Makanan yang bisa merusak Liver atau Organ Hati

maknan yang buruk bagi hatiHati Anda adalah salah satu organ tubuh yang paling banyak memiliki tugas. Hati adalah filter udara dan racun kimia, metabolizer obat, penyimpan energi,  pembuat enzim dan masih sekitar 500 tugas-tugas lainnya. Liver bekerja untuk memastikan tubuh Anda mendapatkan cukup nutrisi yang dibutuhkan, serta menjaga tubuh Anda dari racun dalam makanan sepanjang hari. Ketika kondisinya dalam keadaan yang tidak bagus, Anda mungkin akan merasa lesu, perut kembung, murung atau bahkan sering merasa lapar.  Dalam kondisi yang terus didiamkan berlarut-larut tanpa pencegahan, hati bahkan bisa rusak dan berakibat fatal – kalau tak sekarang mungkin suatu hari nanti.

Advertisement

Kita semua mungkin lebih menuduh alk*hol adalah satu-satunya minuman yang bisa merusak hati. Tapi kenyataannya bahwa ada beberapa hal yang buruk bagi hati Anda dan nampaknya Anda sudah akrab dengan mereka. Salah satu contoh adalah gula halus yang Anda campur kedalam kopi Anda setiap pagi. Apa pun yang Anda konsumsi akan mencapai hati Anda, dan jika Anda memasok racun lebih banyak maka hati satu hari akan berteriak.

Untungnya, masih banyak yang bisa kita lakukan untuk membantu hati tetap bersih, yang bisa dimulai dengan Anda apa yang Anda makan. Menghindari makanan yang merusak liver ini dapat membantu menjaga hati tetap sehat dan fungsional. Baca juga : Top 10 Makanan yang menyehatkan organ Hati

Berikut top makanan yang bisa menyumbang kerusakan pada liver Anda

Makanan tinggi Sodium

Makanan yang sangat tinggi sodium, seperti makanan kalengan, junk food, makanan cepat saji adalah makanan yang memberatkan hati. Kadar sodium yang normal sebenarnya membantu tubuh, yaitu mengatur cairan tekanan tubuh dan darah. Tapi jika Anda rentan terhadap retensi cairan, cobalah untuk menghindari makanan yang tinggi natrium/sodium terlalu banyak. Garam bisa membuat cairan berlebihan dalam hati. Makanan natrium tinggi lainnya untuk diperhatikan termasuk: Daging deli, Keju, Pizza, sirup jagung fruktosa tinggi, dan Kecap asin.

Lihat juga :  Manfaat Antioksidan bagi Kesehatan

Sirup jagung Fruktosa Tinggi

Minuman dan makanan yang mengandung sirup jagung fruktosa tinggi juga mendatangkan malapetaka pada liver Anda. Minuman ringan biasanya mengandung 55% fruktosa. Penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa mengkonsumsi banyak fruktosa dapat menyebabkan kerusakan hati bahkan jika Anda tidak gemuk sekalipun. Makanan umum yang mengandung ini adalah soda, gorengan, terutama kerupuk keripik.

Makanan dengan Lemak Trans

Trans lemak terdapat dalam makanan, atau makanan yang mengandung minyak terhidrogenasi parsial yang umum pada makanan olahan atau gorengan. Bahkan sedikit kecil lemak trans meningkatkan kolesterol jahat. Bahkan, semua LDL dari lemak trans akan dikirim ke hati kita, dan akan meningkatkan risiko banyak penyakit.

Makanan Tinggi gula

Makanan yang mengandung jumlah tinggi gula atau fruktosa seperti kismis dan jus yang nikmat dimulut ternyata tidak enak di liver. Fruktosa menyebabkan gangguan dalam tubuh dengan cara yang sama dengan bentuk gula lain. Bahkan, terlalu banyak fruktosa dapat menyebabkan dislipidemia, atau jumlah lemak dalam darah yang abnormal. Menurut studi tahun 2013 yang dipublikasikan  Hepatology , fruktosa terkait erat dengan lemak hati dan peradangan. Sejumlah kecil buah yang baik untuk makan, tapi terlalu banyak dapat menyebabkan masalah  – Kismis, Jus, Makanan Cepat saji, dan apapun yang manis-manis

Gorengan/makanan digoreng minyak

Kita semua mungkin tahu bahwa makanan yang digoreng memiliki efek negatif pada hati, Tapi ternyata makan kentang goreng, ayam digoreng, keju benar-benar memiliki efek pada hati kita yang sangat mirip dengan hepatitis. Makan makanan yang digoreng juga meningkatkan kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik .

Obat  dan suplemen tertentu

Obat antidepresan adalah obat keras dan harus diresepkan oleh dokter, dan jika tidak mengikuti petunjuk bisa menyebakan masalah hati. Hal ini karena antidepresan mempersulit sulit hati karena ikut menyumbang sebagai racun. Suplemen juga sebaiknya dikonfirmasikan terlebih dahulu ke dokter, karena sebagian besar tidak begitu sehat untuk hati Anda meskipun dapat memberikan hasil yang menjanjikan.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *