Ini Makanan yang Menyehatkan Pembuluh Darah

Makanan yang menyehatkan pembuluh darahPembuluh darah begitu vitalnya bagi tubuh, karena ia adalah saluran penting bagi darah dan oksigen untuk mendistribusikannya kepada seluruh sel tubuh sangat semuanya membutuhkan itu – mulai dari ujung kaki hingga otak kita. Banyak penyakit diusia tua adalah yang disebabkan oleh masalah pada pembuluh darah, seperti serangan jantung, stroke, darah tinggi, gagal ginjal, dsb. Jadi sangat penting untuk selalu menjaganya supaya tetap kuat sehingga senantiasa sehat. Gaya hidup yang buruk seperti mer*kok, kurang olahraga, dan makanan-makanan junk food tinggi lemak jenuh akan semakin memperberat pembuluh darah. Untuk itu kita harus bisa membuang atau mengurangi gaya hidup yang buruk tersebut, serta mengkonsumsi makanan bergizi yang bermanfaat menguatkan pembuluh darah dan tetap sehat.

Advertisement

Untuk menjaga pembuluh darah supaya kuat adalah dengan menjaga endotelium(yaitu lapisan sel yang melapisi bagian dalam pembuluh darah) supaya tetap sehat. Lapisan ini berperan sangat penting, salah satunya yaitu menjaga dinding pembuluh dan mengatur respon imun dan inflamasi. Endothelium membantu memodulasi aliran darah dan membentuk penghalang antikoagulan, yang memungkinkan mengalir tanpa pembekuan. Apabila endotelium rusak, maka akan memicu masalah medis seperti ateroklerosis atau pengerasan arteri.

Berikut kategori makanan-makanan yang bisa menyehatkan dan memperkuat pembuluh darah Anda!

Makanan penurun kolesterol

Diantaranya adalah makanan yang mampu mengontrol kadar kolesterol jahat dalam darah, karena kolesterol ini adalah biang yang mempromosikan penyempitan bahkan hingga penyumbatan pembuluh darah. Makanan itu termasuk yang kaya akan asam lemak omega 3, diyakini para ahli berkontribusi memperkuat dan menyehatkan pembuluh darah; bisa diperoleh dari lemak ikan, lemak tak jenuh tunggal dari minyak zaitun, alpukat, dan kacang-kacangan. Sementara itu serat larut juga diperlukan untuk tujuan ini, yaitu yang ditemukan pada kacang-kacangan, sayur-sayuran, dan biji-bijian. Baca juga : Cara Alami untuk Menurunkan Kolesterol

Lihat juga :  Manfaat Yoga Bagi Kesehatan

Makanan yang meningkatkan oksida nitrat

Oksida nitrat berperan melemaskan otot-otot dinding pembuluh darah, sehingga darah lebih mudah mengalir dan menurunkan tekanan darah – selain itu juga mencegah sel darah dari saling menempel. Dengan demikian zat ini membantu mencegah pembekuan darah dan melindungi dinding pembuluh supaya tetap kuat dan fleksibel. Untuk meningkatkan jumlah oksida nitrat, Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung nitrat dan asam amino arginin dan citrulline. Hal ini karena tubuh akan menggunakan untuk membuat oksida nitrat. Makanan-makanan yang mengandung nitrat termasuk bit dan sayuran berdaun hijau, sedangkan semangka adalah sumber terbaik citrulline. Sementara ikan, daging tanpa lemak, sayuran segar, bawang putih dan biji-bijian menyediakan arginin.

Makanan tinggi antioksidan

Flavonoid adalah senyawa antioksidan yang terkandung dalam blueberry, yang meningkatkan pembuluh darah pada pria sehat, seperti telah dilaporkan oleh sebuah penelitian di American Journal of Clinical Nutrition  , November 2013. Sementera flavonoid yang berasal dari cokelat hitam meningkatkan kesehatan endotel dan mengurangi kekakuan pembuluh darah, seperti laporan dalam sebuah studi di British Journal of Nutrition , Februari 2014. Anda juga bisa mendapatkan flavonoid yang sama dari buah anggur, apel, dan jenis buah berry lainnya. Vitamin E adalah antioksidan jenis lain yang juga perlu untuk diet Anda. Antioksidan ini akan melindungi lipoprotein dari kerusakan akibat radikal bebas. Lipoprotein membawa kolesterol melalui darah dan melepaskannya ketika sudah rusak yang buruk bagi pembuluh darah. Makanan alami sumber vitamin E terbaik termasuk almond, kacang, hazelnut, alpukat, minyak bunga matahari dan minyak safflower. Baca juga : Apa antioksidan?

Makanan yang bisa menurunkan Homosistein

Homosistein adalah asam amino dalam tubuh, yang umumnya adalah produksi sampingan dari makan daging. Senyawa ini diyakini para ahli merusak pembuluh darah dengan beberapa cara, termasuk merusak sel-sel yang melapisi arteri, dan mengganggu pembekuan darah yang normal. Pengumpulan homosistein dalam jumlah abnormal bisa dilihat dalam darah, dan bisa dijadikan penanda adanya pengembangan penyakit jantung. Asam folat, vitamin B 6 dan vitamin B12 memiliki fungsi membantu mengurangi jumlah homosistein dalam darah. Tanpa mereka, maka homosistein akan meningkat, yang akhirnya menyebabkan masalah bagi pembuluh darah. Anda bisa mendapatkan tiga anggota vitamin B Kompleks ini dari makan sereal dan biji-bijian. Sayuran berdaun hijau kaya dan buah kiwi termasuk yang banyak mengandung folat, sementara itu pisang, kentang, dan ayam kaya akan B6, dan vitamin B12 berasal dari makanan sumber hewani.

Lihat juga :  Olahraga terbaik untuk orang kegemukan

Demikian tentang makanan-makanan yang Kita butuhkan untuk sehat, terutama dimulai dari menjaga pembuluh darah. Tapi tanpa olahraga, kita juga mungkin akan sulit untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan –  jadi baca juga artikel tentang penyakit akibat  jika tak berolahraga . Anda mungkin juga perlu untuk berkonsultasi dengan dokter ahli dibidang ini, dan mendapatkan chek untuk memastikan kondisi kesehatan pembuluh darah Anda yang sebenarnya – sehingga Anda memperoleh nasehat terbaik yang paling sesuai untuk pribadi Anda.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *