Makanan yang membantu tidur bisa mudah dan pulas

Karena gaya hidup, pekerjaan, stres, banyak orang diseluruh dunia yang mengalami gangguan tidur. Gangguan tidur yang kronis, atau yang disebut dengan insomnia, diartikan sebagai ketidakmampuan seseorang untuk bisa tidur atau bisa tetap tertidur cukup lama dan bisa merasakan manfaat beristirahat. Gangguan tidur ini mempengaruhi semua kelompok umur, namun lebih dominan pada orang tua di atas usia 60 tahun. Sedangkan Wanita lebih mungkin menderita gangguan tidur, jika dibandingkan dengan laki-laki. Gangguan tidur ini biasanya tidak menjadi utama yang diperhatikan pada anak-anak, tetapi jika terjadi itu bisa disebabkan oleh kondisi yang tidak diketahui atau mencakup masalah genetik.

Advertisement

Baca juga : Tips agar bisa tidur cepat dan pulas

Makanan yang bisa membantu tidur

Gangguan tidur kronis atau insomnia terjadi sebagai gejala dari kondisi yang mendasarinya. Jika gangguan tidur tersebut tidak terkait dengan kondisi medis atau gangguan kejiwaan, penderita bisa mencari tindakan-tindakan pengobatan non farmakologis. Berikut beberapa makanan yang mungkin bisa membantu masalah tidur, jika tidak didasari oleh kondisi medis tertentu :

Buah Ceri

buah ceri - makanan yang membantu bisa tidur mudahSemua orang mungkin tahu makanan apa saja yang lebih sehat, namun mungkin tidak banyak orang yang mengetahui beberapa makanan yang baik untuk kondisi medis tertentu. Studi penelitian menunjukkan bahwa nutrisi tertentu bisa efektif sebagai obat alami untuk masalah gangguan tidur. Buah Ceri adalah buah yang kaya akan melatonin. Disarankan untuk satu cangkir jus ceri, atau sekitar seperdelapan cangkir untuk ceri kering.

Melatonin adalah hormon yang diproduksi oleh kelenjar pineal dalam tubuh kita, yaitu sebuah kelenjar kecil yang berada di otak yang bertugas mengontrol siklus tidur dan bangun kita. Sebuah artikel yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism menyimpulkan bahwa melatonin dalam dosis kecil(sekitar 0,3 miligram), bisa membantu penderita insomnia untuk bisa tidur malam yang lebih baik.

Lihat juga :  Manfaat Kentang Rebus Bagi kesehatan

Magnesium

Brigitte Mars, seorang penulis dan herbalis, merekomendasikan bahwa sumber makanan yang kaya akan kalsium dan magnesium, seperti sayuran berdaun hijau, kacang almond, buah ara, dan sayuran laut, bisa meringankan gejala gangguan tidur.

Gejala utama dari insomnia adalah kekurangan magnesium, yang terkait dengan seringnya terbangun pada malam hari. Dalam penelitian yang dilakukan oleh James Penland di Pusat Penelitian Nutrisi Manusia di North Dakota, hal itu terbukti bahwa diet tinggi magnesium bisa dikaitkan dengan pola tidur yang lebih dalam.

Makanan dengan Kalsium

Kadar kalsium dalam tubuh secara langsung juga berhubungan dengan siklus tidur, menurut Dr William Sears dalam sebuah artikelnya, “Food That Help You Sleep”:

“Kalsium membantu otak menggunakan asam amino triptofan untuk membuat tidur.  Merangsang zat melatonin – Tryptophan adalah prekursor  tidur, yang merangsang serotonin dan melatonin. Makan makanan yang mengandung zat ini akan menyediakannya untuk otak, dan membantu membuat Anda mengantuk. “

Dr Sears juga merekomendasikan produk susu sebagai sumber yang kaya akan kalsium. Jadi minum susu hangat jika Anda merasa sulit tidur.

Sebuah artikel yang ditulis oleh James F. Balch, MD  dengan judul Prescription for Nutritional Healing, meyatakan  :

“Kurangnya nutrisi kalsium dan magnesium akan menyebabkan Anda bangun setelah beberapa jam kemudian,  dan tidak bisa  kembali tidur.”

Menurut sebuah artikel yang diterbitkan dalam European Journal Neurology, telah disimpulkan bahwa kadar kalsium dalam tubuh lebih tinggi selama periode tidur yang paling dalam.

Harus dihindari untuk bisa tidur dengan baik

Obat-obatan tertentu bisa menyebabkan sulit tidur dimalam hari. Sebaiknya tidak makan atau minum pada saat menjelang tidur untuk, untuk mencegah gangguan tidur dan buang air kecil. Kafein juga sebaiknya tidak dikonsumsi, karena bisa bekerja sebagai stimulan dan membuat Anda semakin kesulita tidur. Dr William Sears juga mencatat dalam artikelnya, “Minuman ringan yang mengandung sitrat dan asam fosfat bisa mengurangi penyerapan kalsium.

Lihat juga :  Manfaat Kacang hijau yang baik bagi kesehatan

Memperhatikan apa-apa yang Anda makan dan minum, bisa membantu Anda untuk bisa mendapatkan pola tidur yang sehat.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *