Makanan yang harus dihindari bagi penderita tekanan darah tinggi

Makanan yang harus dihindari bagi penderita tekanan darah tinggiOrang yang menderita hipertensi, tekanan darah bisa naik dengan cepat hanya gara-gara makanan. Zat terburuk dari makanan yang bisa mengakibatkan meningkatnya tekanan darah dengan cepat adalah natrium atau sodium. Bagi penderita tekanan darah tinggi, kuota harian natrium adalah tak boleh lebih dari 1500 miligram perhari.

Advertisement

Natrium atau sodium ini paling banyak adalah diperoleh dari garam, dan kebanyakan terdapat dalam makanan kalengan dan makanan siap saji direstoran.

Garam memang memberikan kenikmatan makan, dan bisa membuat seseorang berkeinginan terus untuk makan. Garam juga dapat menyebabkan sel-sel lemak untuk mengikat lemak lebih banyak . Mengurangi asupan sodium adalah baik untuk menjaga berat badan dan tekanan darah.

Berikut makanan-makanan yang harus dihindari, terutama bagi penderita hipertensi untuk mencegah meningkatnya tekanan darah dengan cepat.

Daging olahan :

Daging yang diawetkan dengan cara diasap, pengasinan atau dengan penambahan bahan pengawet kimia masuk dalam kategori daging olahan. Hal ini termasuk ham, sosis, hot dog dan dendeng. Satu posi tiga ons daging diatas sebagian besar sudah memberikan 1200mg natrium. Bagi penderita hipertensi, jumlah tersebut sudah hampir memenuhi kuota harian.

Buah kalengan atau makanan kalengan lainnya

Untuk menghindari kenaikan tekanan darah, cobalah untuk membatasi konsumsi makanan kalengan. Air garam biasanya digunakan untuk mengawetkan sayuran. Jadi pastikan Anda membilas makanan kalengan secara menyeluruh sebelum dikonsumsi untuk menghilangkan garam ekstra. Bisa juga sayuran didihkan selama setidaknya 10 menit sebelum dikonsumsi, untuk membantu mengurangi kadar sodium. Termasuk buah-buahan kalengan bisa menjadi sumber sodium yang tersembunyi. Jadi sebaiknya periksa label kemasan, dan cari tahu berapa kadar sodium yang tertera.

Saus tomat

Saus tomat kalengan dan jus tomat sarat dengan natrium. Satu cangkir jus tomat bisa mengandung 680 miligram sodium. Satu porsi spaghetti dengan saus bisa mengandung lebih dari 1.300 miligram sodium.

Lihat juga :  Kenapa Stres bisa menyebabkan Penyakit?

Chinesse Food

Chinesse Food sudah dikenal diseluruh dunia menggunakan saus  yang sarat dengan natrium. Menurut The Nutrition Twins, daging sapi dengan brokoli bisa mengandung 3.752 mg sodium. Hal ini karena yang digunakan dalam memasak,  seperti kecap dan saus Teriyaki yang bisa mengandung sekitar 1.000 mg natrium dalam hanya satu sendok makan.

Produk roti

Roti asin bisa dikemas dengan lemak jenuh, sodium, baking powder, dan bicarbonat. Hal ini dapat menyebabkan meningkatnya tekanan darah dan juga obesitas, yang akan semakin memperburuk kondisi.

Makanan minuman dengan banyak Gula

Permen, kue kering, kue basah, minuman manis, dll harus dihindari oleh penderita tekanan darah tinggi. Pada umumnya makanan manis dikaitkan dengan diabetes, namun juga dengan hipertensi. Makanan manis akan mengarahkan kepada obesitas, dan banyak penelitian telah membuktikan bahwa orang gemuk lebih rentan hipertensi .

Makanan mengandung lemak

Kelebihan mengkonsumsi lemak dapat menyebabkan obesitas,  yang pada akhirnya dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Mengkonsumsi lemak jenuh dan lemak trans dalam makanan juga harus dihindari. Semua makanan yang digoreng menggunakan mentega, margarin, minyak kelapa, dll harus dibatasi.

Kafein

Kafein bisa terdapat pada produk kakao, kopi atau minuman ringan, yang merupakan stimulan untuk meningkatnya tekanan darah. Kafein bertindak sebagai vasokonstriktor, yakni mempersempit arteri dan meningkatkan tekanan aliran darah. Batasi asupan kopi Anda maksimal dua cangkir saja dalam sehari.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *