalam kuku dan gunakan sikat kuku untuk membersihkannya.

Masker jerawat alami

Baking soda juga dipercaya bisa membersihkan jerawat. Campurkan baking soda dengan air hangat, kemudian aduk untuk membentuk adonan kental. Oleskan masker ini pada wajah atau kulit yang berjerawat yang sebelumnya sudah dibersihkan, biarkan selama 5-10 menit, lalu bilas hingga bersih.

Manfaat untuk membersihkan atau untuk Keperluan Rumah Tangga

1 . Pembersih toilet

Baking soda merupakan bahan alami yang dapat membersihkan kotoran. Taburkan sedikit baking soda ke toilet, kemudian sikat secara merata. Dengan demikian, kamar mandi Anda menjadi bersih lebih efisien karena tidak harus membeli pembersih toilet.

2 . Bisa Memadamkan Api lebih cepat

Masukkan baking soda kedalam botol atau wadah tertutup, lalu siapkan di dapur. Metode ini berguna untuk memadamkan api. Jika ada api kecil ketika Anda memasak, tuangkan baking soda ke sumber api.

3 . Menghilangkan noda membandel

Anda dapat membersihkan noda membandel pada pakaian dengan baking soda. Campurkan 1/4 cangkir baking soda dan deterjen ke dalam mesin cuci. Baking soda ini bisa menghilangkan kotoran yang sulit dibersihkan.

Lihat juga :  Manfaat Lurabiasa Rutin Olahraga di Pagi hari

4 . Membersihkan Buah dan Sayuran

Baking soda bermanfaat untuk  menghilangkan bakteri yang menempel pada sayuran dan buah-buahan yang baru dibeli. Isikan air ke dalam mangkuk besar atau panci, tambahkan dua sendok makan baking soda, dan gunakan untuk mencuci buah dan sayuran. Hal ini akan membuatnya lebih bersih daripada menggunakan air biasa.

5 . Membersihkan saluran air rumah tangga

Mungkin Anda kesal dengan masalah selokan yang tersumbat oleh sampah rumah atau lainnya. Taburkan satu cangkir baking soda dan 1 botol besar air panas ke dalam saluran pembuangan. Selain ekonomis, metode ini bisa mengurangi penyumbatan yang terjadi pada saluran pembuangan rumah tangga.

6 . Pembersih Lap atau Serbet

Setiap rumah harus memiliki beberapa kain pembersih debu, atau yang sering kita sebut dengan serbet. Debu terkadang sulit untuk dihilangkan dengan menggunakan sabun biasa. Anda dapat merendam kain lap atau serbet yang kotor ke dalam air yang sudah dicampur dengan baking soda, dan biarkan beberapa menit. Cara ini akan membuat kotoran akan terangkat dengan sendirinya .

7 . Membersihkan Microwave

Mencuci microwave biasanya sulit karena bahan makanan lengket yang sudah mengering. Baking soda juga bermanfaat untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang menempel dalam oven microwave dengan mudah. Masukan baking soda ke dalam wadah air dan panas dalam microwave selama 1 sampai 2 menit. Dengan cara ini, kerak sisa makanan yang menempel dalam microwave akan lebih mudah untuk dibersihkan.

8 . Penghilang bau

Masukan baking soda di dalam wadah terbuka didalam lemari es. Baking soda bisa menjaga kesegaran pada makanan atau minuman untuk menghindari kontaminasi oleh bau yang tidak enak. Bau kulkas bisa berasal dari makanan mentah seperti ikan dan daging atau makanan yang sudah lama disimpan.

Selain itu, Anda juga bisa menaburkan sedikit baking soda di tempat sampah di sekitar rumah atau karpet. Biarkan selama 10 sampai 15 menit, dan hal ini akan menghilangkan bau pada karpet dan seluruh ruangan.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *