Makanan yang boleh dimakan atau harus dihindari penderita sakit maag

Makanan yang harus dihindari oleh penderita sakit maagGejala Maag disebabkan oleh luka pada lambung, yang menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Tukak lambung sangat umum terjadi, dan dengan beberapa perubahan gaya hidup dan diet dapat mengurangi risiko maag, serta akan mempersingkat waktu penyembuhan.

Advertisement

Makanan yang harus di Hindari penderita sakit maag

Berikut ini adalah daftar makanan yang harus dihindari oleh orang yang memiliki luka pada lambung, sehingga gejala sakit maag cepat mereda dan cepat disembuhkan:

  • Ketika seseorang menderita maag, kebanyakan orang akan menyarankan untuk mengurangi asupan makanan pedas. Walaupun belum ada bukti yang jelas,  bahwa makanan pedas dapat menyebabkan luka. Namun makanan pedas terbukti dapat memperburuk kondisi maag. Jadi jika Anda menderita sakit maag, sebaiknya menghindari cabai, paprika, merica atau rempah-rempah yang kuat lainnya.
  • Alkoh*l dan kafein juga harus dihindari oleh penderita maag, atau yang berisiko terkena maag. Karena ini cenderung meningkatkan keasaman pada lambung, sehingga akan memperburuk keadaan.
  • Asupan tinggi garam dan kecap juga meningkatkan risiko sakit maag. Jadi, sebaiknya untuk menghindari menambahkan garam tambahan pada makanan, atau menggunakan jenis garam yang mengandung sodium yang lebih rendah.
  • Hindari obat-obatan anti inflamasi, seperti ibuprofen atau aspirin.
  • Hindari sering mengunyah permen karet, karena hal ini akan membantu  merangsang produksi asam lambung.
  • Hindari makanan yang terlalu dingin ataupun terlalu panas .
  • Makanan seperti daging tinggi lemak, susu tinggi lemak, makanan manis, makanan yang digoreng dan makanan asam seperti jeruk juga harus dihindari, untuk menjaga kesehatan pencernaan yang lebih baik .

Hal lain yang perlu dihindari

  1. Selain beberapa makanan yang harus harus dihindari diatas, penderita maag juga harus melakukan beberapa tindakan pencegahan lain melalui diet. Lebih baik Makan beberapa kali dengan porsi yang kecil, daripada sekali makan dengan porsi besar. Anda bisa mencoba makan sedikit-sedikit, tiga sampai enam kali setiap hari. Selain itu, hindarilah makan berlebihan. Makanlah dengan santai, tidak terburu-buru. Dengan demikian Anda bisa mengunyah makanan secara perlahan agar benar-benar lembut saat ditelan.
  2. Juga, hindarilah stres. Meskipun stres bukan penyebab sakit maag, namun itu adalah salah satu faktor yang dapat memperburuk kondisi dan dapat menunda waktu penyembuhan.
Lihat juga :  Tanda/Gejala, Penyebab dan pengobatan Vertigo

Makanan Terbaik untuk penderita sakit maag

Berikut ini adalah daftar makanan yang bisa Anda makan, terutama saat sedang menjalankan pengobatan maag untuk membantu mempercepat penyembuhan.

  • Beberapa penelitian menunjukkan,  bahwa omega 3 yang ditemukan dalam ikan berminyak seperti tengiri, sarden, herring dan salmon dapat membantu meredakan radang lambung. Omega 3, adalah merupakan jenis lemak baik yang akan membantu meningkatkan produksi senyawa yang akan melindungi seluruh lapisan bagian pencernaan.
  • Zat Antioksidan juga bermanfaat untuk mengurangi risiko luka lambung, dan juga dapat meredakan gejala sakit maag. Makan sayur dan buah-buahan seperti wortel, kangkung, kubis, brokoli, pepaya, buah kiwi, dan aprikot yang tinggi vitamin C dan betakaroten dapat melindungi lapisan lambung dan usus .
  • Vitamin E yang bisa diperoleh dengan makan-makanan seperti kemiri, gandum, minyak biji bunga matahari dan minyak kedelai juga dapat membantu meringankan luka lambung .
  • Beberapa ahli gizi juga menyarankan asupan asam amino, yang merupakan protein yang dapat membantu untuk menyembuhkan luka lambung pada gejala sakit maag. Anda bisa mendapatkannya dengan makan tempe yang hanya dikukus untuk membantu kesembuhan sakit maag.
  • Meningkatkan asupan serat dapat membantu mengurangi ulkus duodenum. Hal ini karena serat mempromosikan lapisan sehat pelindung musin dalam perut dan usus.
  • Makanan terbaik lain untuk membantu penyembuhan dan mengurangi risiko ulkus lambung adalah yogurt tanpa lemak.

Jika Anda menderita maag, sebaiknya menginggalkan beberapa makanan yang tercantum pada daftar di atas. Juga lakukan beberapa tindakan pencegahan,  serta mengatur pola makan yang baik agar maag cepat sembuh.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *