15 Makanan yang secara alami terbukti bisa mengatasi selulit

Selulit yang juga dikenal dengan lipodistrofi gynoid, adalah kondisi dimana timbunan lemak di bawah kulit yang terlihat seperti berlesung pipit. Selulit ini bisa muncul di mana saja, akan tetapi yang paling terlihat adalah dikaki dan paha. Selulit terjadi pada hampir 80% wanita, atau dengan kata lain lebih banyak dari pria.

Advertisement

Ada sejumlah faktor penyebab selulit. Kelebihan estrogen yang dikarenakan ketidakseimbangan hormon atau kelebihan berat badan, bisa menjadi faktor yang menimbulkan selulit. Hormon lainnya yang terkait dengan selulit adalah hormon insulin. Kadar glukosa darah yang tidak seimbang pada orang dengan diabetes dan pra-diabetes juga bisa menyebabkan selulit. Stres juga bisa berperan besar dalam mengembangkan selulit.

Faktor lain yang bisa menyebabkan selulit genetik, jenis kelamin, keturunan, kondisi medis, dan gaya hidup. Para ilmuwan setuju bahwa selulit mungkin tidak ada obatnya, namun kita masih bisa mengatasinya.

Berikut 15 makanan yang alami bisa membantu mengatasi selulit terbaik

1. Ikan Sarden

Sarden adalah salah satu dari jenis ikan yang berlemak, yaitu tinggi asam lemak Omega 3. Mengkonsumsi ikan ini bisa mengurangi estrogen Anda melalui diet harian. Sarden banyak mengandung asam lemak Omega 3, seperti halnya ikan salmon dan tiram. Ada banyak suplemen makanan yang dijual, sehingga Anda bisa dengan mudah untuk mendapatkan asam lemak yang bermanfaat ini.

2. Anggur merah

Anggur merah diketahui mengandung zat resveratrol, yang dipercaya sebagian orang memiliki manfaat anti penuaan. Namun sayangnya banyak dari studi tentang senyawa ini telah ditarik setelah diketahui ada kesalahan dalam penelitian. Studi baru mengetahui bahwa resveratrol kemungkinan memiliki kemampuan menurunkan estrogen. Senyawa ini ditemukan dalam kulit anggur, dan secara alami paling banyak terdapat dalam anggur merah. Anda bisa mendapatkan suplemen resveratrol dengan kadar yang lebih tinggi.

3. Jeruk lemon

Buah jeruk lemon memiliki kemampuan terbaik untuk menurunkan dampak karbohidrat pada tubuh Anda. Karbohidrat bisa dengan cepat dicerna oleh tubuh lalu diubah menjadi gula, yang akhirnya bisa mempengaruhi jumlah insulin. Buah jeruk lemon juga bisa membersihkan hati Anda, sehingga menurunkan jumlah estrogen tubuh Anda. Pada akhirnya jeruk bisa membantu kaki dan paha Anda menjadi langsing .

4. Dada Ayam

Daging tanpa lemak, seperti dada ayam tanpa kulit bisa menyeimbangkan kadar insulin. Protein membuat kita kenyang lebih lama, karena memperlambat pencernaan. Hal ini berarti juga memperlambat pelepasan insulin, sehingga menjaga kadar gula menjadi seimbang. Mengendalikan kadar insulin Anda memiliki pengaruh besar pada pengembangan selulit. Hentikan selulit sebelum mulai berkembang dengan diet yang sehat kaya protein.

Lihat juga :  Cara alami mengecilkan perut gendut setelah melahirkan

5. Bawang

Bawang merah dan bawang putih telah banyak dikenal karena memiliki khasiat obat, termasuk mengurangi kadar insulin. Bawang utuh segar yang bisa memberikan manfaat yang terbaik. Hal ini termasuk daun bawang.

6. Keju berumur

Keju yang berumur simpan banyak mengandung tinggi asam linoleat terkonjugasi atau CLA. Senyawa ini diketahui bisa menurunkan kadar estrogen secara alami. Anda bisa menemukan asam linoleat terkonjugasi dalam produk susu sapi seperti mentega, keju, dan susu. Susu segar dan keju lebih tinggi senyawa ini. Namun CLA ini bisa meningkatkan risiko resistensi insulin pada penderita obesitas, jadi jika Anda dengan obesitas justru mungkin menghindari produk ini.

7. Alpukat

Alpukat adalah makanan yang sempurna untuk menyeimbangkan kadar insulin, dan mencegah dan menghambat selulit. Alpukat dibalut dengan kalium dan asam folat, sementara tinggi lemak, juga tinggi serat. Lemak alpukat adalah lemak sehat, namun sebaiknya tidak berlebihan.

8. Asparagus

Asparagus adalah sayuran yang mengandung folat, yang dikenal membantu memetabolisme stres. Folat merupakan elemen yang sangat penting bagi wanita usia subur. Asam folat adalah bentuk suplemen, sementara folat adalah bentuk alami, namun keduanya memiliki sebutan lain yang sama yaitu vitamin B9. Kacang-kacangan, sayuran hijau, dan buah-buahan adalah makanan lain yang termasuk tinggi folat.

9. Teh hijau

Teh hijau mengandung tinggi antioksidan kuat,  yang bisa membantu menjaga kesehatandan mencegah selulit. Beberapa studi telah menemukan bahwa teh hijau bisa meningkatkan metabolisme, sehingga mengurangi timbunan lemak. Menjaga berat badan adalah salah satu cara yang terbaik untuk menghilangkan selulit. Selulit adalah penempatan lemak yang tidak merata, sehingga menghilangkan lemak akan meratakan tubuh Anda.

10. Buah Ceri

Buha Ceri dan buah berry adalah makanan yang sangat bermanfaat untuk mengendalikan tingkat insulin. Buah ceri endah memiliki indeks glikemik yang rendah, artinya lebih lambat meningkatkan gula darah jika dibandingkan dengan buah lainnya. Beberapa buah lain yang dengan indeks glikemik rendah adalah buah apel, pir, dan buah persik. Hindari buah indeks glisemik tinggi karena mengandung gula yang tinggi, terutama buah tropis seperti melon, mangga, nangka, dan nanas.

Lihat juga :  Faktor penyebab betis menjadi besar

11. Teh kamomil

Senyawa kimia yang dilepaskan ketika sedang stres bisa menimbulkan efek secara fisik pada tubuh Anda, termasuk selulit. Studi telah menemukan bahwa suplemen kamomil bisa menurunkan tingkat kecemasan. Anda bisa menikmati teh kamomil sebelum Anda pergi ke tempat tidur.

12. Mentimun

Salah satu faktor penting untuk mencegah selulit adalah tetap terhidrasi dengan baik.Tidak hanya harus minum air sepanjang hari, tetapi juga penting untuk mengkonsumsi makanan yang tinggi kadar air. Salah satu makanan terbaik untuk tetap terhidrasi adalah mentimun, yang rata-rata terdiri dari 90% air. Makanan lain yang banyak mengandung air adalah semangka, tomat, brokoli, dan kubis.

13. Kacang utuh

Kacang-kacangan utuh mengandung senyawa anti estrogenik yang mengagumkan. Kacang juga mengandung sterol, yang menghambat penyerapan kolesterol. Senyawa ini akan meningkatkan progesteron pada wanita, dan testosteron pada pria – yang bisa menyeimbangkan selama estrogen aktif. Kacang-kacangan yang tinggi sterol termasuk kacang tanah, almond, walnut, dan kacang pecan. Sementara itu untuk sayuran dan buah-buahan hanya sedikit mengandung sterol.

14. Berbagai biji-bijian

Seperti halnya kacang utuh, biji-bijian juga tinggi sterol. hal ini termasuk gandum, oat, bekatul padi, bekatul gandum, dan beras merah. Biji-bijian juga bisa menyeimbangkan kadar insulin dengan jalan memperlambat pelepasan gula. Selain itu berbagai biji-bijian juga tinggi serat, yang bisa membuat kenyang lebih lama. Anda bisa mengganti roti putih dengan makanan dari biji-bijian seperti beras merah, beras putih, dan roti gandum.

15. Buah Pepaya

Pepaya adalah buah yang termasuk kaya akan vitamin C. Vitamin ini mendukung kolagen pada kulit, sehingga membuat tubuh Anda terlihat ketat dan sehat. Pada saat kolagen rusak, kulit akan mulai melorot, dan timbunan lemak akan terlihat. Pepaya adalah buah alternatif yang kaya vitamin C, dan secangkir pepaya sama manfaatnya dengan satu jeruk berukuran besar.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *