Inilah Makanan yang Membersihkan pencernaan Usus alami

tips menjaga kesehatan pencernaanMasalah pencernaan adalah kondisi yang sepertinya sudah umum dialami oleh orang-orang. Kita tahu, kondisi seperti maag kronis, asam lambung, dan penyakit infeksi seperti tipes sudah tak asing lagi kita dengar dari teman atau orang terdekat kita. Tak mengherankan, karena usus adalah bagian yang tak terlepas dari paparan racun setiap hari, plus kurangnya asupan nutrisi dan serat yang umumnya kurang pada makanan modern. Inilah alasan yang paling mungkin, kenapa banyak orang memiliki masalah pada sistem pencernaan mereka.

Advertisement

Tapi jangan khawatir karena beberapa jenis makanan secara alami bermanfaat menjaga sistem pencernaan termasuk membantu membersihkan dari hal yang bisa menyebabkan sakit. Membersihkan usus Anda adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, serta mengurangi risiko penyakit terutama kanker usus besar. Jika Anda membersihkan usus Anda dari racun dan sisa makanan, maka Anda akan merasa lebih ringan, berenergi, dan penuh memiliki kesehatan yang lebih baik. Baca juga : 10 Tips Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan

Mengapa kita harus peduli untuk selalu menjaga kebersihan usus besar? Ada beberapa manfaat yang baik, sbb :

  1. Memperbaiki pencernaan
  2. Menurunkan risiko kanker usus besar
  3. Bagus untuk membantu penurunan berat badan
  4. Menjaga pH tubuh
  5. Meningkatkan konsentrasi
  6. Meningkatkan energi
  7. Meningkatkan kesuburan dan libido

Nah, berikut makanan yang hebat untuk membersihkan usus besar dan mencegah penyakit pencernaan :

Brokoli

Supaya memiliki tubuh yang indah dan tubuh yang super sehat, kita perlu menjaga kesehatan sistem pencernaan dengan mempercepat pergerakan makanan. Salah satu cara yang terbaik adalah untuk makan lebih banyak serat. Brokoli, dan bunga kol adalah sayuran sumber yang kaya serat.

Sayuran ini juga memiliki kemampuan besar untuk mendetoksifikasi usus besar setiap kali Anda memakannya. Lebih dari 500 studi menunjukkan bahwa sayuran adalah makanan pencegah kanker yang paling kuat. Hal ini karena tingkat kandungan antioksidannya yang sangat tinggi.

Lihat juga :  Makanan yang bisa merusak Liver atau Organ Hati

Jeruk Lemon dan air hangat

Lemon bermanfaat merangsang hati untuk memproduksi empedu, yang secara keseluruhan membantu fungsi sistem pencernaan menjadi lebih baik. Produksi empedu yang baik akan membuat perut juga bekerja lebih baik, termasuk pergerakan dan membersihkan. Minum segelas air hangat dan air lemon setiap pagi akan mendetoksifikasi tubuh sekaligus membantu usus membersihkan diri.

Bawang putih

Bawang putih tidak hanya membatu sirkulasi darah oleh jantung, tetapi juga bersifat bisa menghilangkan racun oleh bakteri dan parasit dari usus besar. Bawang putih juga mengandung antioksidan kuat yang bermanfaat mengurangi peradangan. Dengan demikian akan meningkatkan penyerapan nutrisi makanan, meningkatkan pencernaan, dan menghilangkan zat/bahan sisa dan racun dari dalam usus.

Air minum

Usus yang dehidrasi secara terus-menerus dapat menyebabkan sembelit, kondisi yang akan menyebabkan penumpukan racun dalam usus besar. Inilah sebabnya mengapa pentingnya memastikan bahwa diri Anda sudah mendapatkan minum yang cukup setiap hari.

Alpukat

Alpukat Kaya akan jenis serat larut dan tidak larut, yaitu senyawa yang akan merangsang pergerakan usus yang sehat dan membersihkan usus besar. Serat secara umum mengurangi risiko terkena kanker usus besar. Serat larut bersifat menyerap air dan mengikat zat lain yang ada dalam usus besar untuk dikeluarkan secara bersama-sama

Sayuran berdaun hijau tua

Sayuran berdaun hijau tua, seperti kangkung dan bayam bersifat melindungi pencernaan dan melindungi usus besar. Klorofil yang larut dalam lemak akan menempel pada lapisan dinding usus besar, menangkap bakteri, dan menghilangkannya dari usus besar, serta menjaga lapisan lendir dalam dinding saluran pencernaan. Sayuran hijau lainnya adalah seledri dan kacang polong. Sayuran hijau tinggi klorofil, yang akan membersihkan usus besar sekaligus membantu mendetoksifikasi hati Anda.

Makanan Fermentasi

Sistem pencernaan terdapat bakteri jenis menguntungkan yang bertugas membantu pencernaan makanan, keseimbangan, penyerapan nutrisi, dan pembuangan zat sisa dan racun. Pada saat keseimbangan bakteri dari sistem pencernaan terganggu, maka kesehatan seluruh tubuh keseluruhan juga bisa terganggu . Lebih dari 80 persen sistem kekebalan tubuh berada pada usus Anda, jadi ketika flora usus tidak seimbang, maka sistem kekebalan tubuh Anda tidak akan bekerja dengan baik.

Lihat juga :  Cara alami meningkatkan jumlah sel darah putih (leukosit)

Makan banyak makanan fermentasi seperti yoghurt, kombucha, acar, tempe, dan kimchi akan membantu keseimbangan bakteri usus besar. Semuanya adalah makanan probiotik yang akan membantu menjaga sistem pencernaan seimbang dan sehat.

Lidah Buaya

Lidah buaya baik untuk tubuh, untuk luar dan dalam – sehingga bisa menjadi suplemen alami yang meredakan peradangan dalam tubuh, dan membantu mencegah masalah pencernaan. Aloe vera juga merupakan cara yang bagus untuk meringankan sembelit dan melegakan sistem pencernaan.

Kacang -kacangan

Kacang-kacangan memiliki kemampuan membersihkan usus besar, serta kaya nutrisi dan antioksidan. Kacang-kacangan dan bijian adalah makanan kaya akan zat besi, seng, kalium, kalsium, vitamin B, dan protein.  Kacang adalah protein nabati yang bersih bebas steroid, hormon pertumbuhan, atau antibiotik.

Apel

Apel adalah buah super yang paling terkenal kuat dalam hal kesehatan tubuh. Apel kaya serat, sehingga mempromosikan pencernaan yang sehat. Pektin dalam kulit apel adalah jenis karbohidrat yang menebalkan dinding usus. Pada dosis terapi, pektin menghilangkan racun yang mengumpul dalam usus besar(termasuk logam berat) sekaligus memperkuat lapisan usus. Buah lain yang kaya Pektin adalah pisang dan buah jeruk.

Teh Hijau

Teh hijau tak hanya bisa menurunkan berat badan, detoksifikasi, juga berkemampuan membersihkan usus besar . Teh hijau kaya akan antioksidan, yang meningkatkan fungsi usus dan pembersihan usus besar . Minum tiga cangkir teh hijau setiap hari juga akan meningkatkan metabolisme, menjaga tubuh fit, dan membakar lemak.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *