Makanan yang bisa Meningkatkan Mood

manfaat dark chocolate untuk kesehatanDidalam menghadapi kehidupan, orang sudah biasa mengalami tekanan, depresi, marah atau stres. Kecenderungan orang kalau lagi stres umumnya mencari kenyamanan dengan makanan-makanan yang menurutnya enak. Akan tetapi bukannya mendapatkan suasana hati yang lebih baik, seringkali justru mendapatkan peningkatan berat badan yang tidak diharapkan. Banyak pendapat umum yang salah, yaitu makan-makanan junk food dan berminyak bisa memberikan kenyamanan. Makanan yang tidak sehat seperti makanan yang manis-manis seperti permen hanya bisa meningkatkan mood dalam jangka pendek, dan setelah beberapa saat kemudian perasaan merasa kembali bersalah dan kelesuan. Namun khabar baiknya bagi anda yang sedang badmood, ada banyak makanan sehat yang bermanfaat dan bisa meningkatkan mood.

Advertisement

Berikut beberapa makanan sehat yang bisa meningkatkan mood Anda

Dark chocolate

Chocolate adalah makanan nomor satu yang kebanyakan orang dapatkan ketika sedang merasa stres. Pilihan Anda yang satu ini tidak salah, karena setelah makan beberapa gigitan cokelat Anda akan merasa lebih tenang. Khususnya Dark chocolate, yang mengandung senyawa yang dalam waktu singkat akan mengurangi tingkat hormon stres atau yang disebut kortisol dalam tubuh Anda. Oleh sebab itu, ketika Anda merasa stres atau mengalami penurunan mood, ambilah beberapa dark chocolate, dan tugas-tugas Anda terselesaikan dengan sukses, tepat waktu dan menyenangkan.

Bayam

Bayam tidak saja bagus untuk menambah jumlah sel darah merah Anda, namun juga bisa membantu Anda yang sedang kesulitan untuk fokus. Jika Anda merasa lemah, lesu, atau Anda merasa hampir tidak bisa membuka mata, maka makanlah bayam. Bayam mengandung asam folat yang bisa mengurangi kadar homocysteine, yaitu senyawa kimia yang bisa merusak pembuluh darah yang akan mengganggu aliran darah dan nutrisi ke otak. Akibatnya, sirkulasi darah melemah, karena tingkat inersia meningkat dan menyebabkan masalah pada memori. Selain bayam, semua jenis sayuran berdaun hijau lainnya juga membantu mengurangi inersia. Kentang, jagung, kacang polong, buncis dan jamur, juga merupakan makanan yang kaya akan asam folat.

Lihat juga :  Manfaat Lurabiasa Rutin Olahraga di Pagi hari

Selai kacang dan buah apel

Mudah marah atau tersinggung bisa menjadi salah satu indikasi tubuh yang sedang membutuhkan tambahan bahan bakar. Hati-hati untuk mengatasi hal itu, lakukan dengan cara yang benar, bukannya dengan makan makanan yang justru akan membuat penurunan gula darah secara signifikan satu jam setelah makan. Solusinya adalah dengan menggabungkan karbohidrat dan protein. Karbohidrat adalah sumber energi yang mudah dibakar tubuh, tetapi jika Anda menambahkan lemak atau protein, maka akan memperlambat pencernaan Anda dan menjaga tingkat gula darah stabil untuk sementara waktu. Kombinasi yang terbaik adalah apel dengan selai kacang. Tidak hanya lezat, tetapi kombinasi ini akan memberikan Anda banyak energi untuk waktu yang cukup lama. Cari tahu lebih banyak tentang manfaat buah apel

Salmon

Karena banyak mengandung asam lemak omega 3, ikan salmon sangat baik untuk jantung. Bukan hanya itu, asam lemak baik ini juga bisa membantu menurunkan depresi, kecemasan, kemarahan, rasa mudah marah, dan dengan demikian akan meningkatkan mood Anda. Beberapa makanan nabati juga ada yang mengandung omega 3, namun para ahli menunjukkan bahwa bentuk khusus lemak dari ikan yang paling baik untuk meningkatkan mood. Selain ikan salmon, ikan herring, sarden dan makerel juga bisa membantu mengatasi kecemasan Anda.

Teh hijau

Sudah banyak diketahui bahwa teh juga memiliki efek yang sangat menguntungkan bagi sistem saraf, terutama teh hijau yang dikenal kaya theine, yaitu suatu senyawa yang memiliki efek menenangkan serta membantu kita untuk menjaga kepala tetap dingin dan berkonsentrasi. Oleh karena itu jika Anda marah, minumlah secangkir minuman yang bisa menenangkan syaraf ini.

Biji-bijian

Depresi juga bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti tubuh yang kekurangan vitamin D. Salah satu dari banyak tugas dari nutrisi ini adalah untuk membantu tubuh dalam memproduksi hormon serotonin atau hormon merasa bahagia, dimana yang membuat kita merasa tenang, santai dan bahagia. Oleh karena itu, rendahnya tingkat vitamin D dalam tubuh kita bisa menyebabkan kemurungan dan depresi. Untuk meningkatkan manfaat ini, tambah dengan asupan susu rendah lemak, biji-bijian, dan jamur.

Lihat juga :  Ketahui BAHAYA-nya Minum Air Putih Berlebihan

Yang disebutkan diatas adalah beberapa makanan sehat, yang sudah barang tentu menunjang kesehatan Anda. Dengan jumlah yang tepat, tubuh akan menjadi sehat, dan pada akhirnya lebih mudah bagi tubuh untuk meningkatkan kembali mood Anda.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *