Makanan yang harus dihindari demi kesehatan

Makanan yang harus dihindari demi kesehatanUntuk menjalankan hidup sehat itu tidak gampang, karena Anda harus menghindari makanan yang enak-enak. Pasalnya, kebanyakan makanan enak yang dibuat secara instan dan diolah sedemikian rupa itu banyak melibatkan bahan kimia yang bisa merugikan kesehatan jangka panjang.

Advertisement

Dikehidupan yang serba cepat dan instan ini, memang nyaris membuat kita sulit untuk terlepas dari yang namanya bahan kimia dalam makanan yang tidak sehat. Tergantung bagaimana cara kita untuk mensiasatinya. Jadi, Sudah siapkah Anda untuk merubah gaya hidup Anda jika ingin lebih sehat?. Ingat, karena hal ini demi masa tua kita, yang semestinya tidak harus merepotkan anak-anak Kita nanti.

Berikut 9 makanan yang wajib untuk dihindari atau dibatasi demi kesehatan

1 . Makanan Kaleng

Makanan kalengan mengandung BPA – yaitu bahan kimia beracun yang terkait dengan kelainan reproduksi, efek neurologis, diabetes, penyakit jantung dan risiko tinggi kanker pay*dara dan kanker prostat . Makanan kaleng yang sangat asam, seperti tomat kalengan menyebabkan BPA larut ke dalam makanan Anda. Bila memungkinkan, usahakan memperoleh makanan dari bahan yang segar.

2 . Daging Olahan

Kebanyakan daging  olahan biasanya dibuat dari daging hewan yang tidak dibesarkan dengan cara yang ramah lingkungan. Maksudnya hewan tersebut diberi hormon pertumbuhan, antibiotik dan obat-obatan lain saat dipeternakan. Daging merah juga diobati dengan natrium nitrit ( yang menambahkan warna dan rasa ), zat yang akan diubah oleh tubuh menjadi nitrosamine atau bahan kimia penyebab kanker. Kebanyakan daging olahan juga mengandung berbagai bahan kimia yang mempromosikan kanker lainnya, seperti HCA , PAH, dan AGE. Carilah hanya daging segar dari hewan yang dibesarkan dengan cara alami, misalnya sapi ya sapi lokal yang hanya diberi makan rumput.

3 . Margarin

Margarin sarat dengan lemak trans, radikal bebas, pengemulsi, dan bahan pengawet. Semuanya dapat menyebabkan : penyakit jantung, kanker, masalah tulang , ketidakseimbangan hormon, penyakit kulit, infertilitas, dan banyak masalah kesehatan lainnya. Sebaliknya, Mentega yang dibuat dari sapi yang makan rumput kaya akan asam linoleat terkonjugasi,  yang membantu untuk melawan kanker dan diabetes.

4 . Makanan gorengan

Minyak sayur yang diproduksi di pabrik biasanya berasal dari tanaman rekayasa genetika yang banyak diobati dengan pestisid . Tidak seperti mentega atau minyak kelapa, minyak sayur ini tidak dapat diekstraksi hanya dengan pressing atau dipisah secara alami. Jadi harus menggunakan bahan kimia untuk memprosesnya. Minyak yang digunakan untuk memasak harus cukup stabil dan tidak berubah ketika dipanaskan hingga suhu tinggi. Minyak sayur yang tidak baik bagi kesehatan adalah yang bisa mengubah kolesterol baik menjadi kolesterol jahat karena terjadinya oksidasi. Ketika Anda memasak menggunakan minyak nabati tak jenuh ganda, maka kolesterol teroksidasi akan masuk kedalam tubuh Anda. Minyak yang dipanaskan akan bercampur dengan oksigen, dan akan berubah menjadi tengik. Tengik ini adalah karena minyak teroksidasi, dan TIDAK boleh dikonsumsi – karena akan mengarah langsung kepada  penyakit pembuluh darah. Lemak Trans adalah minyak yang berubah setelah digunakan untuk menggorena, yang meningkatkan risiko penyakit kronis seperti kanker pay*dara dan penyakit jantung.

Lihat juga :  Efek Buruk Makanan Cepat saji bagi Kesehatan

Gunakan mentega atau minyak kelapa yang merupakan 100 % minyak jenuh untuk menggoreng, karena lebih stabil ketika dipanaskan pada suhu tinggi. Hal ini justru akan lebih baik bagi kesehatan tubuh Anda, daripada minyak sayur yang dipanaskan.

5 . Popcorn – makanan cepat saji yang dimasak dengan microwave

Makanan apapun yang dimasukkan ke dalam microwave banyak dikatakan tidak sehat, terutama popcorn microwave . Popcorn yang dibuat dengan microwave mengandung bahan kimia yang disebut perfluoroalkyls (yang mencegah lemak bocor pada makanan cepat saji). Bahan kimia ini lentur, dan dapat mengganggu sistem endokrin dan bersifat karsinogenik. Hal ini terkait dengan infertilitas, kerusakan tiroid, tumor kanker, dan masalah imunologi.

Cara lama adalah lebih sehat untuk membuat popcorn, yaitu dengan menggunakan kompor biasa. Dan juga perlu diketahui bahwa sebagian besar makanan cepat saji atau junk food mengandung bahan kimia ini.

6 . Makanan Non – Organik

Bahan kimia yang disemprotkan pada tanaman akan larut ke air dalam tanah dan diserap oleh akar tanaman. Selain itu, sisanya juga akan menempel pada daun, buah maupun batang sayuran. Tentu saja jika makan-produk nonorganik, sisa residu pestisida dan pupuk kimia akan ikut masuk kedalam tubuh kita dan lama-lama terakumulasi.

Jadi bagaimana?, perlukah kita mengkonsumsi sayur organik demi kesehatan?

7 . Garam meja

Garam olahan adalah 98 % natrium klorida, dan yang2 % sisanya terdiri dari bahan kimia yang berbahaya seperti ferrocyanide dan aluminosilikat. Garam alami yang dibuat dari garam laut misalnya, hanya mengandung 84 % natrium klorida dengan yang 16 % sisanya terdiri dari mineral seperti silikon, fosfor dan vanadium. Garam yang dibuat secara alami sangat penting untuk kesehatan.

Meskipun mineral baik untuk tubuh Anda, tapi terlalu banyak mengkonsumsinya dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi. Dan sebagian besar makanan olahan banyak mengandung natrium, sehingga lebih baik dihindari demi kesehatan. Jangan menambahkan garam pada makanan Anda dimeja makan.

Lihat juga :  Efek Samping Buruk Antibiotik bangi Kesehatan

8. Pemanis buatan

Tanpa harus membahas secara detail, aspartam dari pemanis buatan akan membentuk metanol dalam tubuh. Metanol ini akan dibawa ke otak dan sumsum tulang, yang kemudian akan diubah menjadi formaldehida yang merusak DNA. Banyak produk olahan yang menggunakan pemanis buatan, diantarnya adalam minuman bersoda.  Jika perlu pemanis, gunakan yang alami seperti madu, gula aren, gula merah dsb.

9. Gula

Gula dapat menekan sistem kekebalan tubuh, yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan melarutkan mineral berharga dari tubuh Anda. Makan terlalu banyak gula setiap hari bisa menyebabkan ketidakseimbangan biokimia dalam tubuh kita. Jika Anda makan gula setiap kali pagi, siang dan malam, maka tubuh Anda akan selalu berada dalam keadaan kacau dan rawan penyakit. Gula sebenarnya adalah anti nutrisi, yang artinya akan melarutkan nutrisi dari tubuh Anda

Karena gula adalah anti nutrisi, maka gula juga dapat menyebabkan kalsium bisa hilang bersama urin. Akibatnya akan digantikan oleh kalsium yang diambil dari tulang, yang mengarah ke osteoporosis. Gula yang dibuat dengan mengandung banyak bahan kimia sebagian besar ada pada makanan olahan, jadi memang hampir mustahil untuk menghindarinya. Cara terbaik adalah mengurangi makanan manis, terutama dari makanan atau minuman olahan. Sebisa mungkin, gunakanlah hanya pemanis yangdibuat secara alami.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *