Makanan Yang harus dihindari oleh penderita asam urat

Makanan Yang harus dihindari oleh penderita asam uratSakit linu-linu atau nyeri pada sendi bisa diakibatkan oleh kadar asam urat yang tinggi. Namun sakit pada otot atau sendi juga tak selalu disebabkan karena asam urat. Untuk menentukan apakah sakit-sakit pada otot yang Anda alami adalah asam urat, sebaiknya diketahui melalui cek medis.

Advertisement

Gout adalah salah satu jenis arthritis yang sangat menyakitkan, yang bisa mempengaruhi satu atau lebih sendi(biasanya terjadi pada kaki). Hal umumnya diobati dengan jalan mengkonsumsi obat anti inflamasi dan penghilang rasa sakit. Makanan tertentu bisa memicu serangan Gout, dan bisa memberikan dampak pada gejala secara signifikan.

Purin , Asam Urat , dan Gout

Gout terjadi ketika kelebihan asam urat mengkristal dan menumpuk pada sendi. Asam urat dalam kadar yang normal akan berfungsi sebagai antioksidan dan melindungi lapisan pembuluh darah kita. Namun kadar asam urat yang tinggi (diatas 4) dalam tubuh kita, justru akan ikut merusak pembuluh darah kita bersama dengan oksidan. Jadi resiko adam urat tinggi tak hanya sakit karena Gout, juga bisa memicu penyakit stroke dan jantung. Asam urat diproduksi dari pemecahan zat organik yang ditemukan dalam makanan yang disebut dengan purin. Purin ditemukan dalam seluruh jenis makanan, baik hewani maupun nabati. Namun ada makanan yang rendah purin, serta makanan yang tinggi purin.

Berikut Makanan Yang harus dihindari atau dibatasi oleh penderita asam urat

Kunci diet gout atau asam urat adalah menghindari beberapa jenis makanan yang tinggi purin, serta pola makan yang cukup dan sehat.

Organ hewan (jerohan), dan Daging

Purin tebanyak ditemukan dalam jerohan hewan, seperti hati, ginjal , otak, lidah, dan babat, sehingga semua jenis jerohan harus benar-benar dihindari. Daging hewan juga mengandung purin, namun dalam kadar lebih rendah daripada jerohan. Jadi sebaiknya membatasi asupan semua jenis daging hingga empat ons per hari, termasuk daging babi, ayam, bebek, angsa, ham, kelinci, domba, kalkun, dan sapi.

Lihat juga :  Daftar Makanan Mengandung Purin tinggi

Kadar Purin tinggi juga ditemukan dalam makanan produk hewani lainnya, seperti saus, kaldu, dan sup ayam. Makanan berkaldu seperti bakso dan soto bisa termasuk makanan berkaldu dan tinggi purin, sehingga harus dibatasi untuk penderita asam urat tinggi.

Ikan dan Seafood

Beberapa ikan dan seafood lainnya juga merupakan sumber purin tinggi. Makanan terburuk bagi penderita gout adalah kerang, ikan sarden, ikan teri, ikan asin, dan mackerel. Ikan lainnya yang cukup tinggi purin seperti tuna, ikan mas, ikan kod, salmon, kakap, dan ikan trout.

Makanan laut lainnya seperti kerang, lobster, kepiting, dan udang, juga mengandung tingkat tinggi purin, dan harus dikonsumsi dalam jumlah sedikit.

Biji-bijian dan kacang-kacangan

Terutama kacang tanah adalah makanan dari kacang-kacangan yang paling tinggi purin. Belinjo juga merupakan makanan tinggi purin, dan harus dihindari. Biji-bijian seperti roti gandum dan sereal juga memiliki kandungan purin tinggi, daripada biji-bijian olahan. Nasi putih lebih baik untuk membatasi asupan purin, daripada makan gandum. Batasi makan-makanan yang berasal dari kacang-kacangan.

Makanan olahan

Makanan yang diolah dengan cara dikeringkan juga tak baik bagi asam urat tinggi. Hindari makanan yang digoreng, dioven atau dipanggang. Karena makanan seperti ini akan semakin sedikit kadar airnya, dan konsentrasi purinnya semakin tinggi. Juga, makanan yang dikeringkan akan cenderung mengajak kita untuk makan lebih banyak.

Gula

Gula sebenarnya rendah purin, namun makanan tinggi gula terkait dengan kondisi lain yang dapat memperburuk gejala gout, seperti obesitas dan diabetes.

Jika Anda perlu makanan manis, pilihlah buah-buahan segar. Sementara beberapa buah memiliki jumlah gula alami, mereka juga banyak mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh termasuk serat.

Lihat juga :  Buah sayuran untuk kesehatan mata

Makanan fermentasi (peragenan)

Bir adalah termasuk minuman fermentasi, dan mengandung purin sangat tinggi. Sementara minuman beralkoh*l lainnya mungkin tidak mengandung purin sangat banyak, tetapi dapat meningkatkan produksi purin dalam tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa minum bir selama serangan gout bisa meningkatkan intensitas gejala secara signifikan.

Makanan lainnya yang diragi juga bisa mengandung purin yang tinggi. Jadi makanan seperti tape singkong, tape ketan hitam disarankan untuk dihindari bagi penderita asam urat.

Sayuran tertentu

Beberapa sayuran yang dikenal tinggi purin juga harus dibatasi, yaitu tidak lebih dari dua porsi ( 1 cangkir mentah atau 1/2 cangkir masak) per minggu. Diantaranya seperti :

  • asparagus
  • bunga kol
  • lentil
  • kacang panjang
  • kacang polong
  • bayam
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *