Manfaat Antioksidan bagi Kesehatan

manfaat dan makanan mengandung antioksidan tinggiAnda mungkin sudah seringkali mendengar istilah antioksidan dalam makanan atau suplemen. Apa itu antioksidan?, Antioksidan, seperti namanya, adalah zat yang memiliki kemampuan untuk menetralisir efek merusak dari proses fisiologis oksidasi dalam jaringan meskipun proses ini adalah normal. Zat Antioksidan sudah termasuk nutrisi seperti vitamin, mineral, serta enzim seperti protein. Dengan mengimbangi efek berbahaya dari oksidasi ini, maka akan membantu tubuh untuk mencegah sejumlah penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, stroke, penyakit Alzheimer, arthritis, dan katarak. Tak hanya mencegah sejumlah penyakit tersebut, dengan mengimbangi oksidasi dengan mengkonsumsi zat antioksidan, maka bisa memperlambat proses penuaan – sehingga Anda bisa tampak lebih muda dari usia Anda yang sebenarnya. Kacang kering, buah-buahan segar, dan sayuran, adalah makanan sumber antioksidan alami. Semua buah-buahan dan sayuran berwarna cerah seperti bayam, melon, tomat, paprika merah, mangga dan banyak lagi, sarat dengan antioksidan, yaitu zat yang membantu untuk melawan radikal bebas dalam tubuh dan meminimalkan pengaruh oksidatif yang merugikan. Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak lagi antioksidan, baca terus.

Advertisement

Manfaat Antioksidan bagi kesehatan tubuh kita

Mencegah kanker

Kacang, blueberry, brokoli dan paprika bisa mengusir radikal bebas, sehingga senantiasa menjaga kesehatan yang baik dan mencegah kanker.  Salah satu sumber antioksidan terbaik seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, Vitamin B6, dan asam folat, yang membantu menghambat oksidasi sel, sehingga mencegah kerusakan sel, dan menghilangkan risiko terkena semua jenis kanker.

Memperlambat penuaan

Anda tak perlu membeli krim anti penuaan yang harganya mahal, sebagai gantinya Anda bisa menggunakan cara alami dengan antioksidan. Antioksidan telah diketahui bisa mengurangi stres oksidatif, dan meminimalkan kerusakan sel akibat radikal bebas. Dengan demikian antioksidan melindungi kolagen kulit terhadap efek degeneratif dari oksidasi, dan bisa memperlambat penuaan. Jadi jika Anda ingin awet muda dan merasa cantik lebih lama, jangan lupa untuk menambahkan aprikot, alpukat, buah berry, ceri, dll.

Lihat juga :  Khasiat ikan Gabus bagi Balita dan pasien pasca Operasi

Memperkuat daya tahan tubuh, sehingga tak mudah sakit flu.

Makanan super seperti labu, mangga, buah, buah ara, melon dan banyak lagi,  kaya akan antioksidan yang membantu untuk melawan dampak radikal bebas. Antioksidan membantu tubuh memperbaiki sel-sel yang rusak, serta meningkatkan kekebalan tubuh sehingga membentengi tubuh dari penyakit flu, pilek, dan penyakit infeksi lainnya.

Mengurangi resiko sakit kardiovaskular

Paparan asap rok*k, asam knalpot, polusi udara pabrik, polusi obat-obatan, radiasi, partikel anorganik, dan gas akan membuat tubuh Anda penuh dengan radikal bebas yang bersifat merusak sel-sel, yang akibatnya juga mengarah kepada risiko penyakit kardiovaskular yang tinggi. Diet yang kaya antioksidan seperti flavonoid dan likopen bisa meminimalkan risiko penyakit jantung, dan juga melindung arteri dan pembuluh darah.

Melindungi kesehatan mata

Zat Antioksidan memiliki manfaat lebih dari apa yang Anda fikirkan. Selain menawarkan perlindungan maksimal terhadap penyakit degeneratif, antioksidan juga berguna untuk mmenghilangkan semua risiko kesehatan mata seperti glukoma dan degenerasi makula. Antioksidan merupakan obat utama yang mujarab untuk mencegah masalah kesehatan terkait mata, dan meningkatkan metabolisme.

Demikianlah beberapa manfaat luarbiasa antioksidan untuk kesehatan tubuh kita, jadi perhatikan diet yang kaya akan senyawa penting ini.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *