Makanan yang Membantu Menurunkan Lemak

Manfaat vitamin C bagi kesehatan, kulit dan rambutKelebihan lemak tubuh sudah diketahui bisa meningkatkan resiko mengembangkan kondisi seperti diabetes, penyakit jantung, stroke, dan bahkan kanker. Kelebihan lemak yang sangat berbahaya adalah yang mengumpul di sekitar pinggang. Sel-sel yang kelebihan lemak, khususnya lemak visceral yang ditemukan dalam hati dan di sekitar organ dalam kita, yang aktif mengeluarkan sekitar 20 macam hormon dan zat lain yang berdampak negatif terhadap kesehatan.

Advertisement

Untuk mengurangi lemak Anda dan menurunkan berat badan, kuncinya adalah mengkonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang dikeluarkan atau di bakar. Namun ada beberapa makanan yang bisa membantu mengoptimalkan fungsi tubuh, energi, dan metabolisme.

Berikut beberapa makanan yang membantu menurunkan lemak tubuh dan meningkatkan metabolisme tubuh Anda!

Air

Sekitar dua pertiga dari berat badan seseorang adalah air. Air juga merupakan nutrisi penting, yang diperlukan untuk mempertahankan fungsi fisiologis tubuh yang normal, termasuk respirasi, sirkulasi, dan ekskresi. Tidak mendapatkan cukup air akan menyebabkan dehidrasi, yang dapat memperlambat metabolisme. Pedoman umum, minumlah air sepanjang hari sebelum Anda merasa haus.

Teh hijau

Studi telah menunjukkan bahwa minum beberapa cangkir teh hijau bisa membantu meningkatkan metabolisme dan mempercepat oksidasi lemak. Manfaat minum teh hijau bagi kesehatan lainnya yang kuat adalah termasuk melindungi kita dari penyakit jantung, kanker, dan stroke.

Sop

Karena menggunakan air yang tinggi, sup biasanya hanya memberikan lebih sedikit kalori. Hal ini jauh lebih sehat daripada Anda memilih mengkonsumsi mie udang. Baca juga : Manfaat kaldu dan sumsum tulang bagi kesehatan

Buah jeruk

Buah jeruk mengandung sifat kimia yang unik dan vitamin, bermanfaat menurunkan kadar insulin, dan mempromosikan penurunan berat badan. Periksa diri ke dokter apabila Anda sedang dalam masa pengobatan, karena mungkin ada interaksi obat.

Lihat juga :  Pengertian, tujuan, efek samping, dan manfaat diet Vegan

Buah Apel dan pir

Wanita gemuk yang mengkonsumsi buah yang setara dengan tiga buah apel atau buah pir kecil setiap sehari, berpotensi kehilangan berat badan lebih banyak untuk diet rendah kalori daripada wanita yang tidak memasukkan buah kedalam diet mereka, – menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Negeri Rio de Janeiro. Pemakan buah juga mengkonsumsi lebih sedikit kalori secara keseluruhan. Buah rendah kalori ini, serta tinggi serat, yang akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga makan lebih sedikit.

Brokoli

Selain menyediakan nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin C, kalsium dan folat, sayur super paling sehat didunia ini juga bermanfaat meningkatkan metabolisme. Sementara senyawa fitokimia didalamnya membantu melawan kanker dan meningkatkan sistem kekebalan Anda.

Yoghurt rendah lemak

Yoghurt secara alami mengandung probiotik, yang penting untuk mempertahankan kesehatan saluran pencernaan.

Daging tanpa lemak

Anda bisa makan daging, tapi ambil potongan kecil steak sirloin, kalkun, dan ayam – yang kaya akan zat besi, yaitu mineral untuk memproduksi hemoglobin, sipengangkut oksigen dalam tubuh. Daging tanpa lemak meningkatkan metabolisme dan energi.

Oats

Oats adalah sumber zat pembakar kolesterol yang baik, serat yang larut dalam lemak, dan merupakan makanan untuk jantung sehat. Oats menempati peringkat tertinggi dalam daftar sumber karbohidrat yang baik,  yang mengenyangkan, serta  menyediakan energi untuk olahraga dan aktifitas fisik Anda.

Cabe dan paprika

Cabai adalah makanan pedas yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh Anda, terutama pada saat meredam nafsu makan. Cabe mengandung Capsaicin, yaitu senyawa antioksidan yang ditemukan dalam cabai dan paprika pedas. Senyawa ini juga meningkatkan suhu tubuh, yang memompa metabolisme dan membakar lebih banyak kalori. Ambil sejumput paprika, adalah cara yang sederhana dan lezat untuk meningkatkan metabolisme tubuh Anda.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *