Manfaat luarbiasa Alpukat untuk kecantikan Kulit

alpukatTak diragukan lagi, buah alpukat sudah diakui sebagai buah super diseluruh penjuru dunia. Tak heran karena buah yang bentuknya mirip buah pir ini terlah terbukti banyak mengandung senyawa dan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan. Untuk itu, Anda bisa membaca lebih banyak tentang manfaat buah alpukat bagi kesehatan dan kandungan nutrisinya.

Advertisement

Khabar gembira bagi para wanita yang menyukai cara perawatan kecantikan alami, karena buah unik ini ternyata juga banyak bermanfaat untuk perawatan kulit. Anda bisa hanya dengan mengkonsumsinya, maka manfaat ganda dari alpukat bisa Anda peroleh. Buah yang lembut dan lezat ini memang serbaguna, karena Anda bisa mengkonsumsi dengan cara menambahkan ke sandwich atau salad. Dan jika Anda mulai bosan memakannya, Anda masih bisa menerapkan alpukat langsung ke kulit untuk membuatnya menjadi segar dan bersinar.

Berikut alasan kenapa alpukat memiliki manfaat bagus untuk kulit

Mengandung lemak Sehat

Alpukat terkenal akan kandungan lemaknya yang tinggi. Jangan terkejut dulu, karena lemak yang terkandung adalah asam lemak poli tak jenuh tunggal sehat yang bisa melindungi kulit Anda. Lemak tak jenuh tunggal bermanfaat untuk menjaga lapisan atas kulit Anda menjadi lembab, sehingga menjadi lembut dan tampak sehat. Sementara itu menurut Linus Pauling Institute di Oregon State University, Asam lemak tak jenuh ganda akan menjaga kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari, serta melindunginya dari gejala sensitivitas kulit dan peradangan.

Mengandung Antioksidan

Jika tubuh kita memetabolisme makanan atau terpapar polusi, maka tubuh akan menghasilkan produk sampingan yang disebut dengan radikal bebas. Radikal bebas ini sangat merusak sel, termasuk sel-sel kulit kita. Zat antioksidan yang ditemukan dalam buah alpukat adalah seperti karotenoid, vitamin E dan vitamin C, yang bermanfaat membantu melindungi tubuh kita dari kerusakan radikal bebas. Salah satu karotenoid yang disebut lutein mempromosikan kadar air dan elastisitas kulit, serta mengurangi kerusakan pada lipid kulit yang sangat penting. Vitamin E akan melindungi kulit Anda dari efek sinar ultraviolet. Sementara itu tubuh Anda membutuhkan vitamin C untuk membuat kolagen, yaitu yang merupakan senyawa struktural utama dan sumber elastisitas dan kekencangan kulit.

Lihat juga :  Mengecilkan Betis Vs Faktor penyebab betis besar

Mengandung Biotin

Alpukat mengandung sekitar 2 hingga 6 mikrogram biotin, atau antara 6 dan 16 persen dari asupan harian yang direkomendasikan. Biotin adalah nama lain dari vitamin B7 yang merupakan bagian dari vitamin B kompleks yang semuanya diperlukan untuk kesehatan kulit. Tubuh yang kurang mendapatkan asupan biotin bisa menyebabkan kulit kering, bersisik, bahkan mengalami ruam merah.

Penggunaan topikal alpukat untuk kulit

Untuk melembutkan kulit

Anda bisa menggunakan alpukat untuk spa dirumah. Oleskan daging buah alpukat yang sudah dilembutkan di seluruh tubuh Anda. Biarkan selama 10 sampai 15 menit dan kemudian bersihkan dengan mandi air hangat, maka minyak alpukat akan menembus dan melembutkan kulit Anda. Anda juga bisa mengoleskan daging alpukat dihaluskan pada wajah Anda untuk membantu menghilangkan tanda-tanda penuaan, atau bisa juga dengan menambahkan madu dan yogurt untuk menghilangkan sel-sel kulit mati agar kulit tampak berahaya dan awet muda. Jika Anda habis berada lama diluar rumah, Apukat yang dioleskan bisa meredakan rasa sakit akibat kulit terbakar oleh sinar matahari.

Sebagai pembersih wajah

Resep ini untuk membersihkan pori-pori kulit dan membebaskan kulit  dari kotoran dan kelebihan minyak . Untuk membuat pembersih wajah dengan alpukat, Anda bisa menambahkan satu kuning telur, setengah cangkir susu, dan setengah alpukat.

Pertama-tama kocok telur sampai berbusa, dan kemudian tambahkan daging alpukat halus dan susu. Aduk capuran hingga rata seperti lotion. Gunakan campuran ini untuk membersihkan wajah Anda secara teratur. Hal ini akan menghilangkan racun berbahaya dari kulit Anda dan membuatnya menjadi tampak lebih muda dan bercahaya.

Untuk Scrub tangan :

Campuran ini membutuhkan lemon untuk menambah aroma, oat untuk mempercepat penyerapan, dan minyak alpukat untuk pengelupasan kulit sehingga menjadi lembut dan halus.

Lihat juga :  Khasiat manfaat Bengkuang bagi kesehatan dan kecantikan

Ambil beberapa alpukat yang sudah dihaluskan kedalam mangkuk, kemudian tambahkan putih telur, gandum, dan sedikit air jeruk nipis. Aduk campuran ini dengan baik, dan pergunakan untuk memijat tangan. Tunggu kira-kira 20-25 menit lalu cuci tangan Anda dengan air hangat.

Untuk masker kulit berminyak :

Untuk membuat masker alpukat, Anda membutuhkan lemon, putih telur dan setengah daging alpukat. Lemon berguna sebagai astringent alami dan mengontrol produksi minyak oleh kulit,  sedangkan telur untuk memutihkan dan memelihara kulit dengan kandungan proteinnya yang tinggi. Sementara itu minyak alpukat untuk menyeimbangkan campuran.

Cara membuat paket masker ini, alpukat, telur, air lemon, dan putih telur blender menjadi satu hingga menjadi pasta halus. Gunakan masker ini untuk kulit Anda selama dua puluh menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Untuk masker pelembab :

Bahan yang diperlukan, alpukat sebagai pelembab, madu sebagai antiseptik alami, dan yogurt untuk membersihkan dan melunakkan kulit serta mengencangkan pori-pori kulit.

Ambil dua buah alpukat ambil dagingnya dan haluskan. Kemudian tambahkan yogurt dan madu dan aduk rata. Oleskan campuran sebagai masker wajah dan biarkan selama lima belas menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *