Makanan yang mengandung tinggi gluten

Makanan yang mengandung tinggi glutenKebanyakan reaksi alergi yang terjadi adalah karena makanan, yang salah satunya adalah karena mengandung gluten. Alergi karena gluten bisa berdampak sedang atau parah pada orang yang sensitif. Gluten adalah protein yang terbentuk ketika tepung terigu dicampur dengan air. Lihatlah lebih dekat pada adonan roti, tekstur elastis atau kenyal yang Anda lihat itu adalah gluten. Protein berfungsi penting dalam makanan, yaitu memberikan struktur bagi banyak produk berbasis gandum seperti pasta, wafel, kue-kue dan kebanyakan roti.

Advertisement

Gluten akan menyebabkan reaksi pada beberapa orang yang sensitif, terutama orang dengan intoleransi gluten atau penyakit celiac. Ketika orang-orang ini makan gluten, maka akan terjadi reaksi beberapa jam setelaj makan yang bisa menyebabkan usus halus menjadi meradang. Dalam jangka pendek, konsumsi gluten dapat menyebabkan rasa sakit, pembentukan gas, diare dan mal absorpsi nutrisi. Dalam jangka jangka, seseorang mungkin akan mengalami penurunan berat badan serta gangguan pertumbuhan dan perkembangan. Intoleransi gluten juga dapat menyebabkan penyakit autoimun serius seperti rheumatoid arthritis, celiac dan penyakit Crohn. Sebagian besar masalah seperti diatas dapat dicegah dengan menghindari makanan tersebut dan mengikuti diet bebas gluten.

Makanan tinggi gluten

Gandum, barley dan rye adalah daftar teratas sebagai bahan makanan yang tinggi mengandung gluten. Tepung gandum yang paling sering digunakan untuk hampir semua produk makanan seperti pasta, biskuit dan sereal mungkin mengandung zat kenyal tersebut. Namun saat ini sudah banyak tersedia roti atau produk baru yang bebas gluten, jadi anda perlu memeriksa label kemasan untuk mengetahui cantuman bebas gluten.

1 . Biji-bijian

Biji-bijian tertentu harus dihindari untuk mencegah reaksi alergi gluten, sesuai seperti pedoman yang diberikan oleh Rush University Medical Center. Semua makanan yang mengandung biji-bijian seperti yang disebutkan di atas,  termasuk dan tidak terbatas pada roti, pasta, sereal, muffin, bagel, kue, gravies, crouton, remah-remah roti, biskuit, makanan adonan goreng, mie, tortilla berbasis gandum, es krim, campuran pancake, pumpernickel dan roti rye, roti jagung, bihun, donat, pretzel, spaghetti, wafel dan kue-kue lain, kecuali diberikan label dengan jelas jika bebas gluten. Banyak dari makanan ini dapat digantikan dengan produk sejenis yang bebas gluten yang sudah tersedia di sebagian besar toko makanan.

Lihat juga :  Faktor penyebab dan Cara Pencegahan Batu Ginjal

2 . Bumbu

Banyak bumbu umum mengandung gluten, dan harus dihilangkan dari diet kecuali sudah diberikan label yang jelas bebas gluten: saus Worcestershire, MSG, pati makanan, produk malt, kaldu, barley malt, kecap dan setiap dressing salad atau gravies dengan gandum atau tepung yang berbasis gluten lainnya.

3 . Minuman Beralk*hol

Hilangkan minuman beralkohol tertentu seperti bir, ale, bir ringan dan minuman yang dibuat dengan fermentasi biji-bijian yang mengandung gluten. Siapapun yang baru didiagnosis dengan intoleransi gluten, sebaiknya hati-hati untuk menentukan apakah Anda dapat mentolerir minuman yang beralk*hol yang disuling dari biji-bijian mengandung gluten.

4 . Daging olahan

Association Celiac merekomendasikan untuk tidak mengkonsumsi semua daging olahan(daging merah). Sariawan merupakan salah satu dari bentuk arthritis yang disertai dengan banyak gejala pencernaan dan disebabkan oleh makan gluten. Selain mengandung bahan kimia penyebab kanker, hampir semua daging olahan termasuk potongan daging yang didinginkan, liverwurst, hot dog, sosis, bologna, pepperoni, dan pate tinggi gluten, karena berbagai macam biji-bijian digunakan dalam pembuatannya.

5 . Kue manis dan permen

Diet bebas gluten termasuk menghindari permen, karena mungkin dibuat dengan tepung dan zat lain yang mengandung gluten. Makanan yang harus dihindari juga mencakup semua produk yang dibuat dengan malt, semua cokelat dan permen cokelat yang mengandung malt, es krim, permen yang mengandung ekstrak sereal, sherbets, produk cake frosting, dan root beer. Periksa label, dan carilah produk yang secara khusus diberi label bebas gluten.

6. Kontaminasi silang

Menurut Mayo Clinic, pada saat berbagai produk bebas gluten kontak dengan produk seperti biji-bijian yang mengandung gluten maka akan terjadi kontaminasi silang. Hal ini biasa terjadi jika di pabrik-pabrik  pengolahan menggunakan mesin yang sama untuk mengolah dua jenis makanan yang bebas gluten dan yang mengandung. Tempat lainnya yang bisa menyebabkan kontaminasi silang adalah di dapur. Hal ini paling sering terjadi ketika menyiapkan makanan dan menggunakan alat-alat dapur yang sama. Gunakan dengan sangat hati-hati , misalnya gunakan papan pemotongan hanya untuk mempersiapkan barang-barang bebas gluten untuk menghindari kontaminasi silang.

Lihat juga :  Cara mengatasi gigi sensitif, yang ngilu jika kena makanan dingin

Masih banyak makanan yang secara alami rendah gluten. Makanan tersebut adalah kacang-kacangan, beberapa sereal, jagung, buah-buahan, sayuran, daging lokal, unggas, ikan, makanan berbasis susu, kentang dan nasi. Selain itu, beberapa biji-bijian bebas gluten dapat digunakan sebagai pengganti, termasuk jagung, rami, quinoa, beras, sorgum, tepung tapioka dan nasi. Dan juga banyak produk juga khusus dibuat dan diberi label bebas gluten .

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *