Makanan yang tidak boleh untuk penderita diabetes

Diabetes akan membatasi asupan makanan yang serius, sehingga diet yang seimbang menjadi sangat penting untuk mengatasi diabetes. Mengelola diabetes adalah regulasi diet yang efektif, bahwa menghindari atau menyertakan jenis makanan tertentu sangat penting untuk menjaga diabetes supaya tetap terkendali. Jika diabetes atau kadar gula darah Anda belum terlalu tinggi, maka Anda hampir masih bisa makan-makanan apapun dengan diatur. Akan tetapi batasan yang ketat harus diberlakukan, jika diabetes Anda sudah tidak terkendali. Apa yang Anda perlukan adalah untuk mengurangi makanan tertentu yang bisa meningkatkan kadar glukosa dalam darah, serta mengkonsumsi yang bisa mengatur kadar gula darah.

Advertisement

Baca juga : Makanan Terbaik untuk Penderita Diabetes

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi bagi penderita Diabetes

  • Orang dengan diabetes tentu saja harus menghindari gula, seperti gula putih, gula merah, madu, jeli, selai, es krim, kue, jus kalengan, cokelat, pia, sirup, donat, pemanis buatan, krim, dll,  adalah beberapa contoh makanan manis yang benar-benar harus dihindari diabetes.
  • Penderita diabetes juga harus meninggalkan makanan yang digoreng, karena bisa memicu diabetes menjadi semakin tak terkendali. Dengan demikian, Anda bisa mengukus, menumis, atau merebus makanan.
  • Penting bagi penderita diabetes untuk membatasi asupan sodium. Kecap, MSG, garam, dan air garam mengandung banyak sodium, dan harus dihindari oleh penderita diabetes.
  • Keju, mentega, margarin, harus diatur secara efektif bagi diabetes. Tingkat gula darah bisa melonjak dengan asupan makanan yang berlemak.
  • Salad adalah makanan yang sehat bagi penderita diabetes, namun beberapa dressing salad seperti mustard, mayones dan saus alpukat, harus dihindari karena mengandung sodium tinggi.
  • Penderita diabetes harus menghindari pati atau tepung. Pasta, roti putih, tepung terigu, pizza dan makanan olahan, harus dihindari.
  • Diabetes bisa memakan beberapa jenis buah-buahan yang sehat, namun harus dihindari jika kadar gula darah sudah tak terkendali atau tinggi. Buah tropis seperti Jeruk, jeruk, pepaya, nangka, nanas, dan buah plum, persik, pisang, anggur dan stroberi adalah buah-buahan lainnya yang tidak boleh dikonsumsi.
  • Lemak jenuh juga tidak boleh bagi penderita diabetes. Daging berlemak harus dihindari, namun daging tanpa lemak masih aman dikonsumsi.
  • Sayuran mengandung pati seperti kentang tidak untuk dikonsumsi.
  • Minuman, seperti soda, teh, dan kopi, harus diatur secara ketat bagi diabetes.
  • Selain makanan dan minuman, penderita diabetes juga harus menghindari rok*k dan minuman beralkoh*l. Bahkan upaya diet pengendalian diabetes tidak akan berguna sama sekali, jika penderita diabetes masih terbiasa dengan rok*k dan minuman beralkoh*l.
Lihat juga :  Makanan yang boleh dimakan atau harus dihindari penderita sakit maag

Itulah beberapa makanan yang harus dihindari atau diatur bagi penderita diabetes, agar kadar gula darah tetap terkendali.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *