Makanan yang meningkatkan kesuburan agar cepat hamil

Ibu hamilKabar baik bagi pasangan yang ingin cepat mendapatkan momongan. Para ilmuwan telah menemukan bahwa mengkonsumsi makanan tertentu secara rutin bisa meningkatkan peluang untuk hamil. Namun walaupun makanan bukanlah satu-satunya hal yang bisa memecahkan persoalan kehamilan, namun satu hal yang pasti bahwa makanan dan kesuburan secara intrinsik terkait. Jadi memiliki keseimbangan yang tepat asupan vitamin dan mineral dari diet Anda adalah penting.

Advertisement

Baca juga : Cara meningkatkan Kesuburan bagi Pria

Disamping menjaga diet seimbang yang sehat kaya nutrisi penting, Anda juga perlu untuk menghindari sejumlah makanan tertentu untuk meningkatkan prospek kehamilan Anda.

Makanan yang harus dihindari untuk meningkatkan kesuburan :

Daging merah : Terlalu banyak mengkonsumsi daging merah bisa meningkatkan jumlah amonia dalam tubuh, yang pada akhirnya bisa mengganggu implantasi telur dalam rahim. Daging merah juga dapat merugikan bagi kesuburan pria,  karena akan meningkatkan keasaman dan mempengaruhi aktivitas sp*rma – sp*rma lebih baik jika dalam kondisi alkali.

Gula halus : Terlalu banyak mengkonsumsi gula bisa menyebabkan resistensi insulin, yang bisa menyebabkan atau memperburuk kondisi PCOS – yaitu suatu kondisi yang mempengaruhi ovulasi,  dan merupakan salah satu penyebab utama infertilitas pada wanita.

Ayam Non – organik : Ayam non organik banyak mengandung antibiotik dan hormon, yang bisa menghasilkan efek merugikan pada keseimbangan hormon dan kesehatan.

Alk*hol : Penelitian Denmark menemukan bahwa asupan alkohol berdampak signifikan terhadap infertilitas pada wanita di atas usia 30 yang minum lebih dari tujuh gelas seminggu.

Makanan yang meningkatkan kesuburan agar bisa cepat hamil

Berikut di bawah ini adalah daftar makanan yang dikemas dengan vitamin dan mineral penting untuk sistem reproduksi yang sehat .

Ikan salmon

Ikan salmon mengandung selenium. Mineral ini diketahui menghasilkan antioksidan yang akan melindungi telur dan sp*rma dari radikal bebas. Hal ini bisa membantu mencegah kerusakan kromosom, yang diketahui penyebab cacat lahir dan keguguran. Penelitian juga menunjukkan bahwa selenium juga bisa membuat sp*rma lebih subur.

Lihat juga :  Tips Cara : Mengatasi Edema atau Kaki bengkak selama kehamilan

Tahu

Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang tidak mendapatkan jumlah zat besi yang cukup, mungkin menderita kurangnya ovulasi dan kesehatan sel telur yang kurang. Hal ini dikatakan bisa menghambat kehamilan hingga 60 % lebih tinggi, jika dibandingkan orang dengan cukup zat besi dalam darahnya.

Buah jeruk

Dalam sebuah studi, di mana pria yang infertil diberikan 1.000 mg vitamin C dua kali dalam sehari. Hasilnya, pria infertil mengalami peningkatan jumlah sp*rma dan motilitas (kemampuan untuk bergerak dengan benar ke arah sel telur). Vitamin ini juga dikatakan meningkatkan keseimbangan hormon pada wanita.

Kacang almond

Studi menunjukkan vitamin E bisa meningkatkan kesuburan pada pria. Dalam sebuah percobaan laboratorium pada tikus, kekurangan vitamin E juga dikaitkan dengan kemandulan pada tikus betina. Jika Anda kurang yakin dengan percobaan pada tikus, namun yang pasti adalah vitamin E merupakan antioksidan yang membantu melindungi sp*rma dan DNA sel telur. Vitamin E juga bisa ditemukan dalam makanan lain dalam jumlah tinggi, seperti contohnya buah alpukat.

Telur

Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Yale yang mengukur tingkat D Vitamin pada 67 wanita infertil, dan menemukan bahwa hanya 7 % yang memiliki kadar vitamin D normal. Sedangkan yang 93% lainnya cukup bisa dikatakan mengalami defisiensi klinis vitamin D. Para ahli juga menemukan bahwa tidak ada pasien dengan PCOS yang memiliki tingkat vitamin D normal. Telur diketahui mengandung vitamin D – dan telur juga sangat bermanfaat bagi wanita hamil dan menyusui.

Pisang

Pisang mengandung vitamin B6, yaitu salah satu vitamin yang paling penting dalam membantu pembuahan karena mengatur hormon. Kekurangan B6 bisa menyebabkan menstruasi tidak teratur, dan juga dapat menyebabkan keurangan sel telur dan pengembangan sp*rma pada pria. Baca juga Manfaat Pisang yang luarbiasa bagi Kesehatan

Lihat juga :  Tanda-tanda mengandung bayi laki laki atau perempuan

Asparagus

Studi telah menemukan bahwa asam folat bisa membantu mengurangi risiko kegagalan ovulasi . Wanita juga sangat disarankan untuk mengambil suplemen asam folat ketika mencoba untuk hamil. Selain asparagus, masih banyak Buah dan sayuran yang mengandung asam folat tinggi

Kacang polong

Meningkatkan kadar zinc pada pria telah terbukti meningkatkan jumlah, memperbaiki, fungsi dan kualitas sp*rma pria dan mengurangi ketidaksuburan. Bagi wanita, kekurangan zinc bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron. Kacang polong adalah makanan yang mengandung zinc, termasuk makanan lain seperti ayam, domba, sapi, telur, Ikan dan seafood, tiram, kacang-kacangan, biji-bijian, tahu, ragi, jamur, kacang hijau, biji labu.

Ikan makarel

Ikan laut termasuk makerel mengandung asam lemak esensial, yang penting untuk sistem reproduksi yang kuat pada wanita. Salah satu asam lemak yang ditemukan dalam minyak ikan berdampak signifikan pada kesehatan sp*rma. Kekurangan asam lemak dapat menyebabkan peningkatan kolesterol dalam membran sp*rma, yang mencegah sperma bisa matang dengan tepat.

Tiram

Studi telah menemukan bahwa ada hubungan antara kekurangan vitamin B12 dan tingkat estrogen yang abnormal, yang dapat mengganggu implantasi telur yang telah dibuahi. Vitamin B12 juga diketahui dapat membantu memperkuat lapisan endometrium dalam pembuahan sel telur dan mengurangi risiko keguguran. Tiram atau kerang adalah makanan laut yang mengandung vitamin B12, serta zinc yang bermanfaat bagi peningkatan kesuburan.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *