Makanan yang mengandung tinggi Estrogen

makanan tinggi estrogenEstrogen adalah sekelompok hormon steroid alami yang berperan penting untuk pertumbuhan dan perkembangan karakteristik sek*ual wanita. Meskipun pada umumnya hormon ini dikeluarkan baik oleh pria maupun wanita, namun lebih besar secara signifikan pada wanita, lebih-lebih pada wanita pada usia reproduksi.

Advertisement

Karakteristik seksual sekunder yang membentuk variasi antara pria dan wanita, sebagian ditentukan oleh hormon steroid ini. Pada wanita, karakteristik ini ditunjukkan pada pengembangan pay*dara, pelebaran panggul, dan jumlah lemak tubuh yang diperbanyak pada paha dan daerah pinggul. Hormon ini memiliki pengaruh langsung pada wanita, yaitu mereka cenderung sedikit memiliki bulu pada wajah, dan kulit yang lebih lembut jika dibandingkan dengan pria.
Pengenalan Singkat

Estrogen juga berperan penting dalam mengatur kegiatan pada organ reproduksi pada kaum wanita. Mereka terdiri dari seluruh kelas hormon yang diproduksi oleh folikel ovarium selama siklus menstruasi, dan juga oleh plasenta selama kehamilan. Hati, pay*dara dan kelenjar adrenal juga berkontribusi dalam memproduksi hormon ini meskipun dalam jumlah yang lebih kecil. Tingkat estrogen yang disekresikan oleh tubuh terutama tergantung pada dua hormon, yaitu LH (Luteinizing Hormone ) dan FSH (Follicle Stimulating Hormon) yang dihasilkan oleh hipotalamus di otak. Oleh karena itu, stres mental mengakibatkan ketidak seimbangan hormonal dalam tubuh, yang dapat menyebabkan masalah lebih lanjut.

Wanita yang berada di ambang menopause cenderung mengalami fluktuasi tingkat esterogen berlebihan. Tingkat estrogen yang tinggi dapat menyebabkan kram atau insomnia, sementara penurunan tingkat hormon ini dapat menyebabkan kelelahan dan osteoporosis(kondisi yang membuat tulang rapuh atau bahkan dapat menyebabkan depresi). Untuk mengatasi fluktuasi tersebut, hormon non steroid kadang-kadang diresepkan untuk mempertahankan tingkat estrogen agar optimal. Namun hal ini mungkin bisa memiliki efek samping besar. Oleh karena itu, estrogen yang didapat secara alami jauh lebih diminati.

Lihat juga :  Manfaat Luarbiasa Dark Chocolate bagi kesehatan

Berikut sepuluh makanan yang mengandung kadar estrogen tinggi.

1 . Biji rami :

Biji rami mengandung Phytoestrogen yang disebut dengan lignan. Biji ini bisa digunakan dalam roti, sereal dan salad untuk meningkatkan tingkat penyerapannya. Biji rami mengandung fitoestrogen paling tinggi: 379.380 mcg per 100 g, dan sekitar 85,5 mg lignan dalam satu ons biji rami.

2 . Tahu :

Tahu dibuat dari kedelai yang tinggi phytoestrogen atau yang disebut isoflavon. 3 ons tahu menawarkan 20 mg isoflavon atau sekitar 27,150.1 mcg fitoestrogen per 100 g .

3 . Kedelai :

Kedelai merupakan salah satu sumber makanan yang kaya fitoestrogen. Asupan makanan yang kaya estrogen seperti kedelai ini dikenal dapat membantu gejala pada siklus menstruasi pada wanita. Makanan Ini adalah pilihan yang cocok untuk camilan saat membutuhkan gizi yang banyak. Satu cangkir kedelai mengandung 24 mg isoflavon atau 103.920 mcg fitoestrogen per 100 g .

4 . Kedelai yogurt :

Yogurt kedelai atau bean curd yogurt adalah yogurt yang terbuat dari susu kedelai. Secangkir yoghurt ini mengandung  21mg isoflavon,  atau 10.275 mcg fitoestrogen per 100 g.

5 . Biji wijen :

Biji wijen juga mengandung fitoestrogen yang dikenal dengan lignan. Biji ini biasa digunakan untuk membuat berbagai macam hidangan dan juga dapat ditaburkan di atas makanan pembuka tertentu. Satu ons biji wijen mengandung 11,2 mg lignan, atau 8008.1mcg fitoestrogen 100 g. Perbandingan dengan biji bunga matahari atau biji helianthus, yang lebih sedikit fitoestrogen, yaitu hanya 216 mcg per 100g .

6 . Roti :

Seluruh biji-bijian seperti gandum, barley, rye dan gandum mengandung fitoestrogen yang dikenal dengan lignan. Jumlah unit per berat tergantung dari konsentrasi biji-bijian dalam roti.

7 . Susu kedelai :

Susu kedelai adalah minuman yang terbuat dari kedelai yang diekstrak, yang juga kaya fitoestrogen yang disebut isoflavon. Satu cangkir susu kedelai mengandung sekitar 30 mg flavon atau 2,957.2 mcg fitoestrogen per 100 g .

Lihat juga :  Fakta dan Mitos kesehatan buah Durian

8 . Buncis :

Per 100gr Kacang buncis memberikan 993 mcg fitoestrogen. Buncis biasa diolah sebagai sayuran, direbus dsb.

9 . Bawang putih :

Bawang putih juga merupakan sumber isoflavonoid dengan 603.3mcg fitoestrogen per 100 g. Bawang putih adalah salah satu bahan makanan yang banyak digunakan dalam masakan di seluruh dunia.

10 . Aprikot kering , prune dan kurma :

Aprikot kering jauh lebih memberikan tinggi fitoestrogen daripada aprikot alami. Aprikot kering mengandung 445,5 mcg fitoestrogen per 100 g. Kurma kering dengan 329,5 mg per 100g isoflavoids, sementara plum kering atau prunes dengan 177.5mcg per 100 g. Mereka  juga merupakan sumber estrogen yang baik.

Makan makanan kaya estrogen yang disebutkan di atas, baik dari buah-buahan dan sayuran tidak hanya akan memastikan kelancaran transisi ke menopause bagi wanita, tetapi juga akan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *