Makanan yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi

Makanan yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggiTekanan darah tinggi adalah masalah kesehatan yang saat ini paling umum ditemui. Hipertensi adalah suatu kondisi medis kronis yang terjadi ketika arteri mendapatkan tekanan diatas dari normal. Biasanya tekanan darah ini diukur dengan alat ukur tensi yang menunjukkan hasil nilai tekanan sistolik dan diastolik. Seseorang bisa dikatakan mengalami Tekanan darah tinggi, jika tekanan yang terbaca pada tensimeter menunjukkan nilai angka di atas 140/90 mmHg secara terus-menerus.

Advertisement

Ada banyak penyebab yang dapat mengakibatkan masalah kesehatan yang satu ini, mulai dari stres, faktor genetik, asupan garam berlebih, obesitas, gaya hidup, kurangnya aktivitas fisik, penyakit ginjal dan lain-lain.

Makanan yang membantu menurunkan tekanan darah tinggi

Hipertensi berpootensi menimbulkan komplikasi seperti gagal jantung, stroke, dan gagal ginjal. Meskipun ada banyak obat yang diresepkan untuk mengontrol hipertensi, cara alami dengan menggunakan bahan alami juga bisa membantu mencegah dan mengontrol tekanan darah tinggi. Berikut ini beberapa solusi alami untuk mengatasi hipertensi yang banyak tersedia disekitar kita

Pisang

Pisang bisa mempengaruhi terhadap tekanan darah. Makan satu atau dua buah pisang setiap hari bisa menjaga tekanan darah kendali. Hal ini karena pisang mengandung cukup Kalium, yang bisa akan membantu menurunkan tekanan darah. Pisang mengandung natrium yang rendah, sehingga sangat baik bagi kesehatan pembuluh darah. Selain pisang, Anda juga bisa menambahkan buah lain kedalam diet hipertensi, yaitu jus jeruk, kismis, dan melon .

Bawang putih

Bawang putih mengandung beberapa senyawa yang diantaranya adala senyawa aliin, yang diyakini oleh para peneliti yang mempromosikan dilatasi arteri( pelebaran pembuluh darah), sehingga aliran darah menjadi lancar dan tekanan darah menjadi turun. Selain itu, sifat lain yang mendukung dari bawang putih adalah mengencerkan darah atau mencegah penggumpalan darah. Baca juga Khasiat Bawang putih untuk menurunkan tekanan darah tinggi, disini

Lihat juga :  Benarkah seledri dapat menurunkan tekanan darah tinggi?

Seledri :

Seledri mengandung salah satu senyawa yang disebut butylphthalide, yang merupakan ‘ fitokimia ‘ yang akan membantu Anda untuk mengontrol tekanan darah tinggi. Seledri juga membantu mengurangi hormon stres, yang berpotensi menyempitkan pembuluh darah. Jika Anda suka makan seledri, maka Anda bisa mengunyahnya begitu saja, atau dengan cara memblender 4 batang seledri dengan segelas air setiap hari untuk diminum. Baca juga Benarkah seledri dapat menurunkan tekanan darah tinggi?, disini

Lemon

Lemon adalah salah satu solusi alami untuk mengontrol hipertensi. Hal ini karena lemon bisa membuat pembuluh darah menjadi lembut dan fleksibel , sehingga tekanan darah menjadi turun. Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, maka Anda harus minum jus lemon segar sebanyak mungkin. Minum satu gelas jus lemon yang dicampur dengan air hangat setiap pagi saat  perut kosong adalah baik bagi kesehatan. Hindari menambahkan garam atau gula agar hasilnya menjadi maksimal.

Madu :

Madu juga memiliki efek melenturkan pembuluh darah, sehingga akan membantu mengurangi tekanan darah dari jantung . Mengkonsumsi 1 atau 2 sendok makan madu setiap hari bisa membantu Anda untuk mengendalikan hipertensi. Minum dua sendok madu murni pada pagi harti saat perut kosong adalah pilihan yang sangat baik. Anda juga  dapat mencampur 1 sdt madu, 1 sdt jus jahe dan 2 sendok teh jinten hitam, dan meminumnya dua kali sehari. Anda juga dapat mengkonsumsi campuran madu dan jus kemangi saat perut kosong secara teratur untuk hasil yang lebih baik .

Jus bawang merah :

Bawang mertah juga merupakan bahan yang efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini karena bawang merah mengandung zat yang disebut quercetin, yaitu antioksidan kuat yang terbukti dapat menurunkan tekanan darah. Anda bisa makan satu bawang mentah ukuran sedang setiap hari,  atau mengkonsumsi campuran madu dengan jus bawang merah. 1/2 sendok teh jus bawang merah yang dicampur dengan 1/2 sendok teh madu dua kali setiap hari, akan membantu Anda mengurangi tingkat tekanan darah.

Lihat juga :  Takanan Darah yang normal pada Wanita

Air Kelapa

Air kelapa sangat baik untuk menghidrasi tubuh dengan baik, dan sangat dianjurkan bagi para penderita hipertensi. Minum setidaknya sekitar 8-10 gelas air kelapa setiap hari bisa membantu untuk menurunkan tekanan darah.

Mentimun

Mentimun juga banyak diyakini orang diseluruh dunia bisa membantu untuk mengatasi hipertensi. Sangat mudah caranya, mentimun cukup dimakan dalam keadaan segar begitu saja bersama dengan kulitnya setiap hari. Atau Anda juga bisa memblendernya untuk diminum sebagai jus mentimun. Baca juga Khasiat Mentimun untuk menurunkan tekanan darah tinggi, disini

Semangka

Biji Semangka mengandung senyawa yang disebut dengan ” cucurbocitrin “, diyakini dapat memperlebar pembuluh kapiler darah. Dengan demikian, biji semangka akan membantu untuk mengendalikan tekanan darah. Selain itu, biji semangka juga membantu meningkatkan fungsi ginjal. Hancurkan 2 sendok biji semangka kering, dan tambahkan ke dalam satu cangkir air matang dan diminum. Buah semangkanya sendiri juga baik dimakan untuk membantu meringankan hipertensi.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *